Pilih satu jawaban yang paling
tepat!
1. Cermati daftar pustaka
berikut!
Fuadi, A. 2012, Negeri 5 Menara,
Jakarta; P.T. Gramedia Pustaka Utama.
|
Perbaikan
penggunaan tanda baca pada daftar pustaka tersebut adalah ...
A. Fuadi,
A. 2012. Negeri 5 Menara. Jakarta.
PT. Gramedia Pustaka Utama.
B. Fuadi, A.
2012. Negeri 5 Menara. Jakarta: PT
Gramedia Pustaka Utama.
C. Fuadi,
A. 2012. Negeri 5 Menara, Jakarta,
PT. Gramedia Pustaka Utama.
D. Fuadi,
A. 2012. Negeri 5 Menara. Jakarta; PT
Gramedia Pustaka Utama.
E. Fuadi.
A. 2012. Negeri 5 Menara. Jakarta:
PT. Gramedia Pustaka Utama.
2. Cermati data buku
berikut!
Judul Buku : Rindu
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Republika
Kota/Tahun : Jakarta/2014
Halaman : 17
|
Penulisan
catatan kaki yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah ...
A. Liye, Tere, 2014, Rindu, Jakarta: Republika, hlm. 17
B. Tere Liye, 2014, Rindu ( Jakarta; Republika), hlm. 17
C. Tere
Liye, Rindu (Jakarta: Rebuplika, 2014), hlm. 17.
D. Tere Liye, Rindu
(Jakarta: Rebuplika, 2014). Hlm. 17.
E. Tere Liye, Rindu
(Jakarta: Rebuplika, 2014), halaman. 17.
3.
Cermati teks berikut!
Manfaat kegiatan posyandu adalah sebagai sarana pemantau pertumbuhan anak imunisasi dan pemberian makanan tambahan
jelas dr Kusno Wijaya kepada masyarakat setempat
|
A. “Manfaat
kegiatan posyandu adalah sebagai sarana pemantau pertumbuhan anak,
imunisasi, dan pemberian makanan
tambahan,” jelas dr Kusno Wijaya kepada
masyarakat setempat.
B. “Manfaat
kegiatan posyandu adalah sebagai sarana pemantau pertumbuhan anak,
imunisasi, dan pemberian makanan
tambahan.” jelas dr. Kusno Wijaya kepada
masyarakat setempat.
C. “Manfaat
kegiatan posyandu adalah sebagai sarana pemantau pertumbuhan anak,
imunisasi,
dan pemberian makanan tambahan”, jelas dr. Kusno Wijaya kepada masyarakat
setempat.
D. “Manfaat kegiatan posyandu adalah
sebagai sarana pemantau pertumbuhan
anak,
imunisasi, dan pemberian makanan tambahan,” jelas dr. Kusno
Wijaya kepada masyarakat
setempat.
E. “Manfaat
kegiatan posyandu adalah sebagai sarana pemantau pertumbuhan anak,
imunisasi dan pemberian makanan
tambahan,” jelas dr. Kusno Wijaya kepada
masyarakat setempat.
4. Cermati kalimat
berikut!
Ketika tanaman hias itu berbunga taman terlihat
indah
karena warna warni bunganya yang cantik
|
Penggunaan
tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A. Ketika
tanaman hias itu berbunga, taman terlihat indah, karena warna warni bunganya
yang cantik.
B. Ketika
tanaman hias itu berbunga, taman terlihat indah karena warna warni bunganya yang cantik.
C. Ketika
tanaman hias itu berbunga, taman terlihat indah karena warna-warni bunganya
yang cantik.
D. Ketika
tanaman hias itu berbunga taman terlihat indah, karena warna-warni bunganya
yang cantik.
E. Ketika
tanaman hias itu berbunga. taman terlihat indah, karena warna-warni bunganya
yang cantik.
5. Cermati alamat surat
berikut!
Yth: Suaib Hasan.
SH.
Pimpinan PT. Khatulistiwa
Jalan Tanah Abang V
No. 125
Jakarta Pusat.
|
Perbaikan penggunaan
tanda baca yang salah pada penulisan alamat surat tersebut adalah ....
A. Yth: Suaib Hasan. S.H.
Pimpinan PT Khatulistiwa
Jalan Tanah Abang V No. 125
Jakarta Pusat
B. Yth.
Suaib Hasan, S.H.
Pimpinan PT Khatulistiwa
Jalan Tanah Abang V No. 125
Jakarta Pusat
C. Yth: Suaib Hasan, S.H.
Pimpinan PT. Khatulistiwa
Jalan Tanah Abang V No. 125
Jakarta Pusat
D. Yth. Suaib Hasan, SH.
Pimpinan PT. Khatulistiwa
Jalan Tanah Abang V No. 125
Jakarta Pusat
E. Yth. Suaib Hasan, SH.
Pimpinan PT Khatulistiwa
Jalan Tanah Abang V No. 125
Jakarta Pusat.
6. Cermati
alamat surat berikut!
Yth. Delvin Fahrizki, S.E.
Kepala Bagian Personalia PT Cinta
Kasih
Jalan Gandaria Selatan No. 115
Jakarta Barat.
|
Kesalahan
penggunaan tanda baca pada penulisan alamat surat tersebut adalah ....
A. Setelah
singkatan kata yang terhormat,
menggunakan tanda titik satu
B. Di
antara nama orang dan gelar akademik menggunakan tanda koma
C. Setelah
singkatan PT, tidak menggunakan tanda titik
D. Penggunaan
tanda titik pada singkatan gelar akademik
E. Penggunaan
tanda titik setelah kata Jakarta Barat
7. Cermati teks berikut!
(1) Setiap
akhir semester siswa SMK mengadakan
pertandingan antar kelas. (2)
Mereka dengan sukacita
melaksanakannya. (3) Kegiatan ektrakurikuler
tersebut dilaksanakan dalam rangka mendukung program sekolah. (4)
Pertandingan dipandu oleh guru olahraga
dan pengurus OSIS. (5) Selesai pertandingan, pengurus OSIS harus membuat
laporan pertanggungjawaban.
|
Penulisan
kata yang tidak sesuai dengan ejaan
bahasa Indonesia terdapat pada
kalimat
nomor ....
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E.
(5)
8. Cermati teks berikut!
Bahasa Indonesia yang digunakan sekarang
berasal dari bahasa Melayu. Bahasa tersebut sejak lama digunakan sebagai
bahasa perantara atau bahasa pergaulan. Bahasa tersebut digunakan diseluruh
Asia tenggara. Hal ini di perkuat dengan di temukannya prasasti-prasasti kuno
yang ditulis dengan bahasa Melayu.
|
Kata yang penulisannya
sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia pada teks tersebut adalah ....
A. Asia
tenggara
B. diseluruh
C. di
perkuat
D. bahasa
Melayu
E. di
temukannya
9. Cermati teks berikut!
(1)Ketombe adalah salah satu penyebab kerontokan rambut. (2) Jika
masalah ketombe ini tidak segera diatasi dengan baik, masalah ini akan
mengakibatkan kebotakan. (3) Ketombe pun dapat membuat seseorang menjadi
resah karena rasa gatal yang setiap saat menyerang. (4) Jika Anda berketombe,
Anda tidak perlu khawatir karena ada obat anti ketombe PODO, yang dapat
menghilangkan ketombe. (5) Aman dipakai dan dalam waktu singkat dapat
menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala, serta dapat mencegah kerontokan
rambut.
|
Kata yang penulisannya
tidak sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E.
(5)
10. Cermati kalimat-kalimat
berikut!
(1)
Ayahnya bernama
Prof. Dr. Ahmad Syarif.
(2)
Ayahnya mantan
Gubernur, ibunya mantan Lurah.
(3)
Walaupun
keturunan bangsawan, dia tidak mau dipanggil Raden.
(4)
Kedua
orang Saudaranya bekerja
sebagai pembersih sungai Ciliwung.
(5)
Ibu membeli pisang
Ambon, pisang Lampung, dan pisang Raja.
|
Kata yang penulisannya sesuai dengan
ejaan bahasa Indonesia terdapat pada kalimat
nomor ....
A. (1) B.(2) C. (3) D.(4) E.(5)
11. Cermati kata-kata
berikut!
(1)
uji cobakan
(2)
nirkabel
(3)
antarprovinsi
(4)
pasca banjir
(5)
berterima kasih
|
Kata yang penulisannya tidak sesuai
dengan ejaan bahasa Indonesia ditandai dengan nomor ....
A. (1) B.(2) C. (3) D.(4) E.(5)
12. Cermati judul berikut!
Pembudidayaan Ikan
Hias dan pemasarannya.
|
Penulisan judul yang tepat adalah ....
A.
PEMBUDIDAYAAN IKAN HIAS
dan PEMASARANNYA.
B.
Pembudidayaan Ikan Hias
Dan Pemasarannya.
C.
Pembudidayaan
Ikan Hias dan Pemasarannya
D.
Pembudi Dayaan Ikan
Hias dan Pemasarannya
E.
Pembudidayaan ikan hias
dan pemasarannya
13. Cermati teks berikut!
(1) Pak Indra, orang yang suka berolahraga, baru saja
membeli sebuah mobil. (2) Mobil itu
dibeli dengan cara kredit karena ia lebih suka menyicil daripada membayar
penuh. (3) Mobil itu digunakan
untuk bekerja dan mengantar jemput
anak-anaknya ke sekolah. (4) Pak
Indra sangat memperhatikan perawatan
mobilnya. (5) Mobil itu akan menjadi miliknya setelah dua tahun cicilan.
Kata yang penulisannya
tidak sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5)
14. Cermati kalimat
berikut!
Pemilik
lahan yang tengah mengajukan gugatan mempertanyakan proses konsinyasi yang
ditempuh pemerintah.
|
Inti kalimat tersebut yang tepat
adalah ...
A. Pemilik lahan mengajukan gugatan ke
pemerintah.
B. Pemilik lahan mengajukan proses
konsinyasi.
C. Pemilik
lahan mempertanyakan proses konsinyasi.
D. Pemilik
lahan mempertanyakan konsinyasi pemerintah.
E. Pemerintah mengajukan gugatan kepada pemilik lahan.
15. Cermati
kalimat berikut!
