CONTOH 1 PEMBAHASAN SOAL UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SMK

bahasadwi.blogspot.com

1.       Bacalah wacana berikut dengan cermat!
Dari uji praklinik maupun klinik, dapat disimpulkan bahwa pare sangat berpeluang dapat dijadikan sumber fitofarmaka antidiabetes. Penelitian pare sebagai anti diabetes diawali dengan pembuktian secara ilmiah mengenai kemampuannya menurunkan glukosa darah pada hewan uji dalam kondisi normal atau diabetes. Dilaporkan ekstra air buah pare menunjukan efek hipoglikemik (menurunkan kadar glukosa darah) pada menit normal atau diabetes yang diinduksi streptozotocin.
Gagasan utama yang terkandung dalam penggalan wacana tersebut adalah…
A.      Hasil uji praklinik maupun klinik tentang pare.
B.      Pare sangat berpeluang dijadikan sumber fitofarmaka antidiabetes.
C.      Penelitian pare sebagai antidiabetes diawali dengan pembuktian.
D.      Pare menurunkan kadar glukosa darah pada hewan uji.
E.       Ekstra air buah pare menurunkan kadar glukosa/darah pada orang normal.

Pembahasan
Kalimat utama paragraph di atas terletak di bagian awal. Hal ini ditandai dengan kata-kata dapat disimpulkan…. Jadi, gagasan utamanya adalah pare sangat berpeluang dijadikan sumber fitofarmaka antidiabetes.

Jawaban : B

2.       Cermati wacana berikut!
         Di Pontianak, doa bersama sebelum ujian dilakukan oleh siswa muslim. Doa tersebut dipusatkan di tiga masjid. Walikota Pontianak, Sutarmidji, akan memimpin doa di Masjid Mujahidin. Wakil Walikota Pontianak, Paryadi, akan memimpin doa di Masjid Al-Israq. Adapun sekretarius daerah Pontianak ditugaskan untuk memimpin doa di Masjid Jami Keraton.
                                                                                               (sumber: Kompas, 17 April 2009)
Paragraf di atas dikembangkan dengan penalaran….
A.      Deduktif                              D. deduktif-induktif
B.      Induktif                                                E. induktif-deduktif
C.      Deskriptif

Pembahasan:
Gagasan utama paragraf di atas adalah doa bersama sebelum ujian. Gagasan utama tersebut terletak di bagian awal paragraph. Sedangkan gagasan pada kalimat berikutnya adalah gagasan penjelas. Jadi, paragraph tersebut dikembangkan dengan penalaran deduktif.

Jawaban : A
3.       Cermati paragraf berikut!
     Manusia memang cenderung untuk tidak memerhatikan peringatan Allah. Ia sering melucu, “Peraturan, kan dibuat untuk dilanggar.” Mereka tidak sadar bahwa hokum alam tetap sama, tidak pernah berubah. Anda sendiri yang menanggung risiko. Anda mengganggu keseimbangan lingkungan, Anda menuai tanah longsor, banjir, dan bencana alam lainnya.
Kata penanda koherensi pada paragraf di atas adalah…
A.      Ia, mereka, dan Anda
B.      Manusia, untuk, dan Anda
C.      Manusia, peringatan, dan mengganggu
D.      Mengganggu, peraturan, dan risiko
E.       Peringatan, melanggar, dan bencana

Pembahasan:
Kepaduan (koherensi) antarkalimat dalam paragraph ditandai dengan kata atau frasa kunci, kata ganti, dan kata atau frasa transisi. Paragraph di atas padu karena adanya kata ganti ia, mereka, dan Anda.

