bahasadwi.blogspot.com
Contoh Laporan Praktik Sistem Ganda (PSG) Teknik Kendaraan Ringan.
LAPORAN
PRAKTIK SISTEM GANDA
di “ PT KRAMAYUDHA RATU MOTOR ”
ASSY ENGINE - WELDING
Jalan Raya Bekasi. Km.21-22, Rawa
Terate,Cakung
JAKARTA TIMUR
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu
Syarat
Mengikuti UAS / UAN
Tahun Pelajaran 2014 / 2015
Disusun Oleh :
Nama NIS KELAS
Bidang Studi Keahlian : Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian : Teknik Kendaraan Ringan
Sekolah Menengah Kejuruan
Jalan Bekasi Raya, Jakarta
Contoh Lembar Pengesahan
LEMBAR PENGESAHAN PERUSAHAAN
Diterima/ditolak
TIM PENILAI
PT KRAMAYUDHA RATU MOTOR
JAKARTA TIMUR
Jakarta, Mei 2014
Mengetahui,
Manager Perakitan Pembimbing
( ...………………) (……………..)
Contoh Lembar Pengesahan Sekolah
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH
Diterima/ditolak
TIM PENILAI
SMK................. JAKARTA
JAKARTA
Jakarta,
Mei 2015
Mengetahui,
Ka.Bid. Hubungan Industri Ka.Jur. Tek. Kendaraan Ringan
(…………………………..) (….........…………………….)
Mengesahkan,
Kepala SMK..................
(………………………)
Contoh Kata Pengantar
KATA PENGANTAR
Puji Syukur kita panjatkan kehadirat
Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat
menyelesaikan karya tulis ini dengan baik. Sebagaimana kita ketahui bahwa
pembuatan laporan Pendidikan Sistem Ganda (Karya Tulis) adalah salah satu
tugas yang diwajibkan bagi semua siswa kelas dua belas.
Penulis menyadari bahwa karya tulis ini
masih ada kekurangan yang mungkin kami tidak ketahui atau tidak disadari,
oleh sebab itu kami membutuhkan saran dan kritik yang sifatnya membangun dari
Bapak / Ibu guru dan pembaca, agar di waktu yang akan datang kami dapat
memperbaiki apa yang masih kurang dalam pembuatan karya tulis ini .
Kami juga berharap semoga karya tulis
ini diterima dan bermanfaat untuk generasi yang akan datang khususnya siswa /
siswi SMK untuk dijadikan referensi
dan bahan perbandingan dalam penyusunan laporan pendidikan sistem ganda /
karya tulis yang akan datang.
Tidak lupa juga dalam kesempatan ini,
kami sebagai penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada :
1. Drs.
…………………..., selaku Kepala SMK................... Jakarta.
2. Drs……………………, selaku Ketua Jurusan Teknik Kendaraan
Ringan.
3. Drs.
………………….., selaku Kepala Bidang
Hubungan Industri.
4. ...................................... selaku
Guru Bahasa Indonesia.
5. Bapak/Ibu
Guru yang telah membantu, terselesaikannya karya tulis ini.
6. Kepala
Bengkel dari PT KRAMAYUDHA RATU MOTOR
7. Pembimbing
dari PT KRAMAYUDHA RATU MOTOR
8. Serta
para Staf dan Karyawan PT KRAMAYUDHA RATU
MOTOR
Jakarta Timur.
Akhirnya
kami sebagai penulis mengucapkan terima kasih dan mohon maaf yang setulus-tulusnya, bila ada kesalahan dalam
penulisan karya tulis ini, baik yang disengaja maupun tidak disengaja .
Jakarta, Mei 2015
Penulis
Contoh Daftar Isi
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN PERUSAHAAN .................................................. ii
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH ................................................. iii
KATA PENGANTAR ................................................. iv
DAFTAR ISI ..................................................vi
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Tujuan PraktIk Kerja Industri ..................................................................... 1
1.2 Tujuan Penulisan Laporan Prakerin ................................................................1
1.3 Kerangka Laporan ............................................................................... 2
BAB II URAIAN
UMUM
2.1
Sejarah Singkat Perusahaan .................................................................3
2.2 Produk PT Kramayudha Ratu Motor 4
2.3
Visi dan Misa…………………………………………...…………………...9
2.4
Kegiatan PT Kramayudha Ratu Motor ............................................. 10
BAB III URAIAN
KHUSUS
3.1
Definisi Dan Klasifikasi Pengelasan .............................................. 12
3.2
Componen Cabin ............................................................................. 18
3.3 Manufaktur Proses .............................................................................. 18
3.4 Push Rod ..............................................................................................27
3.5 Rocker Arm ..............................................................................................28
3.6 Sistem Pendingin .............................................................................. 32
3.7 Radiator .............................................................................................. 35
3.8 Sistem Pengapian ............................................................................... 36
BAB IV PENUTUP
4.1
Kesimpulan ..............................................................................................40
4.2
Saran-saran ...............................................................................................41
DAFTAR PUSTAKA
……………………………………………...………… 42
Contoh Bab I, II, III, dan IV
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Tujuan Praktik Kerja
Industri
Adapun tujuan dari dilaksanakannya Praktik Kerja Industri ini antara lain sebagai berikut:
1.1.1 Meningkatkan, memperluas dan memantapkan ketrampilan yang
dapat membentuk kemampuan siswa sebagai bekal memasuki lapangan kerja yang
sesuai dengan program studi yang dipilih.