Pada liburan tahun ini Ibu Anisa mengajak anak-anaknya untuk berlibur ke
luar kota karena uang tabungannya yang disimpan di bank cukup untuk mereka
pergi ke sana.
|
Inti kalimat
tersebut yang tepat adalah ...
A.
Ibu Anisa mengajak anak-anaknya.
B.
Ibu Anisa berlibur
ke luar kota.
C.
Uang Ibu Anisa
disimpan di bank.
D.
Mereka pergi ke
sana.
E.
Tahun ini keluarga
Ibu Anisa berlibur.
16. Cermati teks berikut!
(1)
Setelah melakukan
aktivitas olahraga cukup berat, Anda tidak disarankan menyelesaikan olahraga
tanpa pendinginan. (2) Gerakan pendinginan dilakukan agar supaya jantung yang
dipicu berdetak dengan cepat saat melakukan olahraga tidak menjadi pelan
secara tiba-tiba. (3) Ahli olahraga menyarankan untuk melakukan peregangan
setelah pendinginan. (4) Lakukan peregangan sederhana jika olahraga yang Anda
lakukan termasuk kategori ringan. (5) Peregangan dapat mengurangi penumpukan
asam laktat dan dapat membantu Anda bergerak lebih fleksibel serta nyaman.
|
Kalimat tidak efektif pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) B. (2) C.
(3) D. (4) E. (5)
17. Cermati
teks berikut!
Manusia mendambakan hidup
sehat. Kesehatan adalah merupakan
salah satu kebutuhan dasar daripada manusia di samping kebutuhan yang mana
disebut sandang, pangan, dan papan. Hanya dengan kondisi kesehatan yang
baik serta tubuh yang prima, manusia dapat melaksanakan aktivitas kehidupan
dengan baik.
|
Perbaikan kalimat yang
dicetak miring menjadi kalimat
efektif dalam teks tersebut
adalah …
A. Kesehatan
yang mana merupakan salah satu kebutuhan dasar daripada
manusia di samping kebutuhan sandang,
pangan, dan papan.
B. Kesehatan
merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia di samping
kebutuhan daripada sandang, pangan, dan
papan.
C. Kesehatan
merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia di samping
kebutuhan
sandang, pangan, dan papan.
D. Kesehatan
merupakan salah satu kebutuhan daripada manusia di samping yang
disebut sandang, pangan, dan papan.
E.
Kesehatan merupakan
salah satu di mana kebutuhan dasar daripada manusia
seperti sandang, pangan, dan papan.
18. Cermati teks berikut!
(1)
(1) Berhati-hatilah jika Anda membeli
perhiasan. (2) Saat ini banyak perhiasan yang terbuat dari emas tiruan. (3)
Luarnya emas, tetapi dalamnya kuningan. (4) Warnanya sama-sama kuning
mengkilat. (5) Banyak orang yang tidak dapat membedakan antara kuningan dan
emas sehingga banyak yang tertipu.
|
Kalimat
yang menyatakan hubungan sebab-akibat pada teks tersebut ditandai dengan
nomor
....
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E.
(5)
19. Cermati teks
berikut!
(1) Karena perbedaan temperatur di atmosfer, uap berubah menjadi air.
(2) Temperatur yang berada
di bawah titik beku (freezing point)
mengakibatkan kristal es terbentuk. (3) Butir-butir air terjadi karena
tetesan air kecil (tiny droplet)
yang timbul akibat kondensasi berbenturan dengan tetesan air lainnya dan
terbawa oleh gerakan udara. (4) Adanya
gravitasi menyebabkan butir-butir air itu turun ke bumi, yang disebut dengan
hujan atau presipitasi. (5) Jika temperatur udara turun sampai di bawah 0º
Celcius, butiran air akan berubah menjadi salju.
|
Kalimat yang
menyatakan hubungan akibat-sebab pada teks tersebut ditandai dengan
nomor ....
A.
(1) B.
(2) C. (3) D. (4) E. (5)
20. Cermati teks berikut!
(1) Menggunakan media sosial untuk menambah wawasan itu
perlu. (2) Akan tetapi, kita jangan
sibuk sendiri bermedia sosial. (3)
Karena sibuknya dengan media sosial, kita tidak peduli lagi dengan lingkungan
terdekat. (4) Kita lebih akrab dengan kawan yang berjarak jauh daripada
dengan saudara dan teman yang dekat secara fisik. (5) Akhirnya, kita
kesulitan merasakan kebahagiaan yang sebenarnya ada di sekitar kita.
|
Kalimat yang menyatakan
hubungan perbandingan pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) B. (2) C. (3) D.
(4) E. (5)
21. Cermati teks
berikut!
(1) Hukum merupakan
sistem penting yang pelaksanaannya meliputi berbagai bidang. (2) Bidang
tersebut antara lain hukum publik, hukum pribadi, hukum acara, hukum tata
usaha negara, dan lain-lain. (3) Adanya supremasi hukum akan jauh lebih baik
dibandingkan peraturan tirani yang merajalela. (4) Penegakan supremasi hukum
bergantung pada kejujuran para penegak hukum itu sendiri. (5) Apabila para
penegak hukum menaati hukum,
masyarakat akan terpacu untuk menaati pula.
|
Kalimat yang menyatakan hubungan perbandingan
pada teks tersebut ditandai
dengan
nomor ....
A.
(1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5)
22. Cermati teks
berikut!
(1) Setelah
menjadi pusat pengembangan mangrove wilayah barat Indonesia 2015, kawasan
Karangsong, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, kini menjadi pusat penelitian
mangrove. (2) Programnya adalah pelestarian mangrove, konservasi
keanekaragaman hayati, ekowisata, perubahan iklim, dan pemberdayaan
manyarakat. (3) Hal itu dideklarasikan Balitbang dan Inovasi KLHK bersama
Pemerintah Kabupaten Indramayu, Sabtu (28/10), di Karangsong. (4) Penetapan
Karangsong sebagai pusat penelitian mangrove karena warga yang tergabung
dalam Kelompak Pantai Lestari sudah
menangani abrasi satu dekade lalu. (5) Hasil penelitian di Karangsong terkait
keanekaragaman hayati, ekowisata hingga pemberdayaan masyarakat akan
ditularkan ke daerah pesisir lain.
|
Kalimat
opini yang terdapat dalam teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A.
(1) B. (2) C. (3) D. (4) E.
(5)
23. Cermati teks berikut!
(1) Berbagai
pengukuran dan penelitian kualitas udara menunjukkan telah terjadi pencemaran
udara di ibu kota negara ini. (2) Pemantauan kualitas udara yang dilakukan
Greenpeace Indonesia selama enam bulan terakhir di 21 lokasi menunjukkan bahwa kualitas
udara Jakarta masuk kategori tidak sehat bagi manusia. (3) Upaya pribadi yang
dilakukan warga untuk mengurangi dampak polusi adalah menggunakan masker yang sebenarnya masih
bisa ditembus oleh partikel polusi berukuran mikro. (4) Lebih baik Pemerintah
Provinsi DKI Jakarta menambah luasan ruang terbuka hijau (RTH) untuk mengurangi
pencemaran udara. (5) Persentase luasan RTH di Jakarta saat ini baru 9,98
persen, belum memenuhi target RTH 30 persen luas wilayah.
|
Opini
penulis pada teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A.
(1) B.
(2) C. (3) D. (4) E. (5)
24. Cermati teks
berikut!
(1) “Sang
Pemimpi” tidak hanya berbicara
masalah mimpi, tetapi juga bercerita tentang kebijaksanaan seorang ayah yang luar biasa. (2) Walaupun dalam
keterbatasan, sang ayah terus-menerus mendukung mimpi anaknya. (3) Keadaan
ini membuat cerita semakin seru dan mengharukan. (4) Seorang ayah yang sangat
sabar dan seorang anak yang menghormati
ayahnya menjadi penyempurna film ini. (5) “Sang Pemimpi” ini sangat
layak ditonton oleh para remaja.
|
Kalimat
simpleks pada kutipan teks ulasan tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) B.
(2) C. (3) D. (4) E. (5)
25. Cermati teks berikut!
Sebagian
besar masyarakat belum berpikir untuk memanfaatkan lahan sempit di sekitar rumah sebagai lahan
tanaman obat keluarga (toga). Lahan sempit tersebut justru hanya ditanami
rumput, tanaman bunga, dan aneka tanaman hias lainnya. Berbagai jenis tanaman
di lahan sempit pun sekadar memenuhi pandangan mata, yaitu asri, sejuk, dan
teduh. Padahal, lahan sempit tersebut akan lebih bermanfaat apabila ditanami
tanaman obat keluarga, tanaman banyak khasiat. Selain berkhasiat, tanaman
obat juga bernilai jual .
|
Ringkasan
teks tersebut adalah ...
A. Berbagai
jenis tanaman yang ditanam di lahan sempit hanya untuk menyegarkan pandangan
dan menciptakan udara sejuk.
B. Sebagian
besar masyarakat memanfaatkan lahan sempit di sekitar rumah untuk menanam
tanaman obat keluarga dan tanaman hias.
C. Sebagian
besar masyarakat belum memanfaatkan lahan sempit di sekitar rumah untuk menanam
tanaman obat keluarga yang juga bernilai
jual.
D. Sebagian
besar masyarakat memanfaatkan lahan sempit di sekitar rumah untuk menanam
tanaman hias dan toga yang bernilai jual.
E. Selain
untuk keindahan, berbagai jenis tanaman hias yang ditanam di lahan sempit juga
bernilai jual.
26. Cermati teks berikut!
Bandung sengaja dibakar oleh Tentara Republik
Indonesia (TRI) dan rakyat dengan maksud agar Sekutu tidak dapat menempatinya
lagi. Di sana-sini asap hitam mengepul membubung tinggi di udara. Semua
listrik mati. Inggris mulai menyerang sehingga pertempuran sengit terjadi.
Pertempuran yang paling seru terjadi di Desa Dayeuhkolot, sebelah selatan
Bandung. Di sana terdapat pabrik mesiu
yang besar milik Sekutu. TRI bermaksud menghancurkan gudang mesiu tersebut.
Untuk itu diutuslah pemuda Muhammad Toha dan Ramdan.
Kedua pemuda itu berhasil meledakkan gudang tersebut dengan granat tangan.
Gudang besar itu meledak dan terbakar, tetapi kedua pemuda itu pun ikut
terbakar di dalamnya. Staf pemerintahan kota Bandung pada mulanya akan tetap
tinggal di dalam kota. Akan tetapi, demi keselamatan, pada pukul 21.00 staf
pemerintahan ikut ke luar kota. Sejak saat itu, kurang lebih pukul 24.00,
Bandung Selatan telah kosong dari penduduk dan TRI. Akan tetapi, api masih
membubung membakar kota dan Bandung pun berubah menjadi lautan api.
|
Ringkasan teks tersebut yang tepat adalah ....
A. Bandung sengaja dibakar oleh Tentara Republik
Indonesia (TRI) dan rakyat dengan maksud agar Sekutu tidak dapat menempatinya
lagi dan gudang besar milik Inggris meledak dan terbakar maka Bandung pun
menjadi lautan api.
B. Bandung dibakar oleh Tentara Republik Indonesia (TRI) dan
rakyat, kemudian Muhammad Toha dan Ramdan meledakkan gudang mesiu dan mereka
pun ikut terbakar lalu Bandung dikosongkan sementara api masih membubung dan
Bandung pun menjadi lautan api.
C. TRI bermaksud akan membakar gudang mesiu maka
diutuslah pemuda Muhammad Toha dan Ramdan. Kedua pemuda itu berhasil meledakkan
gudang tersebut dengan granat tangan. Gudang besar itu meledak dan terbakar,
tetapi kedua pemuda itu pun ikut terbakar di dalamnya.
D. Bandung sengaja dibakar oleh Tentara Republik
Indonesia (TRI) dan rakyat yang mengakibatkan semua listrik mati lalu Inggris
mulai menyerang sehingga pertempuran sengit terjadi. Pertempuran yang paling
seru terjadi di Desa Dayeuhkolot, sebelah selatan Bandung.
E. Sejak Bandung dibakar oleh Sekutu, kurang lebih pukul
24.00, Bandung Selatan telah kosong dari penduduk dan TRI, tetapi api masih
membubung membakar kota dan Bandung pun berubah menjadi lautan api.
27. Cermati teks berikut!
Wilayah Asia Tenggara selama 300 tahun telah menjadi fokus negara-negara Eropa dalam upaya mengontrol perdagangan rempah-rempah.
Salah satunya adalah Kebun Raya Bogor (KRB). KRB telah memainkan peranan
penting dalam riset tanaman rempah dan tumbuhan lainnya. Dari 900 tumbuhan
yang ditanam kini telah mencapai 4.021 jenis tumbuhan. Jika dulu Belanda
mengembangkan KRB sebagai tempat untuk adaptasi dan aklamasi tanaman dari
luar, kini fungsinya telah bertambah menjadi fungsi pendidikan dan rekreasi.
|
Ringkasan teks yang sesuai dengan paragraf
tersebut adalah ….
A.
Kebun
Raya Bogor telah lama memainkan peranan penting dalam riset tanaman
rempah dan
tumbuhan, serta berfungsi sebagai tempat adaptasi, aklamasi
tanaman,
pendidikan, dan rekreasi
B.
Peranan bangsa Eropa dalam
menguasai perdagangan rempah-rempah di Asia
Tenggara sangar
kuat dengan dibangunnya Kebun Raya Bogor sebagai tempat
adaptasi dan
aklamasi tanaman
C.
Tanpa adanya Kebun Raya
Bogor, perdagangan rempah-rempah di wilayah Asia
Tenggara menjadi
lancar. Kebun Raya Bogor berubah fungsi sebagai tempat
rekreasi dan
pendidikan
D.
Kebun Raya Bogor
dibangun pada masa penjajahan Belanda dengan tujuan
untuk rekreasi dan pendidikan bagi
anak-anak yang bersekolah
di negeri Belanda
E.
Tanaman-tanaman asli
Indonesia perlu diadaptasi dan diaklamasikan dengan
sehingga mampu
tumbuh dan berkembang dengan baik untuk melengkapi
koleksi Kebun Raya Bogor
28. Cermati kutipan cerpen
berikut!
Tetapi, itulah hari naas bagi kami. Hari neraka bagi aku dan
saudara-saudaraku. Kerana ternyata ayah ibu tidak kembali bernapas di dada,
tetapi hanya nama bersama remuk redam. Ayah ibu telah menjadi korban lalu
lintas kota Jakarta. Saat sepeda motor ayah akan dibelokkan ke arah kanan, ke
kantor tempat ayah harus menerima surat pengangkatan itu, sebuah truk melaju
dan menabrak kendaraan yang dikendarai ayah.
Kukuatkan hati dan kukuatkan jiwa
adik-adikku. Saat liang lahat ditutup dengan tanah merah terakhir dan di saat
bunga ditaburkan tanda usainya pemakaman, tahulah aku bahwa aku tidak
bermimpi. Kami telah menjadi anak yatim
piatu dan kami harus bisa melangkah sendiri.
|
Ringkasan yang sesuai dengan kutipan
teks tersebut adalah ...
A. Hari
itu kami bagaikan di neraka karena harus kehilangan orang tua dan menjadi yatim
piatu.
B. Kami
menjadi anak-anak yatim piatu karena kami kehilangan orang tua akibat
kecelakaan yang menimpa ayah kami.
C. Orang
tua kami meninggal karena kecelakaan sehingga kami menjadi anak-anak yatim
piatu yang harus berjuang sendiri.
D. Kami
kehilangan ayah dan ibu karena kecelakaan lalu lintas yang menimpa orang tua
kami.
E. Kami
harus menjadi yatim piatu karena kecelakaan naas itu, dan kini kami hidup
sebatang kara.
29. Cermati teks berikut!
(1)Anggaran riset di
negara kita sangat kecil. (2) Hal ini tercermin dari keterbatasan sarana dan
prasarana riset di sejumlah lembaga. (3) Keterbatasan itu bukan hanya pada
peralatan penelitian yang mahal dan berteknologi tinggi melainkan juga pada
infrastruktur dasar seperti listrik. (4) Jika daya listrik dinaikkan, Puslit
Biomaterial LIPI tidak akan sanggup membayar tagihan listrik yang saat ini
berkisar Rp25 juta hingga RP30 juta per bulan. (5) Padahal, 80 persen riset
di sana sangat bergantung pada pasokan listrik.
|
Kalimat
simpulan teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) B. (2) C. (3) D.
(4) E.(5)
30. Cermati teks berikut!
(1)
Semua siswa kelas X
SMK Karunia membuat laporan kunjungan ke museum.
(2)
Semua siswa kelas XI
SMK Karunia membuat laporan buku.
(3)
Semua siswa kelas XII
SMK Karunia membuat laporan PKL.
|
Simpulan teks tersebut adalah ...
A. Hanya
siswa kelas X yang membuat laporan.
B. Seluruh
siswa SMK Karunia membuat laporan.
C. Semua
siswa kelas XII SMK Karunia membuat laporan buku.
D. Tidak
satu pun siswa SMK Karunia yang membuat laporan kunjungan.
E. Tidak
satu pun siswa kelas XI SMK Karunia yang tidak membuat buku.
31. Cermati teks berikut!
(1) Taman
di sekolah kami sangat indah. (2) Bunga-bunga tumbuh bermekaran. (3)
Rumput tampak hijau dan segar. (4) Semua tanaman
tertata rapi. (5) Selain itu, warna-warni bunga membuat taman itu semakin
indah.
|
Kalimat simpulan teks tersebut ditandai
dengan nomor ….
A. (1)
B. (2) C. (3) D.
(4) E. (5)
32. Cermati teks berikut!
(1) Besi
termasuk logam kalau dipanaskan akan memuai. (2) Seng juga termasuk
logam kalau dipanaskan akan memuai. (3) Emas juga
logam kalau dimanaskan akan memuai.(4)
Begitu juga timah temasuk logan dan kalau dipanaskan akan memuai. (5)
Jadi, semua logam kalau dipanaskan akan memuai.
|
Kalimat simpulan teks tersebut ditandai
dengan nomor ….
A. (1)
B. (2) C. (3) D.
(4) E. (5)
33. Cermati teks berikut!
Untuk melakukan olahraga
terjun payung diperlukan payung atau parasut. Harga sebuah parasut bisa
mencapai lima juta rupiah. Untuk terjun dari udara diperlukan pesawat terbang
yang menerbangkan para penerjun dari ketinggian. Menyewa pesawat itu tidaklah murah. [ .... ]
|
Kalimat simpulan untuk
melengkapi teks tersebut adalah ...
A.
Setiap
penerjun payung harus memiliki pesawat.
B.
Jadi,
olahraga terjun
payung termasuk olahraga mahal.
C.
Jadi, harga perlengkapan olahraga terjun
payung tidak terlalu mahal.
D.
Dengan demikian, setiap olahragawan
harus mempunyai pesawat.
E.
Olahraga
terjun
payung hanya untuk orang yang berani dengan ketinggian.
34. Cermati teks
berikut!
Kemiri
telah lama dikenal masyarakat sebagai tanaman rempah yang dimanfaatkan untuk
bumbu dapur. Kemiri mengandung zat kimia, seperti gliserin, asam linoleat,
dan protein, serta vitamin B1. Oleh karena itu, kemiri juga berhasiat sebagai
penguat dan penyubur rambut. Yang belum dikenal secara luas tentang kemiri
adalah bahwa kemiri dapat digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit.
Penyakit yang dapat diatasi dengan kemiri, antara lain demam, diare,
sariawan, sakit gigi, dan bisul. Dengan demikian, kemiri juga bermanfaat
sebagai obat.
|
Simpulan teks tersebut adalah ...
A. Selain
untuk bumbu dapur, kemiri bermanfaat untuk obat.
B. Kemiri dapat menyembuhkan penyakit yang belum dikenal.
C. Kemiri hanya bermanfaat untuk obat diare dan penyubur
rambut.
D. Kemiri mengandung zat kimia yang bermanfaat untuk
penghitam rambut.
E. Penyakit yang dapat disembuhkan dengan kemiri adalah
bisul dan sakit kepala.
35. Cermati teks
berikut!
Salah satu cara untuk
mengurangi pencemaran lingkungan adalah dengan mengubah bahan pencemar itu
menjadi sesuatu yang bermanfaat. Plastik bekas kemasan diubah menjadi tas.
Sampah dapur diubah menjadi kompos. Bahkan, abu terbang limbah pabrik pun
dapat diubah menjadi batu bata.
|
Simpulan teks tersebut adalah ...
A. Sampah dapur dan batu bata termasuk bahan pencemar
lingkungan.
B. Bahan
pencemar lingkungan dapat dibuat sesuatu yang bermanfaat.
C. Cara-cara untuk mengatasi pencemaran lingkungan
D. Pembuatan barang dari bahan pencemar lingkungan.
E. Pembuatan kompos dari sampah dapur.
36. Cermati kutipan novel
berikut!
Sampai di
rumah, ia mengambil pacul dan dulang milik ayahnya dulu, lalu segera kembali
ke danau. Ia menyingsingkan lengan baju, turun ke bantaran, dan mulai
menggali lumpur. Ia terus menggali dan menggali. Ia berkecipak seperti orang
kesurupan. Keringatnya bercucuran, tubuhnya berlumur lumpur. Ia mengumpulkan
galiannya dalam dulang, mengisinya dengan air, dan mengayak-ayaknya. Sore
itu, pendulang timah perempuan pertama di dunia, telah lahir
|
Simpulan kutipan novel tersebut
adalah ....
A. perempuan
pendulang lumpur
B. kekuatan
seorang perempuan
C. semangat
perempuan mencari kerja
D. kerja
keras perempuan pendulang timah
E. perempuan-perempuan
bersemangat baja
37. Cermati teks berikut!
Sejak masa Orde Baru hingga saat ini, kebijakan pemerintah terhadap
masuknya tenaga kerja asing (TKA) ke Indonesia pada dasarnya tetap konsisten,
yaitu bersifat selektif terhadap jabatan-jabatan tertentu yang memang belum
memungkinkan diisi oleh tenaga-tenaga kerja dari Indonesia. Di samping itu,
untuk penempatan TKA tersebut perusahaan harus mendapatkan izin terlebih dulu
dari menteri. Ini semua dilandasi oleh semangat sebagaimana diamanatkan dalam
UU No. 3/1958, yaitu “… menjamin bagian yang layak dari kesempatan kerja di
Indonesia bagi warga Indonesia ….”
|
Ide
pokok teks tersebut adalah ....
A. jabatan-jabatan
yang diduduki tenaga kerja asing
B. kebijakan
pemerintah terhadap
tenaga kerja asing
C. jenis
jabatan yang diduduki tenaga kerja Indonesia
D. konsistensi
kebijakan perusahaan asing di Indonesia
E. perizinan
penempatan tenaga kerja di perusahaan asing
38. Cermati kutipan novel
berikut!
(1) Tak lama kemudian terdengarlah olehnya suara napas penghabisan terhembus
dari dalam kamar
ayahnya. ....(2) Ayahnya sudah tak ada lagi. (3) Hayat telah terbang
meninggalkan raga laksana burung lepas dari kurungan.
|
Majas yang terdapat dalam kalimat
nomor (3) pada kutipan novel tersebut adalah ....
A. retorik
B. anafora
C. asosiasi
D. antonomasia
E. antiklimaks
39. Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1)
Apabila berkunjung di
kawasan itu, wisatawan dapat menikmati pesona pemandangan alam yang
berbukit-bukit.
(2)
Sumber air panas ini
merupakan potensi utama di kawasan Cagar Alam Guci.
(3)
Cagar Alam Guci
terletak di Desa Rembul, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal.
(4)
Luas cagar alam ini
2,0 hektare dan berada pada ketinggian lebih kurang 1.250 m di atas permukan
air laut.
(5)
Selain itu, wisatawan
dapat menikmati sumber air panas alam.
|
Urutan
kalimat tersebut yang tepat agar menjadi paragraf yang padu adalah ...
A. (1),
(2), (5), (3), (4) D. (4),
(1), (2), (3), (5)
B. (3),
(4), (1), (5), (2) E. (5),
(2), (1), (4), (3)
C. (2),
(5), (3), (4), (1)
40. Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1)
Arang ini dapat diperoleh dari pembakaran
zat-zat tertentu, seperti ampas tahu, tempurung kelapa, dan tongkol jagung.
(2)
Arang aktif adalah sejenis arang yang
diperoleh dari suatu pembakaran yang mempunyai sifat tidak larut dalam air.
(3)
Industri yang menggunakan arang aktif adalah
industri kimia dan farmasi, seperti pekerjaan menghilangkan bau yang tidak
murni dan menguapkan zat yang tidak perlu.
(4)
Jenis arang ini digunakan dalam beberapa
industri pangan dan nonpangan.
|
Urutan kalimat yang tepat agar menjadi
paragraf yang padu adalah ....
A.
(2), (1), (4), (3) D.
(4), (2), (3), (1)
B. (2), (4), (1), (3) E. (4), (3), (2), (1)
C. (3), (4), (1), (2)
41. Cermati kalimat-kalimat kutipan
cerpen berikut!
(1)
Di tiap bandul pagar kulihat ibu yang
selama ini bersusah payah membesarkan aku dan adik-adikku seorang diri.
(2)
Aspal
dingin.
(3)
Walau harus bekerja keras, yang membuatnya
lelah dan letih, dia tetap tersenyum
di hadapan kami.
(4)
Lampu jalan samar-samar menerangi pagar-pagar besi pinggir jalan.
(5)
Di bawah hujan deras aku berjalan tanpa alas kaki.
|
Urutan
kalimat kutipan cerpen tersebut yang tepat adalah ....
A. (1),
(3), (2), (5), (4) D. (5),
(2), (1), (3), (4)
B. (1),
(4), (3), (2), (5) E. (5),
(2), (4), (1), (3)
C. (2),
(5), (4), (3), (1)
42. Cermati teks berikut!
Saat ini banyak produk dengan kandungan bahan
berbahaya mengancam konsumen. Makanan dan minuman dengan kemasan adalah
produk yang potensial mengandung bahan berbahaya tersebut. Produk ini
biasanya produk yang tidak memiliki izin edar di pasaran. Kondisi ini
merisaukan masyarakat. Untuk itu, masyarakat perlu waspada mengonsumsi makanan dan
minuman dengan kemasan menarik.
|
Tanggapan
positif terhadap isi teks tersebut
adalah ...
A.
Produk kemasan hingga saat ini belum dapat
diselesaikan masalahnya.
B.
Makanan dan minuman dalam kemasan selalu akan
meresahkan masyarakat.
C.
Produk dengan kemasan yang menarik tidak akan
mengubah pendapat masyarakat.
D.
Imbauan
untuk waspada mengonsumsi makanan/minuman kemasan sangat tepat.
E.
Masyarakat akan tetap dirisaukan oleh produk
makanan/minuman dalam kemasan.
43.
Cermati
teks berikut!
Perajin
kain songket tradisional Minangkabau, Sumatra Barat, bertahan dengan motif
kuno berusia ratusan tahun. Perajin memunculkan kembali motif kuno dari
songket tua yang tersimpan. Untuk menjaga keaslian produk, perajin
menggunakan alat songket bukan mesin.
|
Tanggapan logis terhadap teks tersebut adalah ...
A. Mesin tidak cocok untuk kain songket.
B. Jenis songket tua yang tersimpan kembali
dimunculkan.
C. Motif kuno yang dipertahankan perajin berusia
ratusan tahun.
D. Perajin kain songket tradisional Minangkabau
bertahan pada motif kuno.
E. Untuk menjaga keaslian produk, penggunaan alat
songket perlu dipertahankan.
44. Cermati gagasan pokok dan gagasan penjelas berikut!
Gagasan pokok: Kemacetan
di Jakarta
Gagasan penjelas:
(1)
Jumlah armada yang
banyak
(2)
Kedisiplinan para
pengendara
(3)
Petugas yang
bertindak tegas
(4)
Ketidakseimbangan
jumlah armada dengan ruas jalan
(5)
Banyak tempat yang
memunculkan gangguan lalu lintas
|
Gagasan
penjelas yang tidak sesuai dengan gagasan pokok ditandai dengan nomor ....
A. (1),
(2) D.
(3), (5)
B. (1),
(5) E.
(4), (5)
C. (2),
(3)
45. Cermati gagasan utama dan gagasan penjelas berikut!
Gagasan utama : Antisipasi penanggulangan terhadap
banjir
Gagasan penjelas: (1)
Mempelajari hasil evaluasi banjir
(2) Daerah
langganan banjir di musim hujan
(3)
Membersihkan saluran got dari tumpukan sampah
(4) Normalisasi
waduk
(5) [ ... ]
|
Gagasan penjelas yang tepat untuk mengisi
bagian yang rumpang tersebut adalah ....
A. Penyakit
yang timbul karena banjir
B. Banjir
melanda dataran rendah
C. Musim
hujan penyebab banjir
D. Simulasi
penyaluran logistik
E. Penggalangan
dana banjir
46. Cermati dialog berikut!
(1) Pembeli :
Sembilan ribu, ya?
(2) Pedagang :
Belum dapat, Bu. Ini kualitasnya bagus. Di tempat lain Ibu belum
tentu mendapatkan
harga semurah ini.
(3) Pembeli :
Baik, Pak. Saya beli dua. Ada warna lain, Pak?
(4) Pedagang : Ada
, Bu. Ada lima warna. Ibu mau warna apa?
(5) Pembeli :
Dua-duanya merah, Pak.
|
Isi
dialog tersebut adalah ....
A. Penawaran
yang dikabulkan
B. Pembelian
barang dengan beberapa warna
C. Pembelian
barang dengan harga ratusan ribu
D. Kesepakatan
harga antara penjual dan pembeli
E.
Harga barang yang
dijual sembilan ribu rupiah
47. Cermati dialog berikut!
(1) Pembeli :
Sembilan ribu, ya?
(2) Pedagang :
Belum dapat, Bu. Ini kualitasnya bagus. Di tempat lain Ibu belum
tentu mendapatkan
harga semurah ini.
(3) Pembeli :
Baik, Pak. Saya beli dua. Ada warna lain, Pak?
