LATIHAN &
PEMBAHASAN SOAL UN 2019-2020
Ide Pokok
1.
Cermati teks berikut!
Kartu tanda penduduk
elektronik atau KTP-el sulit untuk dipalsukan. Identitas seseorang dalam
KTP-el itu dipastikan tunggal dan data yang dimilikinya autentik sebab kartu
tersebut terbuat dari bahan plastik atau polivinil klorida (PWC) dan cip
berupa rangkaian elektronik berukuran mikron. Cip yang tertanam di dalam
kartu dilengkapi dengan sistem keamanan digital sehingga tidak terlihat. Pengamanannya
terkait dua faktor autentikasi, yaitu mengenali identitas pemilik kartu dan
data autentik yang dimilikinya.
|
Ide pokok teks tersebut adalah
....
A.
identitas pemilik kartu dipastikan tunggal
B.
KTP-el dilengkapi dengan polivinil dan cip
C.
kartu tanda penduduk sulit
dipalsukan
D.
Cip merupakan sebuah rangkaian elektronik
E.
KTP-el memiliki data yang sangat autentik
·
Ide pokok atau gagasan utama
berada dalam kalimat utama.
·
Letak kalimat
utama ada yang di awal, di akhir, di awal dan di akhir paragraf.
·
Kalimat utama adalah kalimat yang berisi
pikiran utama/ide pokok/gagasan utama.
·
Kalimat penjelas adalah kalimat yang
berisi pikiran penjelas/gagasan penjelas (kalimat-kalimat yang menjelaskan ide
pokok).
·
Ciri-ciri kalimat penjelas:
-
berupa rincian
-
berupa contoh-contoh
-
berupa keterangan
Contoh kalimat utama terletak di akhir paragraf (paragraf induktif)
Perangkat
yang satu ini umum dipakai oleh para pengguna komputer. Hampir setiap orang
yang berhubungan dengan komputer memilikinya. Selain praktis, mungil, tahan
guncangan, perangkat ini juga memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar.
Perangkat ini lazim disebut flash disk.
|
·
Kalimat utama paragraf tersebut
adalah Perangkat ini lazim disebut flash disk.
·
Ide
pokoknya : flash disk
Contoh kalimat utama terletak di awal dan di akhir
paragraf (paragraf deduktif -induktif)
Bagi manusia bahasa
adalah alat komunikasi yang sangat penting. Dengan bahasa, manusia dapat
menyampaikan isi hatinya. Dengan bahasa, manusia dapat mewarisi dan
mewariskan kebudayaan. Semua orang tahu bahwa kegiatan masyarakat akan lumpuh
tanpa bahasa. Jadi, jelaslah bahwa bahasa adalah sarana yang sangat penting
dalam kehidupan manusia.
|
·
Kalimat utama paragraf tersebut
adalah
-
Bagi manusia bahasa adalah alat komunikasi yang
sangat penting.
-
Jadi,
jelaslah bahwa bahasa adalah sarana yang sangat penting dalam kehidupan manusia.
·
Ide pokoknya:
Bahasa penting.
2. Cermati teks berikut!
Daya tarik utama Pulau Sempu
yang cantik ini adalah Laguna Segara Anakan yang terletak sekitar 2,5 km arah
selatan pulau. Laguna ini tersembunyi jauh di lingkar hutan tropis yang
lebat. Laguna seluas 4 hektare tersebut merupakan tempat yang menawan. Pantai
berpasir putih bertemu dengan birunya air yang tenang dan terpisah dari
lautan yang lepas sebab dikelilingi batuan karang. Air di Laguna Segara
Anakan ini tenang. Tempat yang sempurna untuk berenang dan menghilangkan
penat.
|
Simpulan teks tersebut adalah ...
A.
Air di Laguna Segara Anakan biru, tenang, dan menawan.
B.
Laguna Segara Anakan adalah laguna paling cantik dan
menawan.
C.
Daya tarik utama Pulau
Sempu adalah Laguna Segara Anakan.
D.
Daya tarik Segara Anakan adalah tempat berenang yang
sempurna.
E.
Daya tarik utama Pulau Sempu adalah hutan tropis yang
melingkar.
SIMPULAN
Simpulan
adalah hasil dari menyimpulkan, ikhtisar, pendapat akhir berdasarkan uraian
sebelumnya, atau keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berpikir deduktif
induktif.
Langkah-langkah menentukan
simpulan
·
Metode
berpikir deduktif (umum-khusus)
Jika dalam sebuah paragraf ada lima
kalimat, perhatikan kalimat pertama.
Jika kalimat pertama itu mencakup
keseluruhan ide pada paragraf tersebut, kalimat
pertama itulah simpulan paragraf tersebut.
Contoh:
Taman di sekolah kami sangat
indah. Bunga-bunga tumbuh bermekaran. Rumput tampak hijau dan segar. Semua
tanaman tertata rapi. Selain itu, warna-warni bunga membuat taman itu semakin
indah.
|
·
Metode berpikir induktif (khusus-umum)
Jika dalam
sebuah paragraf ada lima kalimat, perhatikan kalimat terakhir. Jika
kalimat terakhir itu
mencakup keseluruhan ide pada paragraf tersebut, kalimat
terakhir
itulah simpulan paragraf tersebut.
Contoh:
Emas termasuk logam kalau dipanaskan akan memuai. Seng
juga termasuk logam kalau dipanaskan akan memuai. Begitu juga besi termasuk
logam kalau dipanaskan akan memuai. Jadi, semua logam kalau dipanaskan akan
memuai.
|
·
Menyatukan kata kunci
Jika
pada kalimat pertama atau kalimat terakhir tidak mencakup
seluruh ide paragraf tersebut, pengambilan simpulan
dilakukan dengan menyatukan kata-kata kunci yang tersebar pada
seluruh paragraf tersebut.
Contoh:
Kemiri telah lama dikenal
masyarakat sebagai tanaman rempah yang dimanfaatkan untuk bumbu dapur. Kemiri mengandung zat kimia, seperti gliserin,
asam linoleat, dan protein, serta vitamin B1. Oleh karena itu, kemiri juga
berhasiat sebagai penguat dan penyubur
rambut. Yang belum dikenal secara luas tentang kemiri adalah bahwa kemiri
dapat digunakan untuk mengatasi
beberapa penyakit. Penyakit yang dapat diatasi dengan kemiri, antara lain
demam, diare, sariawan, sakit gigi, dan bisul. Dengan demikian, kemiri juga bermanfaat sebagai obat.
|
Simpulan: Selain
untuk bumbu dapur, kemiri bermanfaat untuk obat.
·
Berbicara
tentang apa teks tersebu!
Tidak semua anak mengeluhkan
kelainan penglihatan kepada orang tua. Untuk itu orang tua harus
memperhatikan tingkah laku anak-anaknya. Beberapa jenis tingkah laku yang
berhubungan dengan kelainan mata antara lain jalan terlalu berhati-hati.
Anak-anak dengan kelainan ini akan mengerutkan dahi, menyipitkan mata, atau
memiringkan kepala saat melihat. Mereka juga sering mengeluhkan pusing saat
belajar. Terkadang mata mereka terlihat bercahaya bila berada di tempat
gelap.
|
Simpulan kutipan teks
karya ilmiah tersebut adalah …
A.
Anak selalu memiringkan
kepalanya saat mata berkonsentrasi.
B.
Kelainan
penglihatan pada anak dapat diamati melalui perilakunya.
C.
Pusing saat belajar adalah ciri
adanya kelainan penglihatan pada anak.
D.
Banyak jenis tingkah laku yang
berhubungan dengan kelainan mata pada anak.
E.
Cahaya mata yang aneh saat
berada di tempat gelap merupakan ciri kelainan
mata.
3.
Cermati teks berikut!
Sejak zaman dulu, nenek moyang
kita sudah mengenal tanaman lidah buaya lengkap dengan segala manfaatnya.
Manfaat tumbuhan bernama latin Aloe
vera ini tidak hanya digunakan sebagai penyubur rambut, tetapi juga
digunakan untuk kesehatan tubuh. Walaupun telah dikenal memiliki banyak
manfaat, belum banyak orang yang mengetahui bahwa tanaman ini dapat menjadi
komoditas yang menguntungkan.
|
Makna istilah komoditas pada teks tersebut adalah ....
A. barang dagangan utama
B. barang berkualitas baik
C. barang hasil pertanian
D. barang ekspor impor
E. barang produksi terbaik
Menentukan
makna istilah
·
Harus tahu
makna istilah tersebut
·
Kalau tidak
tahu, kaitkan dengan kalimat yang ada dalam teks tersebut
4.
Cermati teks berikut!
(1). Wisata kuliner
menjadi salah satu pilihan menarik ketika berlibur di Provinsi Kalimantan
Tengah. (2) Wisatawan dapat mencicipi masakan kepala ikan baung yang besarnya
seukuran buah kelapa muda. (3) Selain memiliki berbagai makanan khas nikmat
dan lezat, provinsi ini memiliki tempat menarik yang wajib dikunjungi
wisatawan, salah satunya adalah Jalan Yos Sudarso.
|
Inti kalimat nomor (3) pada teks
tersebut adalah ...
A.
memiliki berbagai makanan.
B.
makanan nikmat dan lezat.
C.
Jalan Yos Sudarso dikunjungi.
D.
provinsi ini memiliki tempat
menarik
E.
wajib dikunjungi wisatawan.
Menentukan Inti Kalimat
a.
Inti kalimat terdiri atas SP, SPO, atau SPO pelengkap, SP pelengkap
b.
Anak kalimat dihilangkan
c.
Hal yang berupa keterangan dihilangkan
d.
Jika keterangan dihilangkan akan
mengubah arti, keterangan tersebut dapat dipertahankan.
Contoh:
1)
Pedagang es kelapa muda hijau yang memakai topi sedang
melayani
S P
pembeli yang datang dari luar
kota.
O
Inti
kalimatnya: Pedagang melayani pembeli.
