Mengapresiasi Puisi

Puisi adalah bentuk karya sastra yang menggunakan kata-kata indah dan kaya akan makna. Keindahan sebuah puisi disebabkan oleh diksi, majas, rima, dan irama yang terkandung dalam karya sastra tersebut. Adapun kekayaan makna yang terkandung dalam puisi disebabkan oleh peradatan segala unsur bahsa. Bahasa yang digunakan  dalam puisi berbeda dari bahasa yang digunakan sehari-hari. Puisi menggunakan bahasa yang ringkas, namun kaya akan makna. Kata-kata yang digunakan adalah kata-katya konotatif, yang mengandung banyhak penafsiran dan pengertian.
Unsur fisik dan unsur bathin puisi.

1. Unsur Fisik
    Unsur fisik puisi meliputi diksi, pengimajian, kata konkret, bahasa figuratif, rima dan ritma, serta        tata wajah.
    a. Diksi (pilihan Kata)
            Kata-kata yang digunakan dalam puisi merupakan hasil pemilihan yang sangat cermat. Kata-           kata tersebut merupakan hasil pertimbangan, baik makna, susunan bunyinya maupun                           hubungan kata itu dengan kata-kata lain dalam baris dan baitnya.
            Kedudukan kata-kata dalam puisi sangat penting. Kata-kata ini harus bersifat konotatif                     sehingga maknanya dapat lebih dari satu. Kata-kata yang dipilih harus bersifat puitis, yang               mempunyai efek keindahan. Bunyinya pun harus indah dan memiliki keharmonisan dengan                 kata-kata lainnya.
    b. Pengimajian
            Pengimajian dapat didefinisikan sebagai kata atau susunan kata yang dapat menimbulkan                khayalan atau imajinasi. Dengan daya imajinasi tersebut, pembaca seolah-olah merasakan,                mendengarkan, atau melihat sesuatu yang diungkapkan penyair.



        Contoh:
                                Kehilangan Mestika
             Sepol berhembus angin menyejuk diri
             Kelana termenung merenung air
             lincah bermain ditimpa sinar
             Hanya sebuah bintang
             kelap kemilau
             tercampak di langit tidak berteman
             Hatiku-hatiku
             belum juga sejuk dibuai bayu
             girang beriak mencontoh air
             Atau laksana bintang biarpun sunyi
             tetap bersinar berbinar-binar
             petunjuk nelayan di samudera lautan

                                                     (Aoh Kartahadimadja)

            Penyair dalam puisi menggambarkan gerak alam seperti embusan angin, permainan air,                     bintang bersinar. Dengan penggambaran yang cukup jelas itu, pembaca seakan-akan ikut                   menyaksikan girang dan kemilauan suasana alam, serta merasakan keadaan hati kelana yang             tengah bersedih.

        c. Kata Konkret
            Untuk membangkitkan imajinasi pembaca, kata-kata harus di konkretkan atau diperjelas.                  Jika penyair mahir mengkonkretkan kata-kata, pembaca seolah-olah melihat, mendengar,                  atau merasakan apa yang dilukiskan penyair dan dapat membayangkan secara jelas peristiwa            atau keadaan yang dilukiskan penyair. 
           Contoh:
                                Gadis Peminta-minta
           Setiap kita bertemu, gadis kecil berkaleng kecil
           Senyummu terlalu kekal untuk kenal duka
           Tengadah tangan padaku, pada bulan merah jambu
           Tapi kataku jadi hilang, tanpa jiwa
                 Ingin aku lihat, gadis kecil berkaleng kecil
                 Pulang kebawah jembatan yang melulur solok
                 Hilang dari, kehidupan angan-angan yang gemerlapan
                 Gembira ria kemenjaan riang
          Duniamu yang lebih tinggi dari menara katedral
          Melintas-lintas di atas air kotor, tapi yang begitu kau hafal
          Jiwa begitu murni, terlalu murni
          Untuk bisa membagi dukaku

                                                       (Toto Sudarto Bactiar)

           Untuk melukiskan bahwa gadis dalam puisi ini benar-benar seorang pengemis gembel,                        penyair menggunakan kalimat gadis kecil berkaleng kecil. Penggambaran ini lebih konkret                daripada hanya menggunakan kalimat gadis peminta-peminta atau gadis miskin. Untuk                      melukiskan tempat tidur pengap di bawah jembatan yang hanya dapat digunakan untuk                      menelentangkan tubuh, penyair menulis pulang ke bawah jembatan yang melulur sosok.                   Untuk mengkonkretkan dunia pengemis yang penuh kemayaan, penyair menulis hidup dari                  kehidupan angan-angan yang gemerlapan, gembira ria kemanjaan serta riang. Untuk                     mengkonkretkan gambaran tetang martabat gadis itu yang sama tingginya dengan martabat               manusia lainnya, penyair menulis duniamu yang lebih tinggi dari menara katedral.
    
    d. Bahasa Figuratif (Majas)
         Majas (figuratif language) adalah bahasa yang digunakan penyair untuk mengatakan sesuatu            dengan cara membandingkannya dengan benda atau kata lain. Majas mengiaskan atau                      gambaran benda yang dibandingkannya dengan benda atau kata lain. Majas mengiaskan atau            mempersamakan sesuati dengan hal lain. Maksudnya, agar gambaran benda yang                             dibandingkan itu lebih jelas. Misalnya, untuk menggambarkan keadaan ombak, penyair                       menggunakan majas personifikasi.

        contoh:
           Risik risau ombak memecah
           dipantai landai
           buih berderai

       Dalam cuplikan puisi tersebut, ombak digambarkan seolah-olah manusia yang dapat risik dan            memiliki rasa risau. Majas seperti ini menjadikan puisi lebih indah. Misalnya, untaian kata-kata       di pantai landai/buih berderai. Kata-kata itu tampak indah (puitis) dengan digunakannya                   persamaan bunyi /a/ dan /i/.

  e. Rima dan Ritma
      Rima adalah pengulangan bunyi dalam puoisi. Rima menjadikan puisi lebih indah. Disamping           itu, rima pun menjadikan makna lebih kuat.
      Contoh:
      Rima adalah: dan angin mendesah/mengeluh mendesah. Disamping rima, dikenal pula istilah             ritma, yang artinya pengulangan kata, frase, atau kalimat dalam bait-bait puisi.

  f. Tata Wajah (Tipo Grafi)
     Tata wajah atau tipografi merupakan pembeda penting antara puisi dengan prosa dan drama.            Larik-larik puisi tidak berbentuk paragraf, namun berbentuk bait. Dalam puisi-puisi kontemporer,      seperti karya-karya Sutardji Calzoum Bachri, tipografi dipandang sebagai sesuatu yang sangat          penting sehingga menggeser kedudukan makna kata-kata.
  


 

No comments:

Post a Comment