(4) Pedagang : Ada
, Bu. Ada lima warna. Ibu mau warna apa?
(5) Pembeli :
Dua-duanya merah, Pak.
|
Kalimat
persuasif pada dialog tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) B. (2) C.
(3) D. (4) E. (5)
48. Cermati dua teks berikut!
Teks
1
|
Teks
2
|
Tetangga: Pak Toni, apakah
Bapak akan
menggunakan mesin
pemotong
rumput sore ini?
Pak Toni : Ya, sepertinya
ya.
Tetangga: Jadi, Bapak
tidak
menggunakan raket tenis
Bapak kan? Raket saya rusak.
Boleh saya pinjam raket
Bapak?
|
Teman : Kapan kamu akan bepergian?
Tedi : Belum tahu, saya masih
menunggu sampai tetangga saya
mengembalikan koper saya.
|
Persamaan
kedua teks tersebut adalah ...
A. Kedua
teks tidak berbentuk dialog.
B. Kedua
teks sama-sama memilik pengantar cerita.
C. Tokoh
dalam kedua teks sama-sama suka bepergian.
D. Tokoh
kedua teks memiliki tetangga yang
suka meminjam barang.
E. Setting
cerita berada dalam lokasi yang sama, namun suasananya berbeda.
49. Cermati kutipan novel
berikut!
Setiap
dia berteriak, kami menyalak balik dengan kata yang sama, Man Jadda Wajada. Mantra ajaib
berbahasa Arab ini bermakna tegas: “ Siapa yang bersungguh-sungguh, akan
berhasil!”
Laki-laki ramping ini adalah Ustad Salman, wali kelasku. Wajahnya
lonjong kurus, sebagian besar dikuasai keningnya yang lebar. Bola matanya
yang lincah memancarkan sinar kecerdasan. Pas sekali dengan gerak kaki dan
tangannya yang gesit ke setiap sudut kelas.
(A.
Fuadi: Negeri 5 Menara)
|
Unsur
intrinsik yang paling dominan pada kutipan novel tersebut adalah ....
A. tema B. alur C. latar D. amanat E.
Penokohan
50. Cermati teks berikut!
Kereta
dan Tukang Kupat Tahu
Pada suatu
hari, seperti biasa, tukang kupat tahu berdagang di sebuah SMP. Pukul 12
siang dia biasanya menyusuri rel kereta untuk mengambil jalan pintas menuju
lokasi dagang selanjutnya, yakni Pasar Pancasila. Akan tetapi, kebetulan hari
itu dagangannya sudah habis. Pembeli terakhirnya membeli kupat tahu di sisi
rel kereta. Sesudah pembeli terakhir itu selesai, tukang kupat tahu itu
membersihkan piringnya yang berwarna merah lalu mengeringkannya dengan cara
dikibas-kibaskan. Kebetulan lagi ada kereta yang melintas. Melihat ada tanda
merah dikibas-kibaskan dari jauh, masinis kereta itu menginjak rem
keras-keras. Sangkanya ada hal darurat yang membahayakan lalu kereta berhenti
tepat di samping tukang kupat tahu tadi.
Masinis: Ada
apa, Pak?
Tukang kupat tahu: Nggak ada apa-apa, Pak.
Tinggal bumbunya saja.
Masinis: ?????
|
Pernyataan
yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ...
A. Pelanggan
kupat tahu hanya siswa SMP.
B. Pembeli
terakhir kupat tahu adalah seorang masinis kereta.
C. Tukang
kupat tahu mengeringkan piringnya dengan lap merah.
D. Tukang
kupat tahu memberi tanda bahaya kepada masinis kereta.
E. Sebelum
sampai Pasar Pancasila, dagangan tukang kupat tahu sudah habis.
51. Cermati teks berikut!
Pada
suatu hari ada seorang anak yang dimarahi oleh ayahnya karena nilai ujiannya
merah semua. Kemudian si ayah berkata kepada anaknya, “Kalau kamu sekali lagi
mendapat nilai yang merah,
janganlah kamu panggil aku ayah.”Lalu keesokan harinya si anak tersebut sambil tersenyum memberikan nilai ujiannya
yang ternyata nilannya merah lagi. Kemudian si anak berkata, “Hallo, Bro! Ini nilai gue.”Ayahnya hanya diam
serta
menggaruk-garuk kepala.
|
Interpretasi
terhadap teks tersebut adalah …
A.
Kesedihan orang
tua karena prestasi anaknya yang kurang baik.
B.
Seorang anak yang selalu mendengarkan nasihat
orang tuanya agar sukses.
C.
Orang
tua yang kurang berhati-hati dalam
berbicara kepada anaknya.
D.
Seorang
anak yang menunjukkan bukti kerja kerasnya pada orang tua.
E.
Belajar dengan
sungguh-sungguh untuk mewujudkan apa
yang dicita-citakan.
52. Cermati kutipan cerpen
berikut!
(1) Aku
bisa merasakan bagaimana dinginnya tempat ini malam nanti. (2) Awan
sudah mulai menebal, mendung pun
tiba. (3) Di ujung atas sana ada puncak yang harus aku datangi. (4) Aku
berniat menaikinya sendiri. (5) Ya, melewati perjalanan yang begitu
menyenangkan dengan suara-suara hewan yang tak pernah kudengar di kota.
|
Bukti bahwa tokoh aku berwatak pemberani
terdapat pada kalimat nomor ….
A. (1)
B. (2) C. (3) D.
(4) E.
(5)
53. Cermati kutipan cerpen
berikut!
(1) Jingga,
sosok gadis biasa dengan pemikiran luar biasa. (2) Semenjak aku pergi, ia
mulai merangkai pernak-pernik bahkan buku bersampul unik dari barang-barang
bekas. (3) Itu membuat banyak orang
tertarik. (4) Anak-anak yang sering bermain di lapangan kampung diajak
untuk membuatnya. (5) Usahanya itu kini telah menghasilkan uang.
|
Bukti
yang menyatakan bahwa watak Jingga kreatif
terdapat pada kalimat nomor ....
A.
(1) B. (2) C.
(3) D. (4) E. (5)
54. Cermati kutipan cerpen
berikut!
Seiring waktu, jaringan bisnisku meluas. Padatnya
jadwal ceramah ayah sebagai motivator mendorongku untuk membantunya. Jadilah
aku berkiprah dalam dunia event
organizer. Lahan bisnis ini menuai sukses yang tergolong gemilang.
Jaringan konsumen luas semakin membuka peluang untuk berkiprah di bidang
lain. Usaha tiket pesawat pun kulakoni hingga membuahkan beberapa kantor
cabang di berbagai kota di negeri ini.
Kesuksesan ini tidak patut membuatku angkuh,
terutama di hadapan Tuhan. Hanya karena ridha-Nya aku dapat meraih semuanya.
Tidak luput bimbingan dan motivasi dari kedua orang tuaku turut membuatku
tegar dalam berbagai kesulitan.
|
Tahapan
alur kutipan cerpen tersebut adalah ….
A. pengenalan
cerita
B.
pengungkapan peristiwa
C.
menuju terjadinya
konflik
D.
puncak konflik
E.
penyelesaian
55. Cermati kutipan cerpen
berikut!
Kokok ayam menjelang
fajar terdengar sayup ditimpali bunyi teng empat kali dari tiang listrik di
depan rumahnya yang dipukul petugas ronda. Suara brrt brrt dari printer tua yang begitu lamban memindahkan
tulisannya dari komputer ke kertas HVS kuarto, sudah berhenti pula. Tiga
karya tulis untuk syarat naik pangkat ke-IVb selesai juga dia print.
|
Tahapan alur kutipan novel tersebut adalah ....
A. pengenalan situasi
B. pengungkapan peristiwa
C. menuju terjadinya konflik
D. puncak konflik (klimaks)
E. penyelesaian (ending)
56. Bacalah kutipan cerita
berikut!
Anak laki-laki baru saja selesai memasang tenda. Matahari sudah
beberapa jam bersembunyi di balik peraduannya. Langit kelam, hujan mulai
turun. Udara dingin menusuk kulit, menyusup lewat pori-pori. Anak-anak
berteduh di tenda yang baru saja mereka bangun. Sementara itu, di dapur umum
beberapa anak perempuan menyiapkan teh manis hangat.
|
Latar yang terdapat
dalam kutipan cerita tersebut adalah ....
A. pesantren
setelah maghrib
B. kawasan
hutan setelah waktu isya
C. tenda
pada malam hari
D. perkebunan
pada malam hari
E. perkemahan
pada malam hari
57. Cermati kutipan novel
berikut!
Hampir tiga jam kami sudah dalam bus Havas yang akhirnya berhenti di
pinggir jalan yang sangat ramai. Kami telah sampai di jantung kota Istambul,
Taksim Square. Sebuah distrik yang mirip areal Blok M di Jakarta. Sebuah
distrik yang mengingatkan bahwa bahaya terorisme tak hanya dihadapi mereka di
barat. Keberadaanya bak
ranjau yang menjebak di mana dan kapan saja, tanpa pandang bulu.
(Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra:99 Cahaya di Langit Eropa)
|
Latar tempat kutipan novel tersebut adalah
....
A. dalam bus D. Taksim
Square
B.
kawasan
Blok M E. sebuah stasiun
C.
Jakarta
58. Cermati teks berikut!
Awalnya ia hanya tukang cuci piring di rumah makan milik seorang
perantau dari Lareh Panjang yang lebih dahulu mengadu untung di Jakarta.
Sedikit demi sedikit dikumpulkannya modal agar tidak selalu bergantung pada
induk semang. Berkat kegigihan dan kerja keras selama bertahun-tahun, Azrial
kini sudah jadi juragan, punya enam rumah makan dan dua puluh empat anak buah
yang tiap hari sibuk melayani pelanggan.
|
Dilihat
dari sudut pandang penceritaan, kutipan cerpen tersebut menggunakan sudut
pandang
....
A. orang
ketiga sebagai pelaku utama
B. orang
pertama sebagai pelaku utama
C. orang
kedua sebagai pelaku pendamping
D. orang
ketiga sebagai pelaku pendamping
E. orang
pertama sebagai pelaku pendamping
59. Cermati kutipan cerpen
berikut!