S P O
2)
Ketika
adik saya yang tinggal di Bandung datang, saya sedang
membersihkan
anak kalimat induk
kalimat
kandang ayam. (kalimat kompleks)
Inti kalimatnya: Saya membersihkan
kandang.
S P O
3)
Pemilik rumah menjelaskan perjanjian
sewa kepada calon penyewa
induk kalimat
anak kalimat
Inti kalimatnya: Pemiliki rumah menjelaskan perjanjian
sewa.
S P O
4)
Ayah membelikan Ani sepatu karena nilai rapornya bagus.
Inti kalimatnya: Ayah membelikan Ani
sepatu.
S P O
pelengkap
5)
Ayah membeli
sepatu untuk Ani karena
nilai rapornya bagus.
Inti kalimatnya: Ayah membeli sepatu.
S
P O
5.
Cermati
teks berikut!
Saat ini banyak
produk dengan kandungan bahan berbahaya mengancam konsumen. Makanan dan
minuman dengan kemasan adalah produk yang potensial mengandung bahan
berbahaya tersebut. Produk ini biasanya produk yang tidak memiliki izin edar
di pasaran. Kondisi ini merisaukan masyarakat. Untuk itu, masyarakat perlu
waspada mengonsumsi makanan dan minuman dengan kemasan menarik.
|
Tanggapan logis terhadap teks
tersebut adalah ...
A.
Setiap makanan dan minuman dengan kemasan mengandung
bahan berbahaya.
B.
Imbauan untuk waspada
mengonsumsi makanan dan minuman kemasan sangat tepat.
C.
Konsumen tidak perlu khawatir dengan produk yang
mengandung bahan berbahaya.
D.
Produk yang tidak menggunakan kemasan dan tidak
memiliki izin tidak berbahaya.
E.
Kita tidak perlu lagi membeli makanan dan minuman yang
menggunakan kemasan.
Tanggapan logis: tanggapan/ komentar
yang masuk akal sesuai dengan hal yang
ditanggapi ( sesuai dengan isi teks
yang ditanggapi)
6.
Cermati teks berikut!
(1)
Anggaran riset di negara kita sangat kecil.
(2) Hal ini tercermin dari keterbatasan sarana dan prasarana riset di
sejumlah lembaga. (3) Keterbatasan itu bukan hanya pada peralatan penelitian
yang mahal dan berteknologi tinggi melainkan juga pada infrastruktur dasar
seperti listrik. (4) Jika daya listrik dinaikkan, Puslit Biomaterial LIPI
tidak akan sanggup membayar tagihan listrik yang saat ini berkisar Rp25 juta
hingga RP30 juta per bulan. (5) Padahal, 80 persen riset di sana sangat
bergantung pada pasokan listrik.
|
Kalimat simpulan teks tersebut
ditandai dengan nomor ....
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
7. Cermati teks
berikut!
(1)Salah satu indikator pendidikan
berkualitas di sebuah negara adalah adanya kurikulum, sistem penilaian, dan
buku teks pelajaran. (2) Seperti apa pun kurikulum dan sistem penilaian,
kunci utama dalam implementasi di lapangan adalah guru. (3) Filipina, India,
dan Korea Selatan memiliki beberapa praktik yang bisa diterapkan di Indonesia
dalam pelaksanaan reformasi kurikulum dan sistem penilain. (4) Misalnya, di
tiga negara tersebut sama-sama sudah ada ujian nasional. (5) Ujian di tiga
negara tersebut dilaksanakan masih menggunakan kertas.
|
Maksud
kalimat nomor (2) pada teks tersebut adalah ...
A.
Guru merupakan pelaksana kurikulum dan sistem penilaian
dalam kegiatan pembelajaran.
B.
Pelaksana kurikulum dan sistem penilaian di lapangan
melibatkan guru sebagai aktor utama.
C.
Kerja sama antarguru dalam melaksanakan kurikulum dan
sistem penilaian sangat diharapkan.
D.
Guru merupakan faktor penentu
berhasil tidaknya pelaksanaan kurikulum dan sistem penialain.
E.
Kurikulum dan sistem penilaian merupakan program
pemerintah yang harus dilaksanakan oleh guru.
8.
Cermati teks berikut!
(1) Karena perbedaan
temperatur di atmosfer, uap berubah menjadi air. (2) Temperatur yang berada
di bawah titik beku (freezing point)
mengakibatkan kristal es terbentuk. (3) Butir-butir air terjadi karena
tetesan air kecil (tiny droplet)
yang timbul akibat kondensasi berbenturan dengan tetesan air lainnya dan
terbawa oleh gerakan udara. (4) Adanya
gravitasi menyebabkan butir-butir air itu turun ke bumi, yang disebut dengan
hujan atau presipitasi. (5) Jika temperatur udara turun sampai di bawah 0º
Celcius, butiran air akan berubah menjadi salju.
|
Kalimat yang menyatakan hubungan
akibat-sebab pada teks tersebut ditandai dengan
nomor ....
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
9. Cermati teks berikut!
Untuk dapat mendukung bahasa
Indonesia menjadi bahasa internasional tentu saja perlu diciptakan sikap yang
positif dari penutur bahasa Indonesia. Sikap positif penutur terhadap bahasa
Indonesia tersebut ditandai dengan senangnya orang Indonesia untuk
menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Apabila penutur tersebut
senang menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar, tentu saja
mereka akan setia menggunakannya. Kesetiaan penutur menggunakan bahasa
Indonesia ini akan membangkitkan kebanggaan terhadap bahasa Indonesia. Itulah
yang disebut sebagai penutur yang memiliki sikap positif terhadap bahasa
Indonesia.
|
Pandangan penulis yang terdapat dalam teks tersebut adalah
...
A.
Perlu adanya rasa senang dalam menggunakan bahasa
ketika kita berkomunikasi dengan siapa pun.
B.
Kesetiaan berbahasa sangat diperlukan untuk
membangkitkan kebanggaan berbahasa dan bernegara.
C.
Sikap positif berbahasa Indonesia ialah menggunakan
bahasa Indonesia dengan senang dan baik.
D.
Sikap positif sangat diperlukan dalam berbahasa
Indonesia agar bahasa Indonesia dicintai oleh bangsanya sendiri.
E.
Perlu adanya sikap positif
penutur bahasa Indonesia untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa
internasional.
10.
Cermati teks berikut!
Beredarnya rumor tim balap Formula 1 Manor Racing akan
menggunakan tiga pembalap pada musim balap pada tahun ini ditepis manajer Rio
Haryanto, Piers Hunnisett. Menurut pria asal Inggris itu, negosiasi dengan
Manor hingga saat ini terus berlanjut sampai Manor mengumumkan pembalapnya.
Hunnisett
juga menegaskan posisinya bahwa pihaknya hanya ingin Rio menjadi pembalap
utama dalam tim asal Inggris itu berpasangan dengan pembalap Jerman, Pascal Wehrlein
yang sudah diumumkan sebelumnya sebagai pembalap Manor. Menurut Hunnisett,
Manor akan segera mengumumkan pembalapnya dalam beberapa hari ke depan.
|
Ringkasan teks tersebut
yang tepat adalah ...
A.
Dalam beberapa hari ke depan, Manor akan segera mengumumkan
pembalapnya
yang berjumlah
tiga orang.
B.
Pascal Wehrlein, pembalap dari Jerman diumumkan sebagai
pembalap Manor
yang berpasangan
dengan Rio Haryanto.
C.
Manor belum mengumumkan
pembalapnya, tetapi Hunnisett hanya ingin
Rio menjadi pembalap utama.
D.
Hunnisett juga menegaskan bahwa dia akan bernegosiasi
dengan Manor untuk
menjadikan Rio
sebagai pembalap utama.
E.
Negosiasi dengan Manor terus berlanjut sampai Rio
Haryanto diumumkan
sebagai
pembalap utamanya.
RINGKASAN
Cara menentukan ringkasan
a.
Jika teks
terdiri atas satu paragraf, cari inti kalimatnya, hilangkan bagian
yang berupa penjelas
b.
Satukan inti kalimat tersebut secara sitematis / tersusun secara berurutan
c.
Jika teks terdiri
atas dua paragraf, cari inti paragraf tersebut,
hilangkan bagian
yang berupa penjelas
d.
Satukan inti paragraf tersebut secara sitematis / tersusun secara berurutan
Contoh
Sebagian besar
masyarakat belum berpikir untuk memanfaatkan lahan sempit di sekitar rumah sebagai lahan tanaman obat keluarga (toga).
Lahan sempit tersebut justru hanya ditanami
rumput, tanaman bunga, dan aneka tanaman hias lainnya. Berbagai jenis tanaman di lahan sempit pun sekadar
memenuhi pandangan mata, yaitu asri, sejuk, dan teduh. Padahal, lahan
sempit tersebut akan lebih bermanfaat apabila ditanami tanaman obat keluarga,
tanaman banyak khasiat. Selain berkhasiat, tanaman obat juga bernilai jual .
|
Ringkasannya:
Sebagian
besar masyarakat belum memanfaatkan lahan sempit di sekitar rumah untuk
menanam
tanaman obat keluarga yang banyak khasiat dan bernilai jual.
11. Cermati
teks berikut!
(1)
Itulah Lintang dengan pandangannya. (2) Pikirannya
memang telah sangat jauh meninggalkan kami. (3) Dengarlah itu, bicaranya
lebih pintar dari bicara seluruh menteri penerangan yang pernah dimiliki
republik ini. (4) Ayo, yang lain. Jangan hanya anak Tanjong keriting ini saja
yang terus menjawab,” perintah Bu Mus. (5) Biasanya setelah itu aku tergoda
untuk menjawab, agak ragu-ragu, canggung, dan kurang yakin sehingga sering
sekali salah. (6) Lalu, Lintang membetulkan jawabanku dengan semangat
konstruktif dan penuh rasa akrab persahabatan.
|
Bukti yang menunjukkan watak
tokoh Lintang aktif dalam kutipan novel tersebut terdapat pada kalimat nomor
....
