PEDOMAN SUPERVISI GURU

OBSERVASI SUPERVISI AKADEMIK
TAHUN PELAJARAN ................
1 Nama Sekolah : SMK ....................
2 Kota Administrasi
3 Paket Keahlian
4 Akreditasi
5 Alamat Sekolah
6 Nama Guru : ............................
7 Mata Pelajaran : ............................
8 Kompetensi Dasar : ............................
9 Hari/Tanggal
NO URAIAN  JAWABAN NILAI KET
ADA TIDAK 1 2 3 4 5
  PERSIAPAN                
  A. Apresiasi dan motivasi                
1 Mempersiapkan fisik dan mental peserta didik                
2 Mengaitkan materi pembelajaran sekarang                
  dengan pengalaman peserta didik atau                
  pembelajaran sebelumnya                
3 Mengajukan pertanyaan menantang                
4 Menyampaikan manfaat materi pembelajaran                
5 Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait                
  dengan materi pembelajaran                
  B. Penyampaian Kompetensi dan Rencana                 
       Kegiatan                
1 Menyampaikan Kompetensi yang akan dicapai                
2 Menyampaikan rencana kegiatan, misalnya,                 
  individual, kerja kelompok, dan melakukan                
  observasi                
  C. KEGIATAN INTI                
  A. Penguasaan Materi Pelajaran                
1 Kemampuan menyesuaikan materi dengan                 
  tujuan pembelajaran                
2 Kemampuan mengaitkan materi dengan                 
  dengan pengetahuan lain yang relevan,                
  perkembangan iptek, dan kehidupan nyata                
3 Menyajikan pembahasan materi pelajaran                 
  dengan tepat.                
4 Menyajikan materi secara sistematis (dari                 
  mudah ke sulit, dari konkret ke abstrak)                
  B. Penerapan Strategi Pembelajaran yang                 
       Mendidik                
1 Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan                 
  kompetensi yang akan dicapai                
2 memfasilitasi kegiatan yang memuat                 
  komponen engamati, menanya, mengumpulkan                
  informasi dan mengkomunikasikan                
3 Melaksanakan pembelajaran secara runtut                
4 Menguasai kelas                
5 melaksanakan pembelajaran yang bersifat                 
  kontekstual                
6 Melaksanakan pembelajaran yang                 
  memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif                
7 Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan                 
  alokasi waktu yang direncanakan                
                   
                   
  C. Penerapan Pendekatan Scientific                
1 Memberikan pertanyaan mengapa dan                
  bagaimana                
2 Memancing peserta didik untuk bertanya                
3 Memfasilitasi peserta didik untuk mencoba                
4 Memfasilitasi peserta didik untuk mengamati                
5 Memfasilitasi peserta didik untuk menganalisis                
6 Memberikan pertanyaan peserta didik untuk                
  menalar (proses berfikir yang logis dan                 
  sistematis)                
7 Menyajikan kegiatan peserta didik untuk                
  berkomunikasi                
  D. Pemanfaatan Sumber Belajar/Media dalam                 
       Pembelajaran                
1 Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan                 
  sumber belajar pembelajaran                
2 Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan                 
  media belajar pembelajaran                
3 Menghasilkan pesan yang menarik                
4 Melibatkan peserta didik dalam pemenfaatan                
  sumber belajar pembelajaran                
5 Melibatkan peserta didik dalam pemenfaatan                
  media belajar pembelajaran                
  E. Pelibatan Peserta Didik Dalam pembelajaran              
1 Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik                
  melalui interaksi guru, peserta didik, sumber                 
  belajar                
2 Merespon positif partisipasi peserta didik                
3 Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon                
  peserta didik                
4 Menunjukkan hubungan antar pribadi yang                 
  kondusif                
5 Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme                 
  peserta didik dalam belajar                
6 Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan                 
  lancar                
7 Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar                
  Kegiatan Penutup                
  A. Penutup Pembelajaran                
1 Melakukan refleksi atau membuat rangkuman                
  dengan melibatkan peserta didik                
2 Memberikan umpan balik dalam bentuk tes                
  lisan atau tertulis                
3 Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan                 
  porto folio                
4 Melaksanakan tindak lanjut dengan                 
  memberikan remedial, arahan kegiatan                 
  berikutnya dan tugas penganyaan                
  Perolehan Nilai Skor                
  Total Perolehan Skor Maksimal                
  Presentase Kinerja                
Perolehan Nilai                      : 
Kesimpulan                              : 
Saran /Rekomendasi           : 
                                                        
Keterangan:
Skor maksimal = Jumlah Komponen X 5
Presentase kinerja = (total perolehan skor/skor maksimal) X 100 =
86 - 100          = A
71 - 85            = B
56 - 70            = C
< 56                 = D
Jakarta,   
Kepala 
.....................................
NIP.

No comments:

Post a Comment