1.1.2 Menumbuh kembangkan dan memantapkan sikap professional
yang diperlukan siswa untuk memasuki dunia kerja sesuai dalam bidang usaha.
1.1.3 Meningkatkan pengenalan siswa pada aspek-aspek usaha yang
potensial dalam lapangan kerja.
1.1.4 Menambah dan memperluas wawasan pikir siswa dalam
pengetahuan bidang otomotif.
1.1.5 Untuk mendapatkan data-data serta bukti dalam membuat
laporan praktik kerja industri.
1.2
Tujuan Penulisan Laporan Praktik Kerja Industri
Adapun tujuan dari penulisan laporan praktik kerja industri ini dilakukan yaitu:
1.2.1 Sebagai bukti bahwa siswa telah melaksanakan praktik kerja industri.
1.2.2 Untuk memenuhi syarat yang diwajibkan sekolah untuk
mengikuti UAS/UAN tahun pelajaran 2012/2013.
1.2.3 Dapat dijadikan pedoman dalam membuat karya tulis untuk
angkatan yang akan datang.
1.2.4 Mengumpulkan data guna untuk kepentingan sekolah dan diri
penulis sendiri.
1.2.5 Mendidik para siswa agar dapat mengembangkan segala daya
pikirnya dalam bentuk tulisan.
1.3
Kerangka Laporan
Sistematika penyusunan laporan ini terdiri dari bab I, II, III dan IV
BAB I : PENDAHULUAN
Dalam bab I menjelaskan
tentang tujuan pakerin,
tujuan
pembuatan laporan praktik, dan
kerangka lapora
BAB II : URAIAN UMUM
Dalam bab II menjelaskan
tentang sejarah struktur organisasi,
BAB III : URAIAN KHUSUS
Dalam bab III menjelaskan
langkah kerja dan segala sesuatu yan
berhubungan
dengan tune-up
BAB IV : PENUTUP
Terdiri dari simpulan dan saran-saran
BAB II
URAIAN
UMUM
2.1 Sejarah Perusahaan
Pada tahun 1970
PT Krama Yudha didirikan di jakarta. Kemudian perusahaan ini menjadiinduk dari
beberapa perusahaan dibidang produksi kendaraan bermotor bermerek mitshubishi.
PT Krama Yudha ini memiliki sebagian besar saham-saham pada perusahaan
kendaraan bermotorbermerek Mitshubishi antara lain
PT Krama Yudha
Ratu Motor
(PT KRM) yang merupakan pabrik perakitankendaraan bermotor Mitshubishi jenis
niaga, dan menjadi obyek studi ini.
PT Mitshubishi
Krama Yudha Motor & Manufacturing (PT MKM) merupakan
pabrikpembuatan komponen dan suku cadang kendaraan bermotor bermerek
Mitshubishiyang di rakit di dalam negeri.
PT Krama Yudha
Tiga Berlian Motors (PT KTB)
yang bertindak sebagai importir dandistributor tunggal kendaraan bermotor
bermerek Mitshubishi.
PT Krama Yudha
Surabaya Mojopahit Motors (PT KSMM)
adalah pabrik perakitankendaraan bermotor jenis niaga , yakni jenis Colt diesel
FE 101 dan Colt diesel FE 114pada taun 1983 tempat perakitan ini di tutup.
PT Krama Yudha
Kesuma Motors (PT KKM)
merupakan pabrik perakitan kendaraansedan atau penumpang, dan sedang Galant II
type 1800 salon, sedan Lancer type1440 salon, F 1400 Hatch Back, pada bulan
april 2004 tempat ini di tutup.
PT Colt Engine
Menufacturing (PT CEM)
merupakan pabrik mesin untuk kendaraanMitshubishi dan pada tahun 1985 PT ini
menjadi PT MKM II.PT Krama Yudha Ratu
Motor (PT KRM) merupakan suatu usaha pabrik perakitankendaraan bermotor niaga,
merek Mitshubishi yang didirikan di Jakarta pada tanggal1 Juni 1793 dan
mendapat kepercayaan langsung dari pabrik pemiliknya di Jepang,dengan status
PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri).
Pendiri PT Krama Yudha Ratu Motor (PT KRM) ini sejalan
dengan rencana dananjuran pemerintah agar supaya kebutuhan kendaraan bermotor
dapat sepenuhnya diproduksi di dalam negeri.Pada bulan Januari 1975 PT Krama Yudha Ratu Motor (PT KRM) mulai
merakit,memulai menghasilkan produksi komