RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK .......................................................
Bidang Keahlian :
Semua Bidang Keahlian
Kompetensi Dasar : 3.7 Mengidentifikasi Nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita
rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis
Mata pelajaran :
Bahasa Indonesia
Materi :
Hikayat
Kelas/Semester :
X/Ganjil
Alokasi Waktu :
4 JP x 45 Menit
Tahun Pelajaran :
2018/2019
A.
KOMPETENSI INTI
KI.1 Spiritual
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI.2 Sikap
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifikasi sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memcahkan masalah.
KI.3 Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengavaluasi
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI.4 Keterampilan
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar (KD) dan
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar
|
Indikator / IPK
|
3.7 Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita
rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.
|
3.7.1 Mengidentifikasi pokok-pokok isi hikayat
3. 7.2 Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat/hikayat
3.7.3 Mengidentifikasi nilai sosial, nilai agama, nilai budaya,
nilai moral dalam cerita rakyat
3.7.4 Mengidentifikasi nilai-nilai dalam hikayat yang masih sesuai
dengan kehidupan saat ini.
|
4.7 Menceritakan kembali
isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca.
|
4.7.1 Menuliskan kembali hikayat yang telah
dibaca/didengar dengan bahasa sendiri dalam bentuk teks eksposisi, baik
secara lisan maupun tulis.
4.7.2 Mempresentasikan teks eksposisi berdasarkan isi dan nilai-nilai
hikayat yang telah disusun.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan 1: Melalui kegiatan
pembelajaran dengan pendekatan pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model
pembelajaran diskoveri, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri atau
karakteristik hikayat, dan mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat
dalam hikayat dengan pola penyajian karakter tokohnya dan nilai
nilai yang terdapat dalam hikayat dengan rasa ingin tahu, responsif, dan
tanggung jawab selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri,
serta pantang menyerah.
Pertemuan 2: Melalui
kegiatan pembelajaran dengan pendekatan pedagogik genre, saintifik, dan CLIL
dengan diskusi dan penugasan, peserta didik terampil
mengidentifikasi nilai-nilai dalam hikayat dan menjelaskan kesesuaian
nilai-nilai dalam hikayat dengan kehidupan saat ini dalam teks eksposisi lisan
maupun tulisan hikayat dengan rasa ingin tahu, responsif, dan tanggung jawab
selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri, serta pantang
menyerah.
D. Materi
Pembelajaran
o Teks hikayat
o Nilai-nilai teks hikayat
o Identifikasi nilai-nilai teks
hikayat.
o Kesesuaian nilai-nilai dengan
kehidupan saat ini
E. MODEL PEMBELAJARAN
v DISCOVERY LEARNING
F.
Media, Alat, Bahan, dan Sumber Pembelajaran
- Media : Internet dan Multimedia
- Alat : LCD dan Laptop
- Bahan : Naskah Anekdot
- Sumber
Belajar :
|
G.
Kegiatan Pembelajaran
(
4 X 45 Menit = 180 Menit )
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS
|
Alokasi waktu
|
|
|
|
|
Pendahuluan
|
· Peserta
didik dikondisikan untuk merespon salam dan berdoa sebelum belajar.
· Peserta
didik meresponapersepsi yang disampaikan pendidik dengan pertanyaan pernahkah
membaca cerita rakyat? berasal dari daerah mana cerita rakyat itu?, dan
menceritakan tentang apa cerita rakyat itu?.
· Peserta didik menerima
informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan
pembelajaran yang akan dipelajari dalam teks hikayat.
|
Religius
Rasa ingin tahu
|
15 Menit
|
Inti
Stimulation (stimulasi/Pemberian rangsangan)
|
Discovery
· Membagi kelompok
berdasarkan kriteria tertentu
· Memberikan contoh teks
cerita rakyat
· Membaca dan memahami
teks cerita rakyat / hikayat
|
Literasi
Kerja sama (Collaborative)
|
30 menit
|
Problem statemen(pertanyaan/identifikasi
masalah)
|
Peserta didik menyimak
penjelasan pendidik untuk berdiskusi menentukan::
· Pokok-pokok
isi hikayat
· Karakteristik
teks hikayat
· Mengidentifikasi
nilai nilai teks hikayat
· Mengidentifikasi
nilai-nilai dalam hikayat yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini.
· Menuliskan
kembalihikayat yang telah dibaca/didengar dengan bahasa sendiri
dalam bentuk teks eksposisi, baik secara lisan maupun tulis.
|
Berpikir kritis (Critical
thinking)
Kreativitas (Creativity)
|
30 menit
|
Data prosesing
(Pengolahan data)
|
Peserta didik mendiskusikan
data yang didapat dari teks hikayat berupa:
o Merumuskan pokok-pokok isi hikayat
o Merumuskan karakteristik hikayat.
o Mengidentifikasi nilai-nilai
hikayat
o Mengidentifikasi nilai-nilai dalam
hikayat yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini.
o Menuliskan
kembalihikayat yang telah dibaca/didengar dengan bahasa sendiri
dalam bentuk teks eksposisi, baik secara lisan maupun tulis.
|
Kerja sama
Berpikir kritis
Kreativitas (Creativity)
|
35 menit
|
Verification
(Pemeriksaan data)
|
Masing masing kelompok secara
bergantian mempresentasikan hasil kelompoknya dalam diskusi kelas untuk menferifikasikan
hasil kerjanya, kelompok lain memberikan tanggapan meliputi:
· Pokok-pokok
isi hikayat
· Karakteristik
teks hikayat
· Mengidentifikasi
nilai nilai teks hikayat
· Mengidentifikasi
nilai-nilai dalam hikayat yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini.
· Menuliskan
kembalihikayat yang telah dibaca/didengar dengan bahasa sendiri
dalam bentuk teks eksposisi, baik secara lisan maupun tulis.
|
Komunikatif
(Communicative)
|
40 menit
|
Generalization(menarik
kesimpulan/generalisasi)
|
Di bawah bimbingan pendidik
peserta didik menyimpulkan
o Pokok-pokok isi hikayat
o Karakteristik teks hikayat
o Mengidentifikasi nilai nilai teks
hikayat
o Mengidentifikasi nilai-nilai dalam
hikayat yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini.
o Menuliskan
kembalihikayat yang telah dibaca/didengar dengan bahasa sendiri
dalam bentuk teks eksposisi, baik secara lisan maupun tulis.
|
Kreativitas (Creativity)
|
15 menit
|
Penutup
|
Kegiatan pendidik bersama
peserta didik yaitu:
· Memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran
· Melaksanakan penilaian
· Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas,
baik tugas individual maupun kelompok.
· Menginformasikan rencanakegiatan pembelajaran untukpertemuan berikutnya.
|
HOTS
|
15 menit
|
H.
PENILAIAN
PEMBELAJARAN, REMEDIAL, DAN PENGAYAAN
Teknik Penilaian
1. Kompetensi keagamaan dan sosial:
a)Teknik
penilaian :
observasi/ pengamatan
b)Bentuk : catatan hasil observasi
c)Instrumen : jurnal (terlampir)
2. Kompetensi Pengetahuan:
a) Teknik
penilaian : Tes
b) Bentuk Penilaian :Tes lisan (kuis) dan penugasan
indiividu dan kelompok.
c) Instrumen
penilaian : Kuis (daftar soal) dan lembar
kerja. (terlampir)
3. Kompetensi keterampilan :
a)Teknik
penilaian :penugasan.
b)Bentuk :tugas
tertulis.
c)Instrumen
penilaian :lembar
kerja dan penilaian presentasi
4. Remedial:
a) Pembelajaran remedial dilakukan
bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b) Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan
melalui remidial teaching(klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas
dan diakhiri dengan tes.
c) Tugas remedial, dilakukan
sebanyak 3 kali yaitu dengan cara menugaskan kepada peserta didik
untuk membenahi tugas yang telah dikerjakan sehingga memenuhi ketentuan yang
ditetapkan.
5. Pengayaan:
Bagi
Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan
pembelajaran
pengayaan sebagai berikut:
a) Siwa
yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
b) Siwa
yang mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Catatan Perbaikan RPP
:
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
Jakarta, 16 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMK.................................. Guru
Mata Pelajaran
........................................... ........................................
No comments:
Post a Comment