Selain
itu, Darko memiliki pembawaan sikap yang ramah, tidak mengherankan bila
orang-orang kampung segera merasa akrab dengan dirinya. Dia suka pula
menceritakan kisah lucu di sela pijatannya. Meskipun begitu, kami tetap tidak
tahu asal usulnya dengan jelas. Bila kami menanyakannya, dia selalu
mengatakan bahwa dirinya berasal dari kampung yang jauh di kaki gunung.
|
Sudut
pandang dalam kutipan cerpen tersebut adalah
….
A. orang
pertama tokoh utama
B.
orang kedua tokoh utama
C.
orang ketiga tokoh utama
D.
orang
pertama tokoh sampingan
E.
orang ketiga tokoh sampingan
60. Cermati kutipan novel
berikut!
Pada saat itulah aku, Arai, dan
Jimbrong mengkristalisasikan harapan agung kami dalam satu statement yang sangat ambisius:
cita-cita kami adalah ingin sekolah ke Prancis! Ingin menginjakkan kaki di
altar suci almamater Sorbonne, ingin menjelajah Eropa sampai ke Afrika.
Harapan ini selanjutnya menghantui kami setiap hari. Begitu tinggi cita-cita
kami. Mengingat keadaan kami yang amat terbatas, sebenarnya lebih tepat
cita-cita itu disebut impian saja. Tapi di depan tokoh karismatik seperti Pak
Belia, guru kami, semuanya seakan mungkin.
|
Sudut
pandang yang digunakan dalam kutipan novel tersebut adalah ….
A. orang
pertama tokoh utama
B. orang
kedua tokoh utama
C. orang
ketiga tokoh utama
D. orang
pertama tokoh sampingan
E. orang
ketiga tokoh sampingan
61.
Cermati
kutipan novel berikut!
Silaturrahmi
jugalah yang membuat bisnis baksonya di Cairo berjalan lancar. Memang ia
tidak banyak muncul di kalangan mahasiswa, tapi ia sering hadir dan muncul di
acara bapak-bapak dan ibu-ibu KBRI. Muncul untuk memberikan bantuan apa saja.
Bahkan, jika ada orang KBRI pindah rumah, ia jadi jujugan minta tolong. Karena itulah, ia sangat dikenal di
kalangan orang-orang KBRI. Itu sangat penting bagi bisnis baksonya. Tanpa
silaturrahmi, seorang pebisnis tidak banyak memiliki jalan dan peluang.
(Habiburrahman El Shirazy: Ketika Cinta Bertasbih)
|
Amanat kutipan novel tersebut adalah
…
A. Peluang
bisnis tidak akan didapat bagi pebisnis yang kurang bersilaturahmi.
B. Berbisnis
bakso di Cairo harus banyak
bersilaturahmi dengan ibu-ibu KBRI.
C. Rajin-rajinlah
bersilaturahmi ke KBRI jika ingin mendapatkan peluang bisnis.
D. Pebisnis
hendaklah banyak bersilaturahmi supaya banyak mendapatkan peluang bisnis.
E. Bersilaturahmi
dapat menambah keakraban dengan orang KBRI, terutama pada ibu-ibu.
62. Cermati kutipan novel
berikut!
Sementara aku?
Semua pelajaran bagiku adalah kerja keras dan perjuangan. Yang aku syukuri,
dua kawan cerdasku ini orang baik yang
selalu mau membantu dan berbagi ilmu. Mereka masih bersedia beulang-ulang
menerangkan bab-bab yang aku tidak paham-paham berkali-kali. Aku mencoba
menghibur diri bahwa aku tidak sendiri. Atang, Dulmajid, dan Said juga punya
masalah yang mirip, dan kami sangat berterima kasih kepada Baso dan Raja.
Negeri Lima Menara karya A. Fuadi
|
Watak
tokoh aku dalam kutipan novel tersebut adalah ….
A. tekun D.
ramah
B. malas E.
penolong
C. setia
63. Cermati
kutipan novel berikut!
Di Mekkah aku berjumpa
dengan Hamid, seorang pemuda yang saleh, jujur, baik budi, tetapi dengan
wajah yang penuh mengandung kesedihan. Melalui ceritanya kepadaku, kuketahui
jalan hidupnya.
Di kampung halamannya
Hamid seorang anak yatim yang tinggal bersama ibunya yang miskin. Untuk
membantu ibunya mencari nafkah, Hamid berjualan hingga tidaj sekolah.
Kasihan melihat Hamid
yang terlantar, Haji Jakfar, ayah Zaenab, menjadikan Hamid sebagai anak
asuhnya dan menyekolahkannya. Hamid dan Zaenab bagai kakak beradik.
( Hamka: Di
Bawah Lindungan Kakbah)
|
Alur
yang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah ....
A.
alur maju dan
tunggal D. alur maju mundur dan ganda
B.
alur maju dan ganda E. alur mundur
maju dan melingkar
C.
alur mundur dan
ganda
64. Cermati kutipan cerpen berikut!
“Dia
laki-laki taat, jujur, bertanggung jawab. Renggo yakin kami berjodoh.”
“Apa kau
bilang? Jodoh? Saya tidak rela kau berjodoh dengan Azrial. Akan saya carikan
kau jodoh yang lebih bermartabat!”
|
Majas yang terdapat dalam kutipan
cerpen tersebut adalah ....
A.
antiklimaks
B.
asosiasi
C.
retorik
D.
anafora
E.
metafora
65. Cermati
kutipan cerpen berikut!
Udara Danau Manjukut berbau bunga kopi, bertiup perlahan memasuki rongga
hati, dan menghempas dada Zhu pada barisan awan di langit menuju ke arah
laut, ke arah pantai, ke arah teluk Tanjung Cina. Di Sanalah Sulaiman, lelaki
yang telah mengambil separuh umurnya, telah terkubur dan pergi.
|
Majas yang
terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A.
retorik D. asosiasi
B.
repetisi E. antonomasia
C.
epifora
66. Cermati kutipan novel
berikut!
Dalam sebuah surau, di tepi sungai yang melalui kampung itu,
kedengaran orang berkasidah. Suaranya amat merdu, turun naik dengan
beraturan. Apalagi karena suara itu dirintangi bunyi air sungai yang
mengalir, makin enak dan sedap pada pendengaran. Seakan-akan dari dalam
sungai suara itu datangnya. Hilang-hilang timbul, antara ada dan tiada.
(Sengsara Membawa Nikmat, Tulis Sutan
Sati)
|
Unsur ekstrinsik yang
terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah ….
A.
sosial D.
ekonomi
B.
estetika E. pendidikan
C.
politik
67. Cermati dua teks
berikut!
Teks
I
|
Teks
II
|
Di halaman rumah Pak Hamdani ada
pertunjukkan komedi kera. Penonton komedi kera sangat banyak. Sebagian besar
penonton adalah anak-anak. Ada pula ibu-ibu yang mengantar anaknya menonton
komedi kera.Gerakan kera sangat lincah dan lucu. Semua penonton tertawa
menyaksikan aksi si kera. Mereka terhibur dengan tontonan tradisional itu.
|
Beberapa waktu yang lalu Desa Kemuning
mengadakan pertunjukkan wayang. Pertunjukkan wayang kali ini berbeda dengan
pertunjukkan wayang biasanya. Pertunjukkan wayang kali ini dimainkan oleh
seorang dalang cilik. Masyarakat Desa Kemuning tertarik untuk menonton
kepiawaian sang dalang cilik memainkan wayang. Sudah lama masyarakat Desa
Kemuning tidak menonton pertunjukkan kesenian tradisional yang dapat
menghibur mereka.
|
Persamaan
kedua teks tersebut adalah ….
A. Perkembangan
kesenian tradisional pada zaman modern
B. Ketertinggalan
keseniaan tradisional pada zaman modern
C. Pertunjukan
keseniaan tradisional dapat menghibur
D.
Pertunjukan kesenian
tradisional menarik perhatian penonton
E. Pertunjukan
kesenian tradisional dimainkan oleh anak kecil
68. Cermati teks berikut!
Perusahaan tempe tradisional dalam produksinya masih mempertahankan
penggunaan cara-cara tradisional. Merebus kedelainya menggunakan kayu, bukan
menggunakan kompor gas. Bungkusnya tetap menggunakan daun pisang dengan
kemasan kecil-kecil, bukan plastik yang kemasannya besar-besar. Untuk memicu proses fermentasinya, mereka tidak menggunakan ragi, tetapi menggunakn
jamur tempe itu sendiri. Penggunaan cara-cara tradisional itu justru menghasilkan
tempe yang lebih gurih.
|
Kata bermakna proses pada teks tersebut
adalah ...
A.
perusahaan C.
merebus E. kemasan
B.
penggunaan D.
menggunakan
69. Cermati dua teks
berikut!
Teks
1
|
Teks
2
|
Bagaimana bentuknya
bulan
Jelas bukan persegi
empat
Kepada orang tua
jangan melawan
Agar hidupmu berkah
selamat
|
Kami siswa calon
usahawan
Kami tak gentar
hadapi zaman
Kerja keras dan
beriman
Itu yang akan kami
jadikan pedoman
|
Perbedaan
kedua teks tersebut adalah ....
Teks 1
|
Teks 2
|
|
A
|
bersajak a-a-a-a
|
bersajak a-b-a-b
|
B
|
bertema ruang angkasa
|
bertema pendidikan
|
C
|
dua larik pertama
isi
|
dua larik pertama
sampiran
|
D
|
mempunyai sampiran
|
tidak ada sampiran
|
E
|
rima akhirnya sama
|
rima akhirnya berbeda
|
70. Cermati teks berikut!
Pemerintah melakukan pembatasan BBM bersubsidi dengan mengalihkan
konsumsi BBM subsidi ke pertamax dan bahan bakar gas.
Dibutuhkan alat konversi
untuk mobil yang berbahan bakar minyak. (3) Sejauh ini, pemerintah mendorong
PT Dirgantara Indonesia untuk memproduksi alat konversi gas tersebut.
Berkat dorongan inilah PT
Dirgantara Indonesia menyanggupi untuk memproduksi hingga satu juta unit.