A. (1)
dan (2)
B. (1)
dan (6)
C. (3)
dan (4)
D. (4) dan (6)
E. (5)
dan (6)
12. Cermati
teks berikut!
(2)
Itulah Lintang dengan pandangannya. (2) Pikirannya
memang telah sangat jauh meninggalkan kami. (3) Dengarlah itu, bicaranya
lebih pintar dari bicara seluruh menteri penerangan yang pernah dimiliki
republik ini. (4) Ayo, yang lain. Jangan hanya anak Tanjong keriting ini saja
yang terus menjawab,” perintah Bu Mus. (5) Biasanya setelah itu aku tergoda
untuk menjawab, agak ragu-ragu, canggung, dan kurang yakin sehingga sering
sekali salah. (6) Lalu, Lintang membetulkan jawabanku dengan semangat
konstruktif dan penuh rasa akrab persahabatan.
|
Bukti yang menunjukkan watak
tokoh Lintang aktif dalam kutipan novel tersebut terdapat pada kalimat nomor
....
A.
(1) dan (2)
B.
(1) dan (6)
C.
(3) dan (4)
D.
(4) dan (6)
E.
(5) dan (6)
13.
Cermati puisi berikut!
Paru-Paruku
Satu demi satu
Seratus sudah
aku menanammu
Kami hidup
Kami sehat
Semua karnamu
Paru-paruku
Kini mereka
kejam denganmu
Tak peduli
denganmu
Tak peduli
dengan masa depannya
Tak peduli
dengan anak cucunya
Merusakmu demi
uang
Paru-paruku
Buatlah mereka
sadar
Akan
pentingnya dirimu
(Saduran
dari obatrindu.com: Paru-Paruku
|
Amanat puisi tersebut adalah ...
A.
Jagalah kesehatanmu demi masa depan.
B.
Tanamlah seratus pohon untuk keindahan lingkungan.
C.
Hendaknya kita menjaga paru-paru kita agar selalu
sehat.
D.
Lestarikanlah lingkungan hidup
demi anak cucu.
E.
Sadarlah akan pentingnya paru-paru kita.
14.
Cermati kutipan novel berikut!
Adapun aku, ayah selalu melihatku sebagai pemain cadangan andalan yang disimpannya
untuk satu pertandingan final yang menentukan nanti. Baginya, aku ibarat
Mario Kempes dalam tim nasional
Argentina tahun 1982. Tak gegabah ayah
memainkan aku secara
terburu-buru, takut aku cedera. Aku sendiri melihat ayah sebagai pelatih yang
penuh strategi. Sayangnya, tunggu punya tunggu, 20 tahun telah berlalu,
pertandingan final itu tak datang-datang juga.
Sirkus Pohon, Andrea Hirata, 2017
|
Majas
yang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah ...
A. hiperbola
B. ironi
C. simile
D. antonomasia
E. paradoks
MAJAS
a. Personifikasi
: benda mati bertingkah laku seperti manusia.
Contoh: 1) Bulan tersenyum.
2) Cangkir
mengeluh di atas meja.
b. Hiperbola:
ungkapan pengeras/dilebih-lebihkan
(sepatah kata
diganti dengan kata lain yang memberikan pengertian lebih hebat
daripada kata
tadi).
Contoh: Tangisnya terdengar sampai
ke tujuh desa.
c. Pleonasme:
menggunakan kata berlebihan/pemborosan kata
(menggunakan
kata yang sebenarnya tidak perlu dipakai lagi sebab arti kata tersebut
sudah terkandung
pada kata yang mendahuluinya).
Contoh: naik ke atas ( kata ke atas
sebenarnya tidak perlu dipakai lagi karena kata naik
sudah berarti ke atas.
Contoh lain: turun ke bawah ,
menengadah ke atas, menoleh ke samping atau ke
belakang
d. Metafora:
perbandingan langsung ( membandingkan
suatu benda dengan benda lain. Kedua benda yang dibandingkan itu memiliki sifat
yang sama)
Contoh: 1) Anakku, kau adalah bidadari kecilku.
2) Anakku,
kau bidadari bagiku.
3) Raja siang telah terbenam,
muncullah dewi malam.
e. Asosiasi/
Simile : membandingkan suatu benda dengan benda lain untuk memperjelas gambaran
yang diinginkan. Untuk membandingkan benda tersebut digunakan kata penghubung
yang menyatakan perbandingan (seperti, laksana, bagai, bagaikan, umpama,
ibarat, bak, se... (serupa)
Contoh : 1) Semangatnya keras bagai
baja.
2) Engkau
laksana embun penyejuk dalam
kehausan.
f. Paralelisme:
pengulangan kata pada puisi
1) Anafora:
pengulangan kata pada awal baris
Contoh:
Hanya kepada-Mu aku memohon
Hanya kepada-Mu aku meminta
Hanya kepada-Mu aku menyembah
Ya Ilahi Robbi
2) Epifora
: pengulangan kata pada akhir baris
Contoh:
Hartaku kuberikan
Nyawaku kuberikan
Segalanya kuberikan
Demi perjuangan
g. Repetisi:
pengulangan kata beberapa kali dalam bahasa tutur atau prosa untuk menegaskan
artinya.
Contoh: Di sini
dia dilahirkan, di sini dia berjuang, dan di sini dia dikuburkan.
h. Tautologi:
1) Pengulangan
kata beberapa kali dalam kalimat.
Contoh: Tidak lama lagi
kalian akan menghadapi ujian. Oleh karena itu,
kalian harus belajar, belajar, dan belajar.
2)
Penggunaan kata yang bersinonim
dalam sebuah kalimat. (tautologi sinonimi)
Contoh: Apa maksud
dan tujuan Anda datang kemari?
i.
Antitesis: menggunakan paduan
kata yang berlawanan arti.
Contoh:
1) Tua muda, besar kecil, pria wanita
berbondong-bondong pergi ke alun-alun.
2) Apa suka duka menjadi pengurus OSIS?
j.
Paradoks: terlihat seolah-olah ada
pertentangan sebenarnya tidak karena objek yang
dikemukakan berlainan.
Contoh:
1) Suasana
ramai seperti ini dia merasa sepi.
(yang
ramai suasana, yang sepi hatinya)
2) Dia
kaya, tetapi miskin. (kaya harta, miskin ilmu)
k. Retorik
: Majas yang menggunakan kalimat tanya yang tidak memerlukan
jawaban (kalimat tanya tak bertanya)
Contoh:
1) Apa dia salah kalau ayahnya juru
masak?
2)Bagaimana saya mau bermain
bola, kaki saya sakit seperti ini?
l.
Klimaks : pengungkapan yang makin
menguat/menghebat, makin naik
Contoh : Sejak SD, SMP sampai SMK
dia selalu mendapat peringkat pertama di
kelasnya.
m. Antiklimaks
: pengungkapan yang makin melemah/menurun
Contoh :
1) Kakeknya,
ayahnya, dia sendiri, anaknya, bahkan sampai cucunya semua menjadi orang
berhasil.
2) Pertama-tama,
dia berpidato dengan suara lantang kemudian suaranya parau lalu dia tidak sadarkan
diri.
3) Siswa
kelas XII, XI, dan X sedang melaksanakan Jumat bersih.
n. Litotes:
menggunakan kata-kata yang berlawanan artinya dengan tujuan merendahkan diri.
Contoh:
1)
Datanglah ke gubuk saya. (padahal
rumahnya mewah)
2)
Kalau kamu datang ke rumah saya, hanya
air putih yang dapat saya
sediakan.
o. Metonimia:
menyebutkan nama benda atau merek dagang.
Contoh:
1) Saya memakai
Bata. ( maksudnya memakai sepatu merek Bata)
2) Dia makan pepaya. ( maksudnya buah )
p. Sinekdokhe
1) Pars
prototo ( sebagian untuk seluruh) : menyebutkan sebagian dari suatu benda/hal,
tetapi yang dimaksud adalah seluruhnya.
Contoh:
Sejak kemarin saya tidak melihat batang
hidungnya.
2) Totem
proparte (seluruh untuk sebagian): menyebutkan seluruh dari suatu benda/hal,
tetapi yang dimaksud adalah sebagian.
Contoh:
Pertandingan itu dimenangkan oleh Jakarta. ( yang bertanding hanya
beberapa
orang)
q. Eufemisme
(ungkapan pelembut) : menggunakan kata-kata untuk menggantikan kata lain supaya
terdengar lebih sopan atau untuk menghindarkan diri dari kata-kata yang
dianggap tabu atau pamali.
Contoh:
1)
bekas
diganti
dengan kata mantan
2) buta huruf diganti dengan
kata tunaaksara
3)
pelayan
toko
diganti dengan pramuniaga
4)
harimau
di
hutan dikatakan datuk atau nenek
r.
Alegori: beberapa perbandingan membentuk
satu kesatuan yang utuh.
Contoh: Agama
adalah kompas dalam mengarungi samudra kehidupan yang penuh
dengan ombak gelombang.
s.
Antonomasia: memanggil seseorang bukan
dengan nama aslinya melainkan dengan
nama panggilan karena sifat yang
dimiliki atau ciri tubuhnya.
(nama julukan)
Contoh: Si
Botak, Si Jangkung, Si Kribo, Si Kacamata
t.
Alusio: menggunakan peribahasa,
ungkapan-ungkapan yang sudah lazim, atau
menggunakan sampiran pantun yang
isinya sudah umum diketahui.
Contoh:
1) Menggantang asap saja
kamu dari tadi. (membual, beromong kosong)
2) Jangan
seperti kura-kura dalam perahu. (
pura-pura tidak tahu)
u. Ironi
(sindiran halus) : menggunakan kata-kata yang berlawanan artinya dengan tujuan
menyindir.
Contoh: Tulisan
kamu bagus sekali sampai tidak bisa dibaca.
v. Sinisme
: sindiran yang agak kasar/lebih kasar daripada ironi
Contoh: Muntah saya melihat tingkah laku kamu
yang tidak pernah berubah itu.
w. Sarkasme:
Sindiran yang paling kasar
Menggunakan
kata-kata yang kasar dan tidak sopan
Contoh: Hei,
anjing! Untuk apa kamu kemari lagi?
x. Simbolik:
menggunakan simbol atau lambang
Contoh:
1) bunglon lambang orang
yang tidak berpendirian tetap
2) Kekasih lambang Tuhan
3) Merah lambang berani
15.
Cermati teks berikut!
Utamakan belajar , jangan
pacaran dulu! “ kata mama saat aku mencium tangannya. Selalu kata itu yang
kudengar setiap pagi saat aku pamit ke sekolah. Entah apa yang dikhawatirkan
mama terhadap makluk yang namanya”pacar”. Bagi mama, pacar lebih ganas
dibandingkan monster mana pun, mungkin! Hhh.... Memangnya Mama dulu tidak
pernah pacaran, gerutuku, “Kau dengar kata Mama? Iya Ma, Rhea dengar sampai
hafal malah!”
|
Hubungan antarunsur
instrinsik yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ....
A.
tema dengan latar
B.
tokoh dengan amanat
C.
tema dengan alur cerita
D.
latar dengan tema
E.
tokoh dengan penokohan
16. Cermati kutipan cerpen berikut!
Takdir memang selalu punya cara
yang tak terduga agar selalu tampak mengejutkan. Tanpa
firasat apa-apa, orang
miskin itu mendadak
mati. Anak-anaknya hanya bengong memandangi mayatnya
yang terbujur menyedihkan
di ranjang.
Sementara istrinya
terus menangis, bukan karena sedih, tapi karena bingung mesti beli
kain kafan, nisan, sampai harus bayar lunas kuburan. Seharian perempuan
itu pontang-panting cari utangan,
tetapi tetap saja uangnya tak cukup buat biaya pemakaman.
“Bagaimana, mau dikubur tidak?”
Para pelayat yang sudah lama menunggu mulai menggerutu
|
Sebab konflik dalam kutipan
cerpen tersebut adalah ...
A.
Isteri pontang-panting mencari pinjaman uang.
B.
Pelayat kecewa karena sudah menunggu terlalu lama.
C.
Kekecewaan pelayat karena menunggu jenazah.
D.
Tidak mempunyai uang untuk
biaya pemakaman.
E.
Kekesalan seorang istri karena tidak mendapatkan
pinjaman uang.
17. Cermati kutipan
novel berikut!
Dinding kamar aku tempeli
kertas-kertas yang berisi ringkasan berbagai mata pelajaran dan rumus
penting. Semua aku tulis besar-besar dengan spidol agar gampang diingat. Di
atas segala macam tempelan pelajaran ini, aku tempel sebuah kertas karton
merah, bertuliskan tulisan Arab tebal-tebal: Man jadda wajada! Mantra ini
menjadi motivasiku kalau sedang kehilangan semangat. Bahkan aku teriakkan
kepada diriku, setiap aku merasa semangatku melorot. Aku paksa diriku lebih
kuat lagi. Aku lebihkan usaha. Aku lanjutkan jalanku beberapa halaman lagi,
beberapa soal lagi, beberapa menit lagi. Going
the extra miles. I’malu fauqa ma’amilu. Berusaha di atas rata-rata orang
lain. (Ranah 3 Warna, A. Fuadi)
|
Kaitan isi
kutipan novel tersebut dengan kehidupan saat ini adalah ...
- Janganlah berputus asa
jika apa yang diharapkan belum tercapai.
- Memotivasi
diri sendiri agar apa yang diharapkan dapat terwujud.
- Belajar dengan
sungguh-sungguh bila perlu dengan kelompok belajar.
- Menyalin kembali materi
pelajaran yang sudah diterima agar tidak hilang.
- Menulis semua rencana
yang akan dikerjakan agar jelas apa yang akan dicapai.
18. Cermati dua kutipan
puisi berikut!
Puisi 1
|
Puisi 2
|
Terima kasih
ya Allah ...
Untuk kebaikan
orang yang ada
Untuk setiap
tegur sapa mereka
Untuk semua
kata-katanya
Yang selalu
menguatkanku di kala duka
Untuk mereka
yang tak pernah rela
Membiarkanku
jatuh dan terpuruk binasa
|
Ya Allah
Terimalah rasa
syukurku
Karena Engkau
telah menempatkan aku
Di antara
orang-orang yang baik hati
|
Persamaan amanat kedua kutipan puisi tersebut adalah
....
A. Bertegursapalah
kepada orang-orang di sekitar kita
B. Jangan
pernah berhenti untuk bersyukur atas karunia Allah
C. Bersyukurlah
karena kita mendapat tempat yang bagus
D. Bantulah
mereka yang selalu menolong saat kita terpuruk
E.
Bersyukurlah atas
kebaikan orang-orang di sekitar kita
19.
Cermati teks berikut!
Padi yang menguning
merupakan hasil tanam yang dilakukan oleh petani. Mereka bekerja dengan gigih
dan tidak mengenal waktu demi keberhasilannya dalam menanam padi. Selain itu,
para petani juga melakukan [...] pertanian agar hasilnya maksimal. Tidak
hanya padi yang ditanam oleh petani, mereka juga menanam berbagai macam
tanaman [...] untuk memperoleh penghasilan tambahan.
|
Istilah yang tepat untuk
melengkapi bagian rumpang pada teks tersebut adalah ....
A.
intensifikasi, tumpang
sari
B.
irigasi, agroindustri
C.
deforestasi, variasi
D.
diversifikasi, palawija
E.
ekstensifikasi, vertikultura
20. Cermati teks berikut!
Pergi memancing
saat fajar
Pulang siang membawa ikan
Siapa rajin
belajar
[...]
|
Larik yang tepat untuk melengkapi
pantun tersebut adalah ....
A.
Nanti jadi juara
kelas
B.
Jadi orang
sukses kemudian
C.
Pasti akan
menjadi cerdas
D.
Masa depan
gilang-gemilang
E.
Dapat majukan
bangsa kita
21. Cermati
teks berikut!
(1)
Awalnya dia memasarkan di
kalangan teman kuliahnya sampai dosen dan staf kampus.
(2)
Selain harganya yang relatif
terjangkau sesuai dengan kantong mahasiswa, produknya juga menyehatkan.
(3)
Yola adalah mahasiswi lulusan
pertanian yang memilih berwirausaha daripada bekerja kantoran.
(4)
Hasil risetnya masuk dalam
kategori produk riset terbaik tahun 2017.
(5)
Uniknya, yang dia jual adalah
produk olahannya sendiri yang dia racik dari penelitian yang dia lakukan di
kampus.
(6)
Produk yang ia jual adalah
sambal dengan campuran rumput laut yang ekonomis dan sehat.
|
Urutan
peristiwa tersebut agar dapat membentuk cerita padu adalah …
- (1), (2). (3),
(4), (5), (6)
- (1), (6), (2),
(4), (5), (3)
- (3), (1), (2),
(6), (4), (5)
- (3),
(5), (6), (1), (4), (2)
- (3), (6), (5), (2), (1), (4)
22.
Cermati teks berikut!
Nur
adalah seorang mahasiswi yang menjalani kehidupan keras bersama ibunya, Sekar
yang bekerja sehari-hari sebagai seorang buruh cuci. Kedua anak ibu ini
memiliki pandangan yang sangat berbeda mengenai bagaimana meraih kehidupan
yang lebih baik. Sang ibu memilih agar anaknya memfokuskan diri pada
kuliahnya, sedangkan Nur
berpikir bagaimana bisa secepatnya bekerja dan memperoleh penghasilan untuk
membantu nafkah mereka.
Film ini mencoba bicara soal penderitaan dengan memunculkan
beragam masalah yang dihadapi keluarga Nur. Masalah-masalah tersebut tampak
sekali dicari-cari tanpa mencoba mendalami konflik dari masalah tersebut.
Inti cerita filmnya sederhana, bagaimana seseorang yang miskin materi
kemudian bisa meraih sukses besar (melalui bisnis MLM).
|
Isi kutipan teks ulasan tersebut membahas kelemahan film
tentang ....
A.
kedangkalan tema yang disajikan
B.
watak yang
terdapat pada tokoh cerita
C.
latar belakang cerita yang beragam
D.
alur cerita yang berbelit-belit
E.
pesan yang disampaikan sesuai dengan cerita
23.
Cermati teks berikut!
Cara Membuat Pot Bunga dari Botol
Bekas
(1) Memotong
botol bekas dengan menggunakan pisau
(2) Melubangi
bagian bawah botol bekas
(3) Menyiapkan
alat dan bahan yang dibutuhkan
(4) Memberikan
hiasan pada botol bekas tersebut sesuai dengan selera Anda
(5) Menanam
tanaman dalam botol bekas tersebut
(6) Memasukkan
tanah dan pupuk dalam botol tersebut
(7)
Pot bunga dari botol bekas siap digunakan
|
Urutan
yang tepat teks prosedur cara membuat pot bunga dari botol bekas adalah ….
A.
(1), (3), (4), (2), (5), (6), (7)
B.
(1), (3), (2), (5), (7), (4), (6)
C.
(3), (1), (2), (4), (6), (5),
(7)
D.
(3), (4), (1), (2), (5), (6), (7)
E.
(3), (5), (4), (2), (7), (6), (1)
24. Cermati teks berikut!
(1) Dalam
kaitannya dengnan kesederhanaan, kami sudah berusaha dan berupaya sebaik
mungkin. (2) Siang dan malam pun kami masih bekerja di kantor. (3) Semuanya
kami lakukan dengn senang tanpa keluh kesah. (4) Kami sadar, sebagai kader
harus mau jatuh bangun menegakkan organisasi. (5) Hanya dengan cara inilah
kami berbuat karena tidak punya akses kekuasaan lagi.
|
Kalimat yang menggunakan kata bersinonim
dalam paragraf tersebut ditandai
dengan nomor
A.