Jawaban : A

4.       Cermati paragraf berikut!
      (1)Aksi corat-coret pakaian dan konvoi sepeda motor mewarnai pengumuman kelulusan bagi siswa SMK pada hari sabtu, 16 juni 2014. (2) Di SMK Kemerdekaan Jakarta, ratusan pelajar mluapkan kegembiraan didepan sekolah sampai meluber ke jalan. (3) Para pelajar membubuhkan tanda tangan dengan spidol dan cat semprot di baju seragam. (4) Sejumlah pelajar mengaku aksi corat-coret merupakan tradisi sejak kakak kelas mereka. (5) Menurut mereka, kebiasaan itu harus dilestarikan karena memberi kenangan yang indah.
Kalimat yang mengandung opini pada paragraf di atas adalah kalimat….
A.      (1) dan (5)                           D. (3) dan (4)
B.      (2) dan (3)                           E. (4) dan (5)
C.      (2) dan (4)

Pembahasan:
Fakta adalah sesuatu (keadaan atau peristiwa) yang merupakan kenyataan. Sedangkan opini adalah pendapat atau pendirian seseorang tentang sesuatu. Kalimat nomor (1), (2), dan (3) adalah fakta atau kenyataan/benar-benar terjadi. Sedangkan (4) dan (5) hanyalah merupakan pendapat, yakni (4) corat-coret dianggap sebagai tradisi, (5) Meburut mereka….

 Jawaban: E

5.       Cermati teks berikut!
     Tingginya kadar asam urat dalam darah sering terjadi tanpa gejala. Namun, kadar asam urat tinggi tidak boleh dibiarkan. Sebab. Jika tidak ada upaya pengobatan, ada sejumlah risiko yang harus siap Anda bayar di kemudian hari. Goul, batu di saluran kencing dan timbunan asam urat di ginjal adalah beberapa contoh akibat kita membiarkan tingginya asam urat.
Penanda proses dalam teks di atas terdapat pada kata….
A.      kemudian                            D. pengobatan
B.      saluran                                 E. serangan
C.      timbunan

Pembahasan:
Penanda proses adalah imbuhan pe-an. Akan tetapi, tidak semua imbuhan pe-an bermakna proses. Sedangkan imbuhan –an penanda hasil. Begitu pula, tidak semua imbuhan –an bermakna hasil. Satu-satunya kata dalam pilihan jawaban di atas yang berimbuhan pa-an adalah pengobatan. Pengobatan adalah kata yang memiliki penanda proses. Obat + pe-an = pengobatan. Pe-an pada pengobatan artinya proses.

Jawaban: D

6.       Cermatilah penggalan berikut dengan saksama!
        Pada akhir April lalu, pelajaran Indonesia yang tergabung dalam tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) mampu meraih dua medali emas, empat perak, dan empat perunggu dari Olimpiade Fisika Asia VIII di Shang Hai Cina.
Tanggapan positif terhadap penggalann berita di atas  adalah….
A.      Wajarlah jika Tim Olimpiade Fisika Indonesia hanya meraih dua medali emas karena peserta dari Negara lain lebih pandai.
B.      Bagi saya, berita itu tidak menarik karena saya tidak suka dengan pelajaran fisika.
C.      Prestasi yang diraih oOlimpiade Fisika Indonesia masih belum maksimal karena mereka tidak meraih semua medali emas.
D.      Saya tidak bangga atas prestasi yang mereka raih karena jumlah medali emas yang diperoleh lebih sedikit dibandingkan perak dan perunggu.
E.       Sebagai pelajar, saya turut bangga atas prestasi yang telah diraih oleh Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) karena mampu meraih banyak medali.

Pembahasan:
Tanggapan positif pada umumnya bernada optimis dan santun. Sedangkan tanggapan negative lebbih cenderung kea rah pesimis, apatis, dan meremehkan. Perhatikan kata-kata hanya meraih (A). saya tidak suka (B), masih belum maksimal (C), dan saya tidak bangga (D),. Jelas kata-kata itu cenderung pesimis, apatis, dan meremehkan. Berbeda dengan kata-kata saya turut bangga pada pilihan jawaban. E. kata-kata tersebut bernada optimis dan positif.

Jawaban: E



7.       Cermati grafik berikut!
Grafik Nilai UN Bahasa Indonesia
SMK Negeri Jakarta


Pernyataan yang sesuai dengan diagram tersebut adalah….
A.      Daritahun 2009 hingga tahun 2013 nilai ujian nasional bahasa Indonesia menurun.
B.      Dari tahun 2009 hingga tahun 2013 nilai ujian bahasa Indonesia meningkat.
C.      Dari tahun 2009 hingga tahun 2013 nilai ujian bahasa Indonesia mencapai puncaknya pada tahun 2011/2012.
D.      Dari tahun 2009 hingga tahun 2013 nilai ujian nasional bahasa Indonesia cukup.
E.       Dari yahun 2009 hingga tahun 2013 nilai ujian nasional bahasa Indonesia stabil.

Pembahasan:
Untuk menentukan pernyataan yang sesuai dengan grafik, kita harus mengamati setiap angka 9nilai, tahun, dan sejenisnya) pada grafik tersebut. Setelah itu, kita harus mencocokkan satu per satu setiap jawaban dengan isi grafik. Dari kelima jawaban tersebut, jawaban C merupakan pernyataan yang paling sesuai dengan isi grafik, yakni nilai bahasa Indonesia mencapai puncaknya pada tahun pelajaran 2011/2012.

Jawaban : C

8.       Cermati teks berikut!
       Bagai mana sinematrografi dalam film ini? Apakah juru kamera piawai dalam teknik dalam teknik pengambilan gambar untuk setiap adegan atau susunan sehingga tampak artistik?
Makna kata yang dicetak miring pada teks di atas secara berurutan adalah….
A.      gambar hidup; pandai; indah
B.      penyuntingan gambar; cekatan; indah
C.      penyuntingan gambar; cakap; dan terampil; indah
D.      pemotretan; cakap dan terampil; seni
E.       teknik perfilman; cakap dan terampil; bernilai seni
Pembahasan:
Kita harus sering membaca Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) jika ingin memahami arti kata atau istilah dengan baik. Selain itu, biasakan Anda membaca media masa atau menyimak berita TV. Apabila menjumpai atau mendengar kata atau istilah yang anda tidak Anda mengerti, biasakan Anda catat dan cepat cari artinya di kamus. Dari kelima jawaban di atas, arti sinematografi, piawai, dan artistic yang sesuai dengan kamus dan konteks bacaan adalah teknik perfilman; cakap dan  terampil; dan bernilai seni.

Jawaban: E

9.       cermati paragraph berikut!
        Gempa dibengkulu memiliki dimensi dukacita yang akan lain (1). Gempa terjadi di awal ramadhan (2). Satu bulan setelah bencana tersebut warga akan merayakan Hari Raya Idulfitri (3). Amat merisaukan jika dalam tempo hanya sebulan impian tentang kegembiraan sirna dari mereka-mereka yang tertimpa bencana(4). Di sinilah tantangan pemerintah (5).
Kalimat tidak efektif yang terdapat dalam paragraph tersebut ditandai dengan nomor….
A.      (1) dan (2)
B.      (2) dan (3)
C.      (3) dan (4)
D.      (3) dan (5)
E.       (40 dan (5)

Pembahasan:
Kalimat tidak efektif terjadi karena makna tidak logis. Kata tidak sepadan, penggunaan kata tidak baku, salah nalar, pengulangan bentuk jamak, terpengaruh bahasa asing atau bahasa daerah, dan sebagainya. Pada kalimat nomor (3) terdapat Hari Raya Idulfitri. Kita ketahui bahwa frasa Idulfitri sudah mengandung makna hari raya. Jadi frasa hari raya tidak diperlukan lagi. Begitu pula kata mereka-mereka pada kalimat nomor (4). Kata mereka merupakan bentuk jamak, jadi tidak perlu diulang.

Jawaban : C

10.   Cermati penggalan teks berikut!
       Marsekal Muda TNI Anumerta Abdul Halim Perdana Kusuma berasal dari keluarga Pamong Praja. Ia dikirim oleh orang tuanya ke MOSVIA, sekolah menengah untuk Pamong Praja Bumi Putera di Magelang. Setelah tamat ia melanjutkan pendidikan militer pada Angkatan Laut Belanda di Surabaya.
Teks di atas termasuk karangan berbentuk….
A.      Esai
B.      Kritik
C.      Resensi
D.      Biografi
E.       Autobiografi

Pembahasan :
Teks di atas termasuk karangan berbentuk boigrafi karena berisi riwayat hidup yang ditulis oleh orang lain. Hal ini ditandai dengan kata ganti “ia” atau menyebut orang yang dikarang (Abdul Halim Perdana Kusuma).

Jawaban: D






    



No comments:

Post a Comment