Masyarakat berharap alat tersebut siap dalam waktu dekat.
|
Kata berimbuhan
bermakna hasil terdapat pada kata ....
A.
pembatasan D.
dorongan
B.
dibutuhkan E.
menyanggupi
C.
berbahan
71. Cermati kutipan teks
drama
berikut!
Jeni : Alhamdulillah! Dengan uang ini saya bisa membeli obat dan sedikit
beras di warung untuk dibawa
pulang.
Sampai di rumah
Jeni : Assalamualaikum! Ibu, Jeni pulang!
Ibu Hapsah : Waalaikum salam. Jeni, dari mana kamu?
Jeni : Dari rumah Pak Samir. Jeni membantu Pak Samir
memberi makan
sapi-sapinya dan Jeni diberi uang, terus uangnya
Jeni belikan obat
dan beras. Ini
beras dan
sisa kembaliannya, Bu.
Ibu Hapsah :
(Sambil menahan sakit) Terima kasih,
Nak. Kamu memang anak
yang baik.
Jeni : Ibu, ternyata Pak Samir itu dermawan ya.
Tadi Jeni diberi uang
Rp50.000,00. Padahal, Jeni hanya bantu memberi makan
sapi-
sapinya.
|
Inti kutipan teks drama tersebut adalah
....
A. anak
yang berbakti
B. kekayaan
Pak Samir
C. kesabaran
seorang ibu
D. kejujuran
seorang anak
E. kebaikan
hati seorang ibu
72. Cermati pantun berikut!
(1) Harus belajar
sungguh-sungguh
(2) Jika berburu ke padang
datar
(3) Jika kita ingin pintar
(4) Jangan lupa membawa
suluh
|
Urutan
larik yang tepat untuk pantun tersebut adalah ….
A. (1), (3), (2), (4) D.
(3), (4), (1), (2)
B. (2), (4), (3), (1) E. (4),
(2), (1), (3)
C. (2), (3), (1), (4)
73. Cermati pantun berikut!
Masuk toko membeli kain
Kain batik buatan tasik
Jika engkau banyak bermain
[ … ]
|
Larik
yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ....
A. Nilai pelajaran
makin baik D. Tiada
waktu untuk berbisik
B. Kepada ilmu tidak tertarik E.
Menjadi diri yang kian cantik
C. Kepada sesama
berbuat baik
74. Cermati pantun berikut!
Merah putih bendera kita
Terus berkibar di langit
biru
Mari berjuang jangan
menghiba
Agar negeri semakin maju
|
Tema pantun tersebut adalah ….
A. kemajuan D.
kedewasaan
B. pendidikan E.
perjuangan
C. kesukadukaan
75. Cermati kalimat
berikut!
Akses transportasi yang membaik dan komunikasi digital yang makin
mudah menjadikan mereka yang jeli, seperti kaum professional, memilih bekerja
di kota kecil atau kampung halaman.
|
Kalimat lain yang semakna dengan
kalimat tersebut ialah …
A. Akses transportasi di wilayah kota kecil atau
kampung halam menjadi mudah dengan kehadiran kaum profesional.
B.
Kemudahan akses transportasi dan komunikasi digital menyebabkan kaum
professional menguasai pekerjaan di kampung halaman.
C.
Akses transportasi yang begitu mudah di era digital menyebabkan kaum
professional membuka lapangan kerja di kampung halaman.
D. Kampung halaman dijadikan tempat untuk
mengembangkan komunikasi digital bagi para professional seiring kemudahan akses
transportasi.
E. Kaum
professional memilih bekerja di kota kecil atau kampung halaman seiring
membaiknya akses transportasi dan komunikasi digital.
76. Cermati
kalimat berikut!
“ Saya sudah menyiapkan kostum yang akan
dipakai saat pementasan drama,” kata Ali kepada Fahmi.
|
Kalimat yang semakna dengan
kalimat tersebut adalah ...
A.
Ali berkata kepada Fahmi bahwa dia sudah menyiapkan
kostum yang akan dipakai saat pementasan drama.
B.
Fahmi berkata bahwa
saya sudah menyiapkan kostum yang akan dipakai saat pementasan drama.
C.
Fahmi mengatakan
bahwa dia sudah menyiapkan kostum yang
akan dipakai saat pementasan drama.
D.
Ali mengatakan
bahwa kostum yang akan dipakai saat pementasan drama sudah disiapkan oleh
Fahmi.
E.
Fahmi mengatakan
bahwa kostum yang akan dipakai saat pementasan drama sudah saya siapkan.
77. Cermati teks berikut!
Pak Karyo adalah
seorang pengusaha batako. Akan tetapi, akhir-akhir ini usahanya mengalami
kemunduran. Bahkan, usahanya terancam bangkrut. [ ... ] berniat berganti
usaha, yaitu menjadi seorang petani.
|
Pronomina yang tepat untuk melengkapi
teks tersebut adalah ....
A. saya D.
kami
B. ia E.
mereka
C. kita
78. Cermati teks berikut!
Dalam beberapa tahun
terakhir, keindahan sejumlah tempat [ ... ] oleh eksploitasi alam yang salah.
Padahal, dengan pariwisata, daerah dapat mendapatkan [ ... ] sekaligus
memelihara alam dan lingkungannya.
|
Kata
berimbuhan yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A. mengancam,
berhasil D.
ancaman, dihasilhan
B. diancam,
keberhasilan E. Pengancaman, menghasilkan
C. terancam,
penghasilan
79. Cermati teks berikut!
Untuk memenuhi kebutuhan minyak dalam negeri, Indonesia akan menanamkan [
... ] di bidang industri perminyakan dan pertambangan. Oleh karena itu,
pemerintah segera melakukan survei lokasi dan infrastruktur.
|
Istilah
yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A. investasi D.
investor
B. inventarisasi E.
invasi
C. investigasi
80. Cermati teks berikut!
Sebelum
makan manggis, seseorang hanya memakan
isinya sedangkan kulitnya dibuang. Padahal, kulit manggis ini memiliki
banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dalam kulit manggis terdapat zat
antioksidan. Kandungan antioksidan tersebut sangat kuat, hampir sepuluh kali
lipat daripada buah lainnya. Nama antioksidan tersebut adalah xanthone. Antioksidan
ini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dan mampu melindungi sel dari serangan radikal bebas.
|
Penggunaan
konjungsi yang tidak tepat pada teks tersebut adalah ....
A. sebelum D. adalah
B. sedangkan E. dan
C. padahal
81. Cermati teks berikut!
Prospek
pemasaran komoditas buah-buahan di dalam negeri cukup cerah. Potensi
pengembangannya pun cukup besar. Di pasar dalam negeri permintaan buah-buahan
cenderung terus meningkat. Hal ini [ ... ] meningkatnya kesadaran masyarakat
akan pentingnya mengonsumsi buah-buahan.
|
Kata penghubung
yang tepat untuk melengkapi teks rumpang
tersebut adalah ….
A.
jika D.
supaya
B.
saat E.
sehingga
C.
karena
82. Cermati kutipan teks
ulasan berikut!
Dari segi
cerita, film itu mampu menayangkan peristiwa-peristiwa penting dalam novel.
Hal tersebut membuat penonton yang pernah membaca novelnya merasa puas karena
peristiwa yang ditayangkan sesuai dengan imajinasi yang dibayangkan penonton
saat membaca novelnya.
|
Isi
kutipan teks ulasan tersebut membahas keunggulan film tentang ....
A. ketepatan
sudut bidikan pengambilan gambar
B. keberhasilan
menampilkan pesan film tersebut
C. keberhasilan
pemain memerankan karakter tokoh
D. kesesuaian
latar dengan efek visual yang ditayangkan
E. kesesuaian
isi cerita film dengan novel yang dijadikan dasar cerita
83. Cermati kutipan ulasan
film berikut!
Selama berkuliah, Rudy adalah mahasiswa terbaik di
universitasnya hingga ia langsung loncat dari semester satu ke semester tiga.
Hingga suatu ketika, Rudy dikenalkan kepada organisasi pelajar Indonesia yang
berada di seluruh Eropa dan belum lama ia masuk ke dalam organisasi tersebut,
ia menjadi ketua umum PPI dan langsung merencanakan Seminar Pembangunan
Industri Dirgantara yang bertujuan untuk membangun integritas bangsa. Karena menurutnya, buat apa merdeka kalau
tidak punya integritas.
|
Kutipan ulasan film tersebut berisi
tentang ....
A. identitas D.
kelemahan
B. sinopsis E.
simpulan
C.
keunggulan
84. Cermati kutipan teks
ulasan film berikut!
Sayangnya, film tersebut tidak menayangkan
adegan-adegan yang cukup penting dalam novel. Film tersebut terkesan hanya
mengambil tema dari novelnya. Bagian penyelesaian yang seharusnya menunjukkan
kisah tragis diubah menjadi kisah yang happy
ending.
|
Kutipan ulasan film tersebut berisi
tentang ....
A. identitas D.
kelemahan
B. sinopsis E.
simpulan
C.
keunggulan
85. Cermati kutipan teks
ulasan berikut!
“Sang Pemimpi” tidak hanya
berbicara masalah mimpi, tetapi juga bercerita tentang kebijaksanaan
seorang ayah yang luar biasa. Walaupun
dalam keterbatasan, sang ayah terus-menerus mendukung mimpi anaknya. Keadaan
ini membuat cerita semakin seru dan mengharukan. Seorang ayah yang sangat
sabar dan seorang anak yang menghormati
ayahnya menjadi penyempurna film ini. “Sang Pemimpi” ini sangat layak
ditonton oleh para remaja.
|
Kutipan ulasan film tersebut berisi
tentang ....
A. identitas D.
kelemahan
B. sinopsis E.
simpulan
C. keunggulan
86. Cermati
kutipan puisi berikut!
Dengan ilmu hidup akan menjadi lebih mudah
Dengan agama hidup akan menjadi lebih terarah
Dengan seni hidup akan menjadi lebih indah
Dengan bersilaturahmi hidup akan menjadi lebih
berkah
|
Majas
yang terdapat pada kutipan puisi tersebut adalah ....
