1. Bacalah wacana berikut dengan cermat!
Dari uji
praklinik maupun klinik, dapat disimpulkan bahwa pare sangat berpeluang dapat
dijadikan sumber fitofarmaka antidiabetes. Penelitian pare sebagai anti
diabetes diawali dengan pembuktian secara ilmiah mengenai kemampuannya
menurunkan glukosa darah pada hewan uji dalam kondisi normal atau diabetes.
Dilaporkan ekstra air buah pare menunjukan efek hipoglikemik (menurunkan kadar
glukosa darah) pada menit normal atau diabetes yang diinduksi streptozotocin.
Gagasan
utama yang terkandung dalam penggalan wacana tersebut adalah…
A.
Hasil uji praklinik maupun klinik tentang pare.
B.
Pare sangat berpeluang dijadikan sumber
fitofarmaka antidiabetes.
C.
Penelitian pare sebagai antidiabetes diawali
dengan pembuktian.
D.
Pare menurunkan kadar glukosa darah pada hewan
uji.
E.
Ekstra air buah pare menurunkan kadar
glukosa/darah pada orang normal.
Pembahasan
Kalimat utama paragraph di atas terletak di
bagian awal. Hal ini ditandai dengan kata-kata dapat disimpulkan…. Jadi,
gagasan utamanya adalah pare sangat
berpeluang dijadikan sumber fitofarmaka antidiabetes.
Jawaban : B
2.
Cermati wacana berikut!
Di Pontianak, doa bersama sebelum ujian dilakukan oleh siswa
muslim. Doa tersebut dipusatkan di tiga masjid. Walikota Pontianak, Sutarmidji,
akan memimpin doa di Masjid Mujahidin. Wakil Walikota Pontianak, Paryadi, akan
memimpin doa di Masjid Al-Israq. Adapun sekretarius daerah Pontianak ditugaskan
untuk memimpin doa di Masjid Jami Keraton.
(sumber: Kompas, 17 April 2009)
Paragraf di atas dikembangkan dengan
penalaran….
A.
Deduktif D.
deduktif-induktif
B.
Induktif E.
induktif-deduktif
C.
Deskriptif
Pembahasan:
Gagasan utama paragraf di atas adalah doa
bersama sebelum ujian. Gagasan utama tersebut terletak di bagian awal
paragraph. Sedangkan gagasan pada kalimat berikutnya adalah gagasan penjelas.
Jadi, paragraph tersebut dikembangkan dengan penalaran deduktif.
Jawaban : A
3.
Cermati paragraf berikut!
Manusia
memang cenderung untuk tidak memerhatikan peringatan Allah. Ia sering melucu,
“Peraturan, kan dibuat untuk dilanggar.” Mereka tidak sadar bahwa hokum alam
tetap sama, tidak pernah berubah. Anda sendiri yang menanggung risiko. Anda
mengganggu keseimbangan lingkungan, Anda menuai tanah longsor, banjir, dan
bencana alam lainnya.
Kata penanda koherensi pada paragraf di
atas adalah…
A.
Ia, mereka, dan Anda
B.
Manusia, untuk, dan Anda
C.
Manusia, peringatan, dan mengganggu
D.
Mengganggu, peraturan, dan risiko
E.
Peringatan, melanggar, dan bencana
Pembahasan:
Kepaduan (koherensi) antarkalimat dalam
paragraph ditandai dengan kata atau frasa kunci, kata ganti, dan kata atau
frasa transisi. Paragraph di atas padu karena adanya kata ganti ia, mereka, dan
Anda.
Jawaban : A
4.
Cermati paragraf berikut!
(1)Aksi corat-coret pakaian dan konvoi
sepeda motor mewarnai pengumuman kelulusan bagi siswa SMK pada hari sabtu, 16
juni 2014. (2) Di SMK Kemerdekaan Jakarta, ratusan pelajar mluapkan kegembiraan
didepan sekolah sampai meluber ke jalan. (3) Para pelajar membubuhkan tanda
tangan dengan spidol dan cat semprot di baju seragam. (4) Sejumlah pelajar
mengaku aksi corat-coret merupakan tradisi sejak kakak kelas mereka. (5)
Menurut mereka, kebiasaan itu harus dilestarikan karena memberi kenangan yang
indah.
Kalimat yang
mengandung opini pada paragraf di atas adalah kalimat….
A.
(1) dan (5) D.
(3) dan (4)
B.
(2) dan (3) E.
(4) dan (5)
C.
(2) dan (4)
Pembahasan:
Fakta adalah
sesuatu (keadaan atau peristiwa) yang merupakan kenyataan. Sedangkan opini
adalah pendapat atau pendirian seseorang tentang sesuatu. Kalimat nomor (1),
(2), dan (3) adalah fakta atau kenyataan/benar-benar terjadi. Sedangkan (4) dan
(5) hanyalah merupakan pendapat, yakni (4) corat-coret dianggap sebagai tradisi,
(5) Meburut mereka….
Jawaban: E
5. Cermati
teks berikut!
Tingginya kadar asam urat dalam
darah sering terjadi tanpa gejala. Namun, kadar asam urat tinggi tidak boleh
dibiarkan. Sebab. Jika tidak ada upaya pengobatan, ada sejumlah risiko yang
harus siap Anda bayar di kemudian hari. Goul, batu di saluran kencing dan
timbunan asam urat di ginjal adalah beberapa contoh akibat kita membiarkan
tingginya asam urat.
Penanda proses
dalam teks di atas terdapat pada kata….
A.
kemudian D.
pengobatan
B.
saluran E.
serangan
C.
timbunan
Pembahasan:
Penanda proses adalah
imbuhan pe-an. Akan tetapi, tidak semua imbuhan pe-an bermakna proses.
Sedangkan imbuhan –an penanda hasil. Begitu pula, tidak semua imbuhan –an
bermakna hasil. Satu-satunya kata dalam pilihan jawaban di atas yang berimbuhan
pa-an adalah pengobatan. Pengobatan adalah kata yang memiliki
penanda proses. Obat + pe-an = pengobatan. Pe-an pada pengobatan artinya
proses.
Jawaban:
D
6. Cermatilah
penggalan berikut dengan saksama!
Pada akhir April lalu, pelajaran
Indonesia yang tergabung dalam tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) mampu
meraih dua medali emas, empat perak, dan empat perunggu dari Olimpiade Fisika
Asia VIII di Shang Hai Cina.
Tanggapan
positif terhadap penggalann berita di atas
adalah….
A.
Wajarlah jika Tim Olimpiade Fisika Indonesia
hanya meraih dua medali emas karena peserta dari Negara lain lebih pandai.
B.
Bagi saya, berita itu tidak menarik karena saya
tidak suka dengan pelajaran fisika.
C.
Prestasi yang diraih oOlimpiade Fisika Indonesia
masih belum maksimal karena mereka tidak meraih semua medali emas.
D.
Saya tidak bangga atas prestasi yang mereka raih
karena jumlah medali emas yang diperoleh lebih sedikit dibandingkan perak dan
perunggu.
E.
Sebagai pelajar, saya turut bangga atas prestasi
yang telah diraih oleh Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) karena mampu
meraih banyak medali.
Pembahasan:
Tanggapan
positif pada umumnya bernada optimis dan santun. Sedangkan tanggapan negative
lebbih cenderung kea rah pesimis, apatis, dan meremehkan. Perhatikan kata-kata hanya
meraih (A). saya tidak suka (B), masih belum maksimal (C), dan saya tidak
bangga (D),. Jelas kata-kata itu cenderung pesimis, apatis, dan
meremehkan. Berbeda dengan kata-kata saya turut
bangga pada pilihan jawaban.
E. kata-kata tersebut bernada optimis dan positif.
Jawaban:
E
7. Cermati
grafik berikut!
Grafik
Nilai UN Bahasa Indonesia
SMK
Negeri Jakarta
Pernyataan yang
sesuai dengan diagram tersebut adalah….
A.
Daritahun 2009 hingga tahun 2013 nilai ujian
nasional bahasa Indonesia menurun.
B.
Dari tahun 2009 hingga tahun 2013 nilai ujian
bahasa Indonesia meningkat.
C.
Dari tahun 2009 hingga tahun 2013 nilai ujian
bahasa Indonesia mencapai puncaknya pada tahun 2011/2012.
D.
Dari tahun 2009 hingga tahun 2013 nilai ujian
nasional bahasa Indonesia cukup.
E.
Dari yahun 2009 hingga tahun 2013 nilai ujian
nasional bahasa Indonesia stabil.
Pembahasan:
Untuk menentukan
pernyataan yang sesuai dengan grafik, kita harus mengamati setiap angka 9nilai,
tahun, dan sejenisnya) pada grafik tersebut. Setelah itu, kita harus
mencocokkan satu per satu setiap jawaban dengan isi grafik. Dari kelima jawaban
tersebut, jawaban C merupakan pernyataan yang paling sesuai dengan isi grafik,
yakni nilai bahasa Indonesia mencapai puncaknya pada tahun pelajaran 2011/2012.
Jawaban
: C
8. Cermati
teks berikut!
Bagai mana sinematrografi dalam film
ini? Apakah juru kamera piawai dalam teknik dalam teknik pengambilan gambar
untuk setiap adegan atau susunan sehingga tampak artistik?
Makna kata yang
dicetak miring pada teks di atas secara berurutan adalah….
A.
gambar hidup; pandai; indah
B.
penyuntingan gambar; cekatan; indah
C.
penyuntingan gambar; cakap; dan terampil; indah
D.
pemotretan; cakap dan terampil; seni
E.
teknik perfilman; cakap dan terampil; bernilai
seni
Pembahasan:
Kita harus
sering membaca Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) jika ingin memahami arti
kata atau istilah dengan baik. Selain itu, biasakan Anda membaca media masa
atau menyimak berita TV. Apabila menjumpai atau mendengar kata atau istilah
yang anda tidak Anda mengerti, biasakan Anda catat dan cepat cari artinya di
kamus. Dari kelima jawaban di atas, arti sinematografi, piawai, dan artistic
yang sesuai dengan kamus dan konteks bacaan adalah teknik perfilman; cakap
dan terampil; dan bernilai seni.
Jawaban:
E
9. cermati
paragraph berikut!
Gempa dibengkulu memiliki dimensi
dukacita yang akan lain (1). Gempa terjadi di awal ramadhan (2). Satu bulan
setelah bencana tersebut warga akan merayakan Hari Raya Idulfitri (3). Amat
merisaukan jika dalam tempo hanya sebulan impian tentang kegembiraan sirna dari
mereka-mereka yang tertimpa bencana(4). Di sinilah tantangan pemerintah (5).
Kalimat tidak
efektif yang terdapat dalam paragraph tersebut ditandai dengan nomor….
A.
(1) dan (2)
B.
(2) dan (3)
C.
(3) dan (4)
D.
(3) dan (5)
E.
(40 dan (5)
Pembahasan:
Kalimat tidak
efektif terjadi karena makna tidak logis. Kata tidak sepadan, penggunaan kata
tidak baku, salah nalar, pengulangan bentuk jamak, terpengaruh bahasa asing
atau bahasa daerah, dan sebagainya. Pada kalimat nomor (3) terdapat Hari
Raya Idulfitri. Kita ketahui bahwa frasa Idulfitri sudah
mengandung makna hari raya. Jadi frasa hari raya tidak diperlukan lagi.
Begitu pula kata mereka-mereka pada kalimat nomor (4). Kata mereka merupakan bentuk
jamak, jadi tidak perlu diulang.
Jawaban
: C
10. Cermati
penggalan teks berikut!
Marsekal Muda TNI Anumerta Abdul Halim
Perdana Kusuma berasal dari keluarga Pamong Praja. Ia dikirim oleh orang tuanya
ke MOSVIA, sekolah menengah untuk Pamong Praja Bumi Putera di Magelang. Setelah
tamat ia melanjutkan pendidikan militer pada Angkatan Laut Belanda di Surabaya.
Teks di atas
termasuk karangan berbentuk….
A.
Esai
B.
Kritik
C.
Resensi
D.
Biografi
E.
Autobiografi
Pembahasan
:
Teks di atas
termasuk karangan berbentuk boigrafi karena berisi riwayat hidup yang ditulis
oleh orang lain. Hal ini ditandai dengan kata ganti “ia” atau menyebut orang
yang dikarang (Abdul Halim Perdana Kusuma).
Jawaban:
D
No comments:
Post a Comment