(1), (3)
B.
(1), (4)
C.
(2), (4)
D.
(3), (4)
E.
(3), (5)
25. Cermati kalimat berikut!
Selain dapat menurunkan kolesterol, kacang merah juga baik
untuk mencegah tingginya gula darah karena memiliki kandungan serat yang
tinggi.
|
Variasi kalimat
yang semakna dengan kalimat tersebut adalah ...
A.
Kacang merah memiliki kandungan serat yang sangat
tinggi yaitu serat larut dalam air dan serat yang tidak larut dalam air.
B.
Kacang merah sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh
kita terutama untuk kesehatan jantung.
C.
Kacang merah dapat menurunkan
kolestrol dan mencegah tingginya gula darah karena seratnya tinggi.
D.
Kacang merah sangat bermanfaat bagi kesehatan karena
banyak mengandung zat-zat yag diperlukan tubuh.
E. Kacang
merah sangat bermanfaat untuk menurunkan gula darah dan untuk
kesehatan jantung.
26. Cermati
kalimat-kalimat berikut!
(1) Sebaliknya, yang tidak
menguasainya justru akan menimbulkan ancaman pengangguran, kemiskinan, dan
keputusasaan.
(2) Negara-negara maju telah
melompati era industri menuju era informasi.
(3) Dalam era itu, kekuatan
otak, pengetahuan, dan kreativitas manusia akan menggantikan mesin dan
bangunan sebagai model utama dalam masyarakat.
(4) Bagi yang menguasai
pengetahuan baru, sangat terbuka kesempatan yang sangat luas.
(5) Namun, era baru itu juga
menyajikan alternatif yang kontras.
|
Urutan
kalimat-kalimat tersebut agar menjadi paragraf yang padu adalah ....
A. (2),
(3), (1), (4), (5)
B. (2), (3), (5), (4), (1)
C. (2),
(5), (4), (1), (3)
D. (3),
(5), (1), (2), (4)
E.
(4), (1), (5), (3), (2)
27. Cermati teks berikut!
Tidak semua anak mengeluhkan
kelainan penglihatan kepada orang tua. Untuk itu orang tua harus
memperhatikan tingkah laku anak-anaknya. Beberapa jenis tingkah laku yang
berhubungan dengan kelainan mata antara lain jalan terlalu berhati-hati.
Anak-anak dengan kelainan ini akan mengerutkan dahi, menyipitkan mata, atau
memiringkan kepala saat melihat. Mereka juga sering mengeluhkan pusing saat
belajar. Terkadang mata mereka terlihat bercahaya bila berada di tempat
gelap.
|
Simpulan kutipan teks karya ilmiah
tersebut adalah …
F.
Anak selalu memiringkan kepalanya saat mata
berkonsentrasi.
G.
Kelainan penglihatan
pada anak dapat diamati melalui perilakunya.
H.
Pusing saat belajar adalah ciri adanya kelainan
penglihatan pada anak.
I.
Banyak jenis tingkah laku yang berhubungan dengan
kelainan mata pada anak.
J.
Cahaya mata yang aneh saat berada di tempat gelap
merupakan ciri kelainan mata.
28. Cermati matriks berikut!
Tol Trans-Jawa
yang Lolos Evaluasi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJL)
Ruas Jalan Tol
|
Badan Pengatur Jalan Tol (BPJL)
|
Panjang (km)
|
Nilai Investasi (Rp Milar)
|
Cikampek—Palimanan
|
PT Lintas Marga Sedaya
|
116
|
11.365
|
Pejagan—Pemalang
|
PT Pajagan Pemalang Tol Road
|
57,5
|
5.518
|
Batang—S emarang
|
PT Marga Setia Puritama
|
75
|
7.214
|
Semarang—S olo
|
PT Transmarga Jateng
|
75,7
|
6.213
|
Solo—Mantingan—Ngawi
|
PT Solo Ngawi Jaya
|
90,1
|
5.138
|
Simpulan yang sesuai dengan matriks tersebut adalah …
A.
Panjang jalan tol
berbanding lurus dengan besarnnya nilai investasi.
B.
Besarnya nilai
inverstasi berbanding terbalik dengan panjang jalan tol.
C.
Ruas jalan tol Cikampek—Palimanan
memiliki inverstasi tertinggi karena terpanjang.
D.
Ruas tol Solo—Mantingan—Ngawi
adalah yang terpanjang, tetapi inverstasinya paling kecil.
E.
Nilai investasi
tertinggi dimiliki oleh ruas jalan tol Solo—Mantingan—Ngawi yang dikerjakan PT
Solo Ngawi Jaya.
29.
Cermati teks berikut!
(1) Upaya
pemerintah dalam mempertahankan rancangan
budaya agar tidak tergerus oleh bangsa lain terus bergulir. (2) Setelah
beberapa kali budaya asli diklaim negara lain seperti Malaysia, kebangkitan
dan kesadaran untuk kembali mencintai
budaya sendiri pun tumbuh di berbagai tumpukan
masyarakat Indonesia. (3) Berbagai cara dan tindakan dilakukan pemerintah dan
lapisan masyarakat Indonesia untuk
pelestarian budaya. (4) Salah satu contohnya adalah dengan membuat hak paten. (5) Dengan demikian, budaya Indonesia
akan terjaga dan tetap lestari.
|
Kesalahan
penggunaan kata pada teks tersebut terdapat dalam kalimat nomor ....
A.
(1), (2)
B.
(2), (3)
C.
(2), (4)
D.
(3), (4)
E.
(3), (5)
30.
Cermati teks berikut!
Imbauan pemerintah daerah (1) agar masyarakat mau menjaga taman kota
dan menjaga kebersihan di bantaran sungai kurang mendapat perhatian masyarakat kota. Mereka
menganggap (2) walaupun menjaga
taman kota dan bantaran
sungai adalah tugas karyawan dinas
pertamanan (3) padahal dinas
kebersihan. Mereka kurang menyadari (4) bahwa
tugas tersebut merupakan tugas
seluruh warga kota. Untuk itu, perlu
diadakan kegiatan penyuluhan (5) agar mereka memahami tugas tersebut.
|
Kesalahan
penggunaan konjungsi pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A.
(1) dan (2)
B.
(2) dan (3)
C.
(3) dan (4)
D.
(3) dan (5)
E.
(4) dan (5)
31.
Cermati kutipan dua teks drama berikut!
TEKS 1
|
TEKS 2
|
Tamu : Assalamu’alaikum.
Tuan Rumah: Wa’alaikumussalam.
Tamu :
Rekening Koran.
Tuan Rumah: Hari senin sajalah. Sebentar
lagi mobil
pesananku datang dan itu akan
menguras dompetku.
Tamu :
Baik, tak apa. Ini majalah baru.
Apa mau berlangganan?
Tuan Rumah: Wah, bagus ini. Untuk
perkenalan, gratis, kan?
Tamu :
Maaf, ndak bisa gratis.
Tuan Rumah: Oh, kalau begitu lebih baik
pinjam saja dari tetangga.
Tamu :
Baiklah.
Tuan Rumah: Hari Senin nanti, ya!
Tamu : Ya.
Baik, permisi.
Tuan Rumah: Ayo.
|
Kakek :
Sejak muda kau begitu yakin seakan saya pernah punya hubungan percintaan
dengan perempuan tadi. Saya heran kenapa kau begitu berhasil menciptakan
tokoh yang fantastis itu menjadi tokoh yang seolah nyata dalam diri kau
sehinggga tokoh itu mampu mempermainkan kau sendiri selama hidup kau.
Nenek :
Bukan fantastis. Tapi memang dia tokoh fantasi kau, bahkan sampai saat tua
(menangis). Sengaja kau suruh Joni menyiapkan segera minuman kesukaannya
begitu dia datang.
Kakek : Siapa?
Saya? Menyuruh
Joni?
Minuman apa?
Nenek : Kau
menyuruh Joni
membuat es susu begitu
nyonya janda itu datang.
Kakek : Tidak.
Saya tidak
menyuruh Joni
(Arifin C. Noor: Pada Suatu Hari
Nanti)
|
Perbedaan karakter tokoh pada
kutipan drama tersebut adalah ...
A.
Tuan Rumah berkarakter penghemat, sedangkan Nenek
pemarah.
B.
Tuan Rumah berkarakter pecundang, sedangkan Nenek buruk
sangka.
C.
Tuan Rumah berkarakter pelit,
sedangkan Nenek pencemburu.
D.
Tuan Rumah berkarakter penyabar, sedangkan Nenek manja.
E.
Tuan Rumah berkarakter pemarah, sedangkan Nenek manja.
32. Cermati
teks berikut!
Seandainya kita pandai menabung
hujan, tentu tak perlu cemas dengan datangnya musim kemarau panjang. Itu
postulat lama yang tumbuh di negara tropis seperti Indonesia. Postulat,
menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, artinya asumsi yang menjadi pangkal
dalil yang dianggap benar tanpa perlu [....] Artinya, kita sejatinya meyakini
kebenaran teori bahwa menyimpan air hujan akan memberikan banyak manfaat
ketika datang musim kering atau kemarau. Bahkan kemarau panjang sekalipun.
Namun nyatanya, kita sekadar yakin, tetapi tak biasa melakukannya. Kita
percaya, tetapi kita terus saja malas sehingga tak kunjung pandai [...]
berkah air kala musim hujan, yang acap terjadi malah sebaliknya. Saat debit
melimpah, air curahan hujan seolah dibiarkan tidak tertampung dan tak
terkontrol. Jadilah banjir. Jadilah kita punya bencana ganda. Bencana
kekeringan saat musim kemarau dan bencana banjir ketika datang musim hujan.
|
Kata bentukan yang tepat untuk
melengkapi teks rumpang tersebut adalah ....
A.
menunjukkan, menyimpan
B.
mengatakannya, menggali
C.
menyebut, menakar
D.
membuktikannya, menabung
E.
pembuktian, menghindar
33. Cermati teks berikut!
(1)
(1) Banyak manusia
yang mengeluh sakit akibat kurang aktivitas. (2) Keadaan itu semakin buruk bila ditambah
dengan faktor risiko misalnya merokok, pola makan tidak teratur, serta menu
makanan yang tidak sehat. (3) Semua itu akan menimbulkan berbagai penyakit
dengan berpeluang lima kali lebih tinggi bila tidak diimbangi dengan
olahraga. (4) Oleh karena itu, kita tidak bisa beralasan untuk tidak
berolahraga. (5) Kita bisa berolahraga dengan
perlengkapan yang sederhana atau tidak menggunakan alat. (6) Jika
ingin menggunakan alat, kita persiapkan peralatan olahraga yang mau kita pakai.
|
Perbaikan kalimat tidak logis pada kalimat
nomor (6) adalah ...
A.
Jika ingin menggunakan
alat, kita persiapkan peralatan olahraga yang akan kita pakai.
B.
Jika kita ingin menggunakan alat, persiapkan peralatan
olahraga yang mau kita pakai.
C.
Jika kita ingin menggunakan alat, kita persiapkan
olahraga yang akan kita pakai.
D.
Jika ingin menggunakan alat, persiapkanlah peralatan
olahraga yang mau dipakai.
E.
Jika ingin menggunakan alat, kita menyiapkan peralatan
olahraga yang mau dipakai.
34.
Cermati teks berikut!
(1)
Ada dua alasan mengapa Indonesia dapat dikatakan
sebagai salah satu negara terindah di dunia.
(2) Pertama, Indonesia mempunyai alam yang indah. (3) Di seluruh wilayah Indonesia dapat kita
temui lembah, gunung, dan pantai yang menawan. (4) Ke dua, Indonesia juga terkenal karena
keindahan keragaman budayanya. (5)
Indonesia memiliki beragam suku-suku bangsa dan agama yang masing-masing
mempunyai budaya sendiri-sendiri. (6) Dua hal itulah yang efektif membuat
Indonesia dikenal sebagai salah satu dari negara terindah di dunia.
|
Perbaikan
kalimat nomor (5) agar menjadi kalimat efektif adalah ….
A. Indonesia
memiliki beraneka ragam suku-suku bangsa dan agama yang masing-masing mempunyai
budaya sendiri-sendiri.
B.
Indonesia memiliki beragam suku-suku bangsa dan
agama yang masing-masing mempunyai budaya sendiri-sendiri.
C.
Indonesia memiliki beragam suku
bangsa dan agama yang masing-masing mempunyai budaya
sendiri-sendiri.
D.
Indonesia memiliki banyak suku-suku bangsa dan agama yang masing-masing
mempunyai budaya sendiri-sendiri.
E.
Indonesia memiliki beragam suku-suku bangsa dan
macam-macam agama yang masing-masing mempunyai budaya sendiri-sendiri.
KALIMAT EFEKTIF
Kalimat
efektif adalah kalimat yang singkat, padat, dapat menyampaikan pesan secara
tepat, dan dapat dipahami secara tepat pula.
Kalimat
efektif dituntut oleh beberapa ketepatan, baik ketepatan pilihan kata, bentuk
kata, pola kalimat, maupun makna kalimat.
Sebab-sebab ketidakefektifan
kalimat di antaranya :
a. Pengaruh
bahasa daerah
1) Anak-anak pada lari.( tidak efektif ) (Bocah-bocah podo
melayu.)
Anak-anak berlarian. (efektif )
2) Bajunya Ali basah. (tidak efektif) (klambine Ali teles )
Baju Ali
basah. (efektif)
Bajunya
basah. (efektif)
b. Pengaruh
pola bahasa asing
Contoh:
1) Saya sudah katakan. (
tidak efektif ) ( I have told)
Sudah saya katakan. (efektif)
saya sudah mengatakan. (efektif)
2) Toko di mana saya membeli buku sudah pindah.
( tidak efektif)
Toko tempat
saya membeli buku sudah pindah. (efektif)
c. Pleonastis
(menggunakan kata berlebihan/pemborosan kata)
Contoh:
1) Para hadirin dimohon
berdiri. ( tidak efektif )
Hadirin dimohon berdiri. (efektif)
2) Minumlah
obat ini agar supaya lekas sembuh. (
tidak efektif )
Minumlah obat ini agar lekas sembuh. (efektif)
Minumlah obat ini supaya lekas sembuh. (efektif)
3) Kita
harus saling hormat-menghormati. ( tidak efektif )
Kita harus saling menghormati. (efektif )
Kita harus hormat-menghormati. (efektif )
4) Rumah
ini sangat besar sekali. ( tidak
efektif )
Rumah ini sangat besar.
(efektif )
Rumah ini besar sekali. (efektif )
5) Hal
ini adalah merupakan tanggung jawab
kita bersama. ( tidak efektif )
Hal ini merupakan tanggung jawab kita bersama. (efektif )
d. Salah
nalar/tidak logis
Contoh:
1) Rumah
ini mau dijual. ( tidak efektif
karena rumah tidak punya kemauan atau keinginan)
Rumah ini akan dijual.
(efektif )
2) Sampo
ini dapat menghilangkan kepala
berketombe. (tidak efektif )
Sampo
ini dapat membersihkan kepala berketombe. (efektif)
Sampo ini dapat menghilangkan ketombe.
(efektif )
e. Penggunaan
kata depan yang salah
Contoh:
1)
Kebersihan sebagian daripada iman. ( tidak efektif
karena tidak membandingkan)
Kebersihan sebagian dari iman. (efektif )
2)
Berikan surat itu pada Amin. (tidak efektif)
Berikan
surat itu kepada Amin. (efektif)
f. Kalimat
tidak bersubjek
Contoh:
1) Bagi siswa kelas X harap berkumpul di lapangan.
(tidak efektif)
Ket P
Ket.
Siswa kelas X harap
berkumpul di lapangan. (
efektif)
S P
Ket.
2) Dari
Amin
mendapatkan keterangan yang
jelas. (tidak efektif)
Ket. P O
Dari Amin kita
mendapatkan keterangan
yang jelas. (efektif)
Ket. S P O
3) Melalui
film ini
dapat meningkatkan semangat
nasionalisme. ( tidak efektif )
Ket. P O
Film ini dapat meningkatkan semangat nasionalisme.
(efektif )
S P O
g. Menggunakan
kata penghubung pada induk kalimat yang mengikuti anak kalimat
Contoh:
anak kalimat
induk kalimat
Walaupun
hujan
lebat, ia
tetap pergi ke sekolah. (efektif )
anak
kalimat induk kalimat
h.
Menggunakan bentuk kata yang salah
1)
Mereka sedang mempelajari tehnik menulis.(tidak efektif)
Mereka sedang mempelajari teknik menulis.(efektif)
2)
Saya belum menerima kwitansi pembelian buku. (tidak efektif)
Saya belum menerima kuitansi pembelian buku. (efektif)
3)
Kita harus merubahnya. (tidak efektif)
Kita harus mengubahnya. (efektif)
35.
Cermati teks berikut!
(1) Tomat
merupakan buah yang sarat khasiat. (2) Tomat dapat mencegah penyakit
kekurangan vitamin. (3) Tomat juga dapat mencegah kangker usus besar dan
kangker paru-paru. (4) Selain itu, tomat dapat menyembuhkan sariawan dan
gangguan pencernaan. (5) Jadi, jelaslah bahwa
tomat mengadung banyak khasiat.
|
Kata tidak baku pada teks
tersebut terdapat dalam kalimat nomor ....
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
KATA
BAKU
Baku artinya standar.
Kata baku bahasa Indonesia ialah
kata yang penulisan dan pengucapannya harus sesuai dengan kaidah bahasa
Indonesia.
No.
|
Baku
|
Tidak Baku
|
1
|
aerobik
|
erobik
|
2
|
autobiografi
|
otobiografi
|
3
|
komersial
|
komersil
|
4
|
terampil
|
trampil
|
5
|
varietas
|
varitas
|
6
|
karier
|
karir
|
7
|
hierarki
|
hirarki
|
8
|
atlet
|
atlit
|
9
|
apotek
|
apotik
|
10
|
konkret/ kanker
|
konkrit/ kangker
|
11
|
kredit
|
kridit
|
12
|
antre
|
antri
|
13
|
video
|
vidio
|
14
|
sistem
|
sistim
|
15
|
nasihat, praktik
|
nasehat, praktek
|
16
|
risiko
|
resiko
|
17
|
tim
|
team
|
18
|
hakikat
|
hakekat
|
19
|
kuitansi
|
kwitansi
|
20
|
ekspor, eksportir
|
eksport, eksporir
|
21
|
standar,
standardisasi
|
standard,
standarisasi
|
22
|
aktif, teknik
|
aktiv, tehnik
|
23
|
aktivitas, aktifkan
|
aktifitas, aktivkan
|
24
|
produktif
|
produktip
|
25
|
produktivitas
|
produktifitas
|
26
|
koordinasi
|
koordinir
|
27
|
memproklamasikan
|
memproklamirkan
|
28
|
ditemukan
|
diketemukan
|
29
|
asas
|
azaz
|
30
|
asasi
|
azazi
|
31
|
jadwal
|
jadual
|
32
|
izin
|
ijin
|
33
|
diagnosis
|
diagnosa
|
34
|
analisis
|
analisa
|
35
|
silakan
|
silahkan
|
36
|
lesung pipi
|
lesung pipit
|
37
|
ubah
|
rubah
|
38
|
mengubah
|
merubah
|
39
|
mencolok
|
menyolok
|
40
|
sontek
|
contek
|
41
|
menyontek
|
mencontek
|
42
|
memesona
|
mempesona
|
43
|
mengebom
|
membom
|
44
|
mengesampingkan
|
mengenyampingkan
|
45
|
pascabayar
|
paska bayar
|
46
|
rohaniwan
|
rohaniawan
|
47
|
ilmuwan
|
ilmiawan
|
48
|
fotokopi
|
photo copy
|
49
|
fesyen
|
fasion
|
50
|
zaman
|
jaman
|
36.
Cermati teks berikut!
Masa remaja sangat identik
dengan masa yang cukup sulit karena memerlukan pendampingan yang lebih
intensif dibandingkan saat masa anak-anak. Lingkungan keluarga maupun sekolah
hendaknya menjadi pendamping dan pembimbing yang baik agar perilaku remaja
dapat terarah ke hal yang positip. Apabila masa remaja diisi dengan kegiatan
ke arah yang positif maka prestasi dan kesuksesan akan mudah diraih.
Pendidikan karakter mampu membentuk remaja hingga berprestasi
|
Perbaikan
kesalahan penggunaan ejaan dalam teks tersebut adalah ….
A.
intensiv
B.
positif
C.
kearah
D.
di bandingkan
E.
peri laku
37.
Cermati teks berikut!
Pemindahan ibu
kota bukanlah sesuatu fenomena baru banyak negara telah melakukannya seperti
Brasil Pakistan Nigeria Jerman dan baru-baru ini Israel
|
Penggunaan tanda
baca yang tepat untuk teks tersebut adalah ...
- Pemindahan ibu kota bukanlah sesuatu fenomena
baru banyak negara telah melakukannya, seperti Brasil, Pakistan, Nigeria,
Jerman, dan baru-baru ini Israel.
- Pemindahan ibu kota bukanlah sesuatu fenomena
baru banyak negara telah melakukannya, seperti Brasil Pakistan, Nigeria,
Jerman dan baru-baru ini Israel.
- Pemindahan ibu kota bukanlah sesuatu fenomena
baru, banyak negara telah melakukannya, seperti, Brasil, Pakistan,
Nigeria, Jerman dan baru-baru ini Israel.
- Pemindahan ibu kota bukanlah sesuatu fenomena
baru. Banyak negara telah melakukannya, seperti Brasil, Pakistan, Nigeria,
Jerman, dan baru-baru ini Israel.
- Pemindahan ibu kota bukanlah
sesuatu fenomena baru, banyak negara telah melakukannya seperti, Brasil,
Pakistan, Nigeria, Jerman, dan baru-baru ini Israel.
38.
Cermati teks berikut!
Bangsa
Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak akan bisa maju selama
belum memperbaiki kualitas sumber daya manusia bangsa kita. Kualitas hidup
bangsa dapat meningkat jika ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan.
Dengan sistem pendidikan yang mapan, memungkinkan kita berpikir kritis,
kreatif, inofatif, dan produktif.
|
Perbaikan
kesalahan penggunaan kata tidak baku dalam teks tersebut adalah ....
A.
kwalitas
B.
sistim
C.
kreatip
D.
inovatif
E.
produktip
39.
Cermati kalimat berikut!
“Jika Bapak dan Ibu
sekalian: membuang sampah pisahkanlah sampah basah dan sampah kering.”
perintah Pak Ahmat kepada warganya.
|
Perbaikan
tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A.
“Jika Bapak dan Ibu sekalian, membuang sampah
pisahkanlah sampah basah dan sampah kering.” perintah Pak Ahmat kepada
warganya.
B.
“Jika Bapak dan Ibu
sekalian membuang sampah, pisahkanlah sampah basah dan sampah kering!” perintah
Pak Ahmat kepada warganya.
C.
“Jika Bapak dan Ibu sekalian membuang sampah,
pisahkanlah sampah basah, dan sampah kering!” perintah Pak Ahmat kepada
warganya.
D.
“Jika Bapak, dan Ibu sekalian membuang sampah,
pisahkanlah sampah basah, dan sampah kering,” perintah Pak Ahmat kepada
warganya.
E.
“Jika Bapak, dan Ibu sekalian membuang sampah,
pisahkanlah sampah basah, dan sampah kering!” perintah Pak Ahmat kepada
warganya.
40.
Cermati teks berikut!
GLS memperkuat gerakan penumbuhan budi pekerti
sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Nomor 23 Tahun 2015. Salah satu kegiatan di dalam gerakan tersebut adalah
“kegiatan 15 menit membaca buku nonpelajaran sebelum waktu belajar dimulai”.
[....] Materi baca berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal,
nasional, dan global yang disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta
didik. Untuk itu diperlukan kerja sama semua pemangku kepentingan di bidang
pendidikan.
|
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi teks tersebut adalah …
- Nilai-nilai budi pekerti
dalam buku yang dibaca patut diketahui oleh peserta didik untuk penguatan
pendidikan karakter.
- Buku bacaan yang dibaca
berupa novel, majalah, cerpen, ada juga buku bergambar yang meninjang
pendidikan karakter.
- Kegiatan membaca sangat
disukai oleh peserta didik karena mereka bisa berpetualang secara tak
langsung melalui buku.
- Guru
jam pertama bertugas mendampingi peserta didik membaca buku dan membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam buku bacaan peserta didik
- Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca
peserta didik serta meningkatkan keterampilan
membaca agar pengetahuan dapat dikuasai secara lebih baik.
41. Cermati kalimat berikut!
Atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya ucapkan
beribu-ribu terima kasih.
|
Perbaikan kalimat tidak efektif
tersebut adalah ...
A.
Atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya ucapkan
beribu terima kasih.
B.
Atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya ucapkan
terima kasih banyak.
C.
Atas perhatian dan
kebijaksanaan Bapak, saya ucapkan terima
kasih.
D.
Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak, saya ucapkan
banyak terima kasih.
E.
Atas perhatian dan kebijaksanaan Ibu, saya ucapkan
beribu terima kasih.
42.
Cermati teks berikut!
"Dari tujuh anak mereka, adalah Sie Sie anak tertua,
gadis remaja usia enam belas. Mekar menjadi kembang daerah kumuh itu,
rambutnya panjang, tinggi semampai, berkulit putih, berlesung pipi, dan amboi
manis sekali senyumnya. Kalau kau bertemu dengan Sie di oplet, tidak akan
menyangka dia amoy dari keluarga miskin atau gadis remaja yang setiap hari
harus bekerja keras, mengurus enam adik sejak subuh buta sampai larut malam
saat adiknya yang masih bayi jatuh tertidur."
....
Sepotong
Hati yang Baru oleh Tere Liye
|
Ringkasan isi kutipan novel
tersebut adalah ...
A.
Sie Sie gadis remaja, tinggi semampai, berlesung pipi, dan manis wajahnya.
B.
Sie Sie gadis remaja, anak
tertua yang bekerja keras mengurus enam adiknya.
C.
Sie Sie gadis amoy berusia enam belas tahun, berambut
lurus, tinggi semampai.
D.
Sie Sie gadis berkulit putih yang menjadi kembang
daerah kumuh itu manis sekali.
E.
Sie Sie gadis remaja yang sering dijumpai di oplet
adalah seorang pekerja keras.
43. Cermati teks berikut!
Teks 1
|
Teks 2
|
Seorang
pemuda baru saja mendirikan bisnis kecilnya. Ia menyewa gedung yang elit
dengan perlengkapan kantor yang tertata rapi. Sembari duduk di atas kursi
kerjanya, ia melihat seorang pria sedang masuk menuju ke dalam gedung
kantornya.
Agar
tampak terlihat keren dan profesional, si pemuda tersebut kemudian mengangkat
telepon kantornya sambil berpura-pura ngobrol dengan seseorang seolah-olah ia
sedang melakukan kesepakatan bisnis dengan lawan bicaranya di telepon.
Akhirnya
setelah agak lama memakai telepon, si pemuda kemudian menyapa pria yang
datang tersebut dengan penuh percaya diri, “Apa yang bisa saya bantu,
Pak?” Tamu pria tersebut kemudian dengan santai
menjawab, “Saya ke sini untuk mengaktifkan telepon
kantor Anda yang masih off!”
|
Seorang manajer perusahaan sedang melakukan
inspeksi mendadak untuk mengecek kinerja para karyawannya. Di ujung pabrik ia
melihat seorang pekerja sedang duduk malas di pos jaga. Sang manajer kemudian
menghampiri pekerja tersebut dan bertanya, “Berapa rupiah kamu digaji
setiap minggunya?”
Pekerja tersebut kemudian menjawab, “Saya dibayar lima ratus ribu rupiah per minggu”. Dengan
agak kesal sang manajer kemudian mengambil uang dari dompetnya dan
berkata, “Ambillah uang lima ratus ribu ini, pergi
dan jangan pernah kembali lagi ke pabrik ini!”
Setelah memberikan uang, si manajer kemudian
bertanya kepada supervisor-nya, “Sudah berapa lama orang itu
bekerja di pabrik ini?” Supervisor menjawab, “Dia tidak bekerja di perusahaan kita, dia hanya seorang
pengantar pizza”. Sang Manajer, “Apa…???”
|
Perbedaan hal
yang disindir pada kedua teks anekdot
tersebut adalah ....
|
TEKS 1
|
TEKS 2
|
A
|
Seorang pemuda yang ingin terlihat
keren dan profesional
|
Seorang manajer yang melakukan
tindakan tanpa prosedur
|
B
|
Petugas telepon yang percaya diri dalam melaksanakan
pekerjaannya
|
Supervisor yang yang memberi informasi tentang pegawai
malas
|
C
|
Rekanan bisnis yang pura-pura diajak bicara oleh pemuda
|
Pengantar pizza yang beruntung mendapat uang lima ratus
ribu dari manajer
|
D
|
Seorang pemuda yang sombong berpura-pura membuka usaha
|
Seorang manajer yang bertanya kepada supervisornya
|
E
|
Petugas telepon yang membuat malu seorang pemuda
|
Seorang manajer yang menghardik pegawainya yang malas
|
44. Cermati teks berikut!
CARA MUDAH MEMBUAT BLOG GRATIS
2.
Tulis nama
blog yang ingin Anda gunakan di kolom yang muncul dan kemudian klik atau
enter buat situs web
3.
Isi kolom
formulir yang muncul secara otomatis setelah Anda menulis nama blog
4.
Pastikan
bahwa Anda mendapat tanda centang berwarna hijau dan bukan merah, tetapi jika
yang muncul adalah merah, berarti nama tersebut sudah dipakai dan Anda harus
mencari alternatif nama lain.
5.
Scroll down dan klik tombol buat blog.
6.
Lakukan
penyesuaian terhadap blog sesuai kebutuhan dan tujuan Anda.
7.
[....]
8.
Apabila
aktivasi berhasil, akun akan otomatis langsung aktif dan Anda akan menerima
email pemberitahuan.
9.
[....]
|
Langkah
prosedur yang tepat untuk mengisi bagian rumpang adalah ....
A. (7) Buka email yang Anda gunakan untuk registrasi
dan klik aktivitasi email.
(9) Blog sudah siap untuk digunakan.
B. (7) Anda
akan mendapatkan pemberitahuan melalui email.
(9) Email pun siap digunakan.
C. (7)
Tulis tujuan Anda dengan singkat dan klik aktivasasi email
(9) Aktivasi memakan waktu yang
lama
D. (7) Buka
blog Anda untuk memulai regristasi dan klik aktivasi email
(9) Registrasi siap dilakukan.
E. (7) Buka
email dan isilah blog Anda untuk regristrasi dan klik aktivasi email.
(9) Email pemberitahuan akan
dikirimkan.
45. Cermati
teks berikut!
Surat Izin Mengemudi (SIM) wajib dimiliki semua masyarakat Indonesia yang
menggunakan kendaraan bermotor, baik itu motor ataupun mobil. Sayangnya,
masih banyak orang yang enggan membuat SIM, termasuk orang yang SIM-nya
hilang. Salah satu alasannya adalah biaya yang mahal. Padahal, biaya
pembuatan SIM terjangkau, asalkan kita membuatnya melalui jalur resmi yang
sudah ditetapkan pemerintah. Memang, biaya pembuatan SIM baru naik. Akan
tetapi, kenaikannya tidaklah tinggi.
|
Perbaikan kalimat
ambigu pada teks tersebut adalah ...
A.
Memang, pembuatan SIM baru
naik biayanya.
B.
Memang, biaya pembuatan
SIM baru saja naik.
C.
Memang, SIM baru yang naik
biaya pembuatannya.
D.
Memang, baru biaya
pembuatan SIM yang naik.
E.
Memang, biaya pembuatan SIM
yang hilang akan naik.
46. Cermati teks iklan berikut!
Deterjen Kinclong ahlinya mencuci. Bandingkan kualitas
produk ini dengan yang lain. Aromanya tidak seperti deterjen lain. Satu takar
Kinclong dapat hilangkan pakaian
bernoda.
|
Perbaikan kalimat iklan tidak
logis pada teks tersebut adalah …
A.
Satu takar Kinclong dapat menghilangkan pakaian
bernoda.
B.
Kinclong dapat hilangkan pakaian bernoda.
C.
Satu takar Kinclomg dapat menghilangkan
noda pada pakaian.
D.
Satu takar Kinclong hilangkan pakaian bernoda.
E.
Percayalah, satu takar Kinclong dapat menghilangkan
pakaian bernoda.
47. Cermati teks berikut!
ada beragam objek wisata yang dapat kita kunjungi di
puncak dieng, salah satunya telaga warna. telaga ini cukup menarik jika
dibandingkan dengan telaga-telaga lain. warna telaga akan berubah-ubah bila
diterpa matahari.
|
Penggunaan huruf kapital yang tepat untuk teks
tersebut adalah ...
A.
Ada beragam Objek Wisata yang dapat kita kunjungi di
Puncak Dieng, salah satunya Telaga Warna. Telaga ini cukup menarik jika dibandingkan
dengan telaga-telaga lain. Warna telaga akan berubah-ubah bila diterpa
matahari.
B.
Ada beragam Objek Wisata yang dapat kita kunjungi di
Puncak Dieng, salah satunya Telaga Warna. Telaga ini cukup menarik jika
dibandingkan dengan Telaga-Telaga lain. Warna Telaga akan berubah-ubah bila
diterpa matahari.
C.
Ada beragam objek wisata
yang dapat kita kunjungi di Puncak Dieng, salah satunya Telaga Warna. Telaga
ini cukup menarik jika dibandingkan dengan telaga-telaga lain. Warna telaga
akan berubah-ubah bila diterpa matahari.
D.
Ada beragam objek wisata yang dapat kita kunjungi di
Puncak Dieng, salah satunya Telaga Warna. Telaga ini cukup menarik jika
dibandingkan dengan Telaga-Telaga lain. Warna Telaga akan berubah-ubah bila
diterpa matahari.
E.
Ada beragam objek wisata yang dapat kita kunjungi di
Puncak Dieng, salah satunya Telaga Warna. Telaga ini cukup menarik jika
dibandingkan dengan telaga-telaga lain. Warna Telaga akan berubah-ubah bila
diterpa matahari.
48. Cermati teks berikut!
(1)
Berbagai pengukuran dan penelitian kualitas udara
menunjukkan telah terjadi pencemaran udara di ibu kota negara ini. (2)
Pemantauan kualitas udara yang dilakukan Greenpeace Indonesia selama enam
bulan terakhir di 21 lokasi
menunjukkan bahwa kualitas udara Jakarta masuk kategori tidak sehat bagi
manusia. (3) Upaya pribadi yang dilakukan warga untuk mengurangi dampak
polusi adalah menggunakan masker yang
sebenarnya masih bisa ditembus oleh partikel polusi berukuran mikro. (4)
Lebih baik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menambah luasan ruang terbuka
hijau (RTH) untuk mengurangi pencemaran udara. (5) Persentase luasan RTH di
Jakarta saat ini baru 9,98 persen, belum memenuhi target RTH 30 persen luas
wilayah.
|
Opini penulis
pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….
A. (1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
Fakta dan Opini
Fakta :
suatu keadaan atau peristiwa yang benar-banar ada atau benar-benar terjadi.
Contoh: a. Icuk Sugiarto adalah seorang atlet pebulu tangkis Indonesia.
b. Pria kelahiran 4 Oktober ini pada tahun 1983
menjadi juara dunia.
c.
Telah terjadi gempa tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.
Opini : pendapat,
asumsi ( anggapan, perkiraan), khayalan, rencana, saran, dll.
Biasanya menggunakan
kata-kata seperti: sebaiknya, mungkin,
barangkali, menurut pendapat saya .., menurut pendapat Bapak ….
Contoh: a. Ia merasa belum memanfaatkan hidupnya secara
optimal.
b. Menurutnya, hidup harus berarti, harus
memberi manfaat untuk orang.
Opini/pandangan
penulis: pendapat penulis terhadap persoalan yang sedang dibicarakan.
49.Cermati teks berikut!
Film ini memang bukan film
dokumenter. [….] Pada adegan per adegan yang menyangkut kejadian nyata
sebaiknya disertakan lokasi dan tanggal kejadian sehingga penonton film bisa
mendapat informasi yang tepat serta bisa memahami setiap kejadian secara
runtut dan menarik. Semoga saja kelemahan-kelemahan yang ada di film ini bisa
diperbaiki oleh sineas-sineas di Indonesia.
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian
rumpang teks tersebut adalah ...
A.
Ini adalah film dokumenter perjuangan bangsa Indonesia.
B.
Akan tetapi, alangkah
baiknya jika dibuat sesuai dengan fakta sejarah.
C.
Film ini mengisahkan fakta sejarah perjuangan bangsa
Indonesia.
D.
Ini tergolong film sejarah perjuangan bangsa yang
spektakuler.
E.
Film ini mengandung banyak fakta sejarah yang menarik
perhatian penonton.
50. Cermati penulisan daftar
pustaka berikut!
Aksan, Hermawan. 2011, Proses
Kreatif Menulis Cerpen, Bandung, Nuansa. Fuadi, A.
2012. Negeri 5 Menara, Jakarta, PT
Gramedia Pustaka Utama.
Hirata, Andrea. 2011,
Padang Bulan, Jakarta, Bentang.
|
Perbaikan tanda baca pada daftar
pustaka tersebut yang tepat adalah ...
- Aksan,
Hermawan. 2011. Proses Kreatif
Menulis Cerpen. Bandung: Nuansa. Fuadi, A.
2012. Negeri 5 Menara. Jakarta:
PT Gramedia Pustaka Utama.
Hirata, Andrea. 2011.
Padang Bulan. Jakarta: Bentang.
- Aksan,
Hermawan. 2011. Proses Kreatif
Menulis Cerpen, Bandung: Nuansa
Fuadi,
A. 2012. Negeri 5 Menara, Jakarta: PT
Gramedia Pustaka Utama.
Hirata,
Andrea. 2011. Padang Bulan, Jakarta:
Bentang.
- Aksan,
Hermawan, 2011. Proses Kreatif
Menulis Cerpen. Bandung, Nuansa. Fuadi, A.
2012, Negeri 5 Menara. Jakarta,
PT Gramedia Pustaka Utama.
Hirata,
Andrea, 2011. Padang Bulan. Jakarta,
Bentang.
- Aksan,
Hermawan, 2011, Proses Kreatif
Menulis Cerpen. Bandung: Nuansa. Fuadi, A. 2012, Negeri 5 Menara, Jakarta: PT
Gramedia Pustaka Utama.
Hirata,
Andrea, 2011, Padang Bulan. Jakarta:
Bentang.
- Aksan,
Hermawan, 2011, Proses Kreatif
Menulis Cerpen. Bandung; Nuansa. Fuadi, A.
2012, Negeri 5 Menara, Jakarta;
PT Gramedia Pustaka Utama.
Strange "water hack" burns 2lbs overnight
ReplyDeleteMore than 160000 women and men are trying a simple and SECRET "liquid hack" to burn 2lbs each night in their sleep.
It is very easy and works on anybody.
Here's how to do it yourself:
1) Hold a glass and fill it half the way
2) And now learn this weight loss hack
and become 2lbs thinner the very next day!