A. anafora
B. epifora
C. hiperbola
D. asosiasi
E. antonomasia
87. Cermati kutipan ulasan film berikut!
Sama halnya
dengan “Laskar Pelangi”, “Sang Pemimpi” memiliki hasrat yang sangat tinggi
dalam menyampaikan pesan. Di awal cerita sang sutradara, Riri Riza, mengajak
penonton “berdiskusi” tentang toleransi agama, kemudian menasihati penonton
untuk tetap peduli terhadap kesusahan orang lain. Namun, pesan terbesar dari
film ini adalah penghargaan terhadap ayah. Anda akan sadar bahwa ayah Anda,
yang mungkin kolot dan sering membuat Anda kesal, adalah ayah juara satu di
dunia.
|
Kutipan ulasan film tersebut berisi
tentang ....
A.
identitas D. kelemahan
B.
sinopsis E.
simpulan
C.
keunggulan
88. Cermati grafik berikut!
GRAFIK PENJUALAN SEPATU DI TOKO NUSA
Pernyataan yang sesuai dengan isi grafik tersebut
adalah ...
A. Penjualan
sepatu di Toko Nusa dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2016 fluktuatif.
B. Penjualan
sepatu di Toko Nusa dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2016 stabil.
C. Penjualan
sepatu di Toko Nusa dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan.
D. Jumlah
penjualan sepatu pada tahun 2014 lebih tinggi daripada tahun 2015.
E. Jumlah
penjualan sepatu di Toko Nusa pada tahun 2014 dan 2015 sama.
89. Cermati
matriks berikut!
Jadwal Kegiatan Kursus Menyusun Media
Pembelajaran Berbasis Komputer
NO.
|
KEGIATAN
|
BULAN/ MINGGU
|
|||||||
November
|
Desember
|
Januari
|
|||||||
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
||
1
|
Persiapan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pemberian
Materi Power Point sebagai Media
Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Desain
Media sesuai Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Merancang
Pembelajaran dengan
Program
Flash
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Presentasi
Hasil
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Pelaporan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pernyataan
yang sesuai dengan isi matriks tersebut adalah ...
A. Pemberian materi power point sebagai media
pembelajaran disampaikan setelah
kegiatan
desain media pembelajaran.
B. Kegiatan
merancang pembelajaran dengan program flash dilaksanakan selama dua minggu.
C. Jadwal
kegiatan menyusun media pembelajaran berbasis komputer diakhiri
dengan presentasi hasil.
D. Persiapan
kegiatan menyusun media pembelajaran berbasis komputer dilaksanakan bulan November minggu ketiga.
E. Desain
media pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
dijadwalkan bulan Desember minggu ketiga
dan keempat.
90. Cermati teks
berikut!
Di samping
sebagai olahraga mahal, terjun payung juga termasuk olahraga (1) berisiko
tinggi. Oleh karena itu, sebelum benar-benar melakukan penerjunan, seorang
penerjun harus menguasai dasar-dasar teori dan (2) teknik sesuai (3) standar.
Dia juga harus mengikuti arahan dan (4) nasehat
instruktur, serta harus kompak dengan (5) timnya.
|
Kata
tidak baku pada kutipan teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A.
(1) B. (2) C. (3) D. (4) E.
(5)
91. Cermati kalimat
berikut!
(1)
Persaingan mutu antarpelaku industri
pertelevisian akan meningkat karena hadirnya media digital.
|
Sinonim
kata mutu pada teks tersebut adalah
....
A. kualitas D.
efektivitas
B. kuantitas E.
produktivitas
C. kreativitas
92. Cermati teks
prosedur berikut!
(1)
Isilah slip setoran.
(2)
Ambillah nomor antrean.
(3)
Teller
akan membukukan transaksi.
(4)
Masuklah ke dalam antrean menunggu
panggilan.
(5)
Setelah selesai, teller akan memberikan slip tanda bukti menabung.
(6)
Setelah dipanggil teller, serahkan uang , slip setoran, dan buku tabungan kepada teller tersebut.
|
Urutan yang tepat untuk teks
prosedur tersebut adalah ....
A. (1),
(2), (4), (6), (5), (3) D. (2),
(1), (6), (5), (3), (4)
B. (1),
(4), (2), (6), (3), (5) E. (4),
(2), (1), (5), (6), (3)
C. (2), (1), (4), (6), (3), (5)
93. Cermati teks
berikut!
Anita seorang karyawan yang berdedikasi tinggi. (2) Ia menjadi tangan kanan pimpinan perusahaannya. (3) Ia bukan
karyawan yang pandai mencari muka pada atasan. (4) Berkat kinerjanya,
kariernya terus meningkat. (5) Namun, ada saja orang yang iri padanya dan
merasa bahwa atasannya selalu menganakemaskan Anita.
|
Ungkapan
yang semakna dengan ungkapan menganakemaskan
adalah ....
A. panas
hati D.
menomorsatukan
B. bersilat
lidah E.
mengambinghitamkan
C. menganaktirikan
94. Cermati teks berikut!
Pulau Ora kini selalu disebut-sebut sebagai salah satu destinasi wajib
dikunjungi terutama di kalangan anak muda. Setiap mata terhenyak dengan
keindahan warna hijau dan biru laut di sekeliling Ora. Sementara itu, air
laut begitu jernih sehingga keindahan taman bawah lautnya bisa dinikmati
dengan mata telanjang bahkan dari atas dermaga.
|
Makna
istilah destinasi dalam teks tersebut
adalaah ....
A.
tempat
tujuan D.
daerah
B.
lokasi E.
wilayah
C.
pembangunan
95. Cermati puisi berikut!
Paru-Paruku
Satu demi satu
Seratus sudah aku menanammu
Kami hidup
Kami sehat
Semua karnamu
Paru-paruku
Kini mereka kejam denganmu
Tak peduli denganmu
Tak peduli dengan masa depannya
Tak peduli dengan anak cucunya
Merusakmu demi uang
Paru-paruku
Buatlah mereka sadar
Akan pentingnya dirimu
(Saduran dari
obatrindu.com: Paru-Paruku
|
Tema
puisi tersebut adalah ....
A. Keindahan
alam dan sekitarnya
B. Kepedulian
manusia terhadap alam
C. Pentingnya
paru-paru bagi manusia
D. Pentingnya
pepohonan dalam kehidupan
E. Kepedulian
manusia terhadap kesehatannya
96.
Cermati
teks berikut!
Anto : ”Ibu!”
Orang tua : ”Diamlah dan tidurlah,
Nak!”
Anto : ”Ibu, ... Di sini ! Dari mana Ibu datang ?”
Orang tua : ”Kau tak tau dari mana aku, betapa lama kita
tidak bertemu? Kauingat?”
Anto : [ .... ]
Orang tua :”Ya, syukur kau
masih ingat pada ibumu,
Nak!”
Anto : “Aku rindu
Ibu. Kapan Ibu pulang?
|
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi teks drama
tersebut adalah ...
A.
”Entahlah, Bu. Sudah lama sekali.”
B.
“Ya, waktu itu aku baru saja berulang
tahun.”
C.
“Ibu kapan bisa membantu aku lagi?”
D.
“Tenanglah, anakku. Ibu akan kembali.”
E.
“Jangan bermimpi, bangunlah, anakku!”
97. Cermati teks berikut!
Salah satu jenis tempe adalah tempe dari bahan
kedelai. Tempe jenis ini banyak kita jumpai di pasar seluruh pelosok
Indonesia. Di Jawa Tengah ada tempe yang namanya bongkrek. Bahannya dari
ampas kelapa. Selain itu, ada juga tempe yang dibuat dari ampas tahu, yakni
tempe gembus. Itulah jenis-jenis tempe yang dikonsumsi oleh orang Indonesia.
|
Ide
pokok teks tersebut adalah ....
A. tempe
kedelai D.
tempe di Jawa Tengah
B.
jenis-jenis
tempe E.
bahan tempe bongkrek
C. bahan
tempe gembus
98. Cermati
kutipan cerpen berikut!
Kalau tidak aku karyakan, tentu telah berkurang satu pekerja keliling
seperti dia. Dua hari yang lalu kukemas pakaian-pakaian bekas anakku yang
tidak muat lagi dikenakan. Aku sisihkan juga baju tua milikku dan sekalian
baju tua istriku. Pakaian-pakaian itu keberikan kepadanya di samping upah
yang dia terima. Kami sebenarnya bukan
orang yang mapan, tapi kebiasaan itu telah dinamkan orang tua sejak kecil.
|
Amanat
yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...
A.
Bersedekahlah jika
sudah jadi orang mapan.
B.
Tanamkan
kebiasaan bersedekah sejak kecil.
C.
Pakaian bekas bisa
dijadikan pengganti upah.
D.
Barang-barang bekas
bisa bermanfaat jika dijual.
E.
Tolong-menolonglah dalam
kehidupan berkeluarga.
99.
Cermati teks berikut!
Penggunaan properti film Soekarno cukup menarik. Penggambaran detail di
film ini cantik. Mobil dan motor era itu dihidupkan kembali. Seragam tentara
Belanda dan Jepang cukup bagus, demikian juga senjatanya. [ ... ] Foto-foto
di atas meja merupakan foto reka ulang yang diisi para pemainnya, bukan foto
asli Soekarno dan keluarganya tapi dibuat dengan pose seperti aslinya.
|
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi teks ulasan film tersebut adalah ...
A.
Beberapa
barang di era itu cukup realistis.
B.
Beberapa barang
merupakan peninggalan zaman Jepang.
C.
Bahasa yang
digunakan adalah bahasa Indonesia dan Belanda.
D.
Aktornya cukup
fasih mengucapkan bahasa Jepang dan Belanda.
E.
Barang yang
digunakan merupakan peninggalan zaman Belanda.
100. Cermati
kutipan novel berikut!
Perlahan-lahan Yusuf masuk ke pekarangan melalui jalan kecil yang
berbatu-batu, kiri kanan diapit oleh batang kecil-kecil berdaun merah dan
hijau. Sampai di tangga ia berhenti sejurus melihat-lihat. Dari dalam tak kedengaran
suatu suara jua pun, seolah-olah rumah itu tidak didiami orang.
( Sutan Takdir Alisyahbana: Layar Terkembang)
|
Majas yang
terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah ....
A.
tautologi D. antitesis
B.
retorik E. metafora
C.
pleonasme
No comments:
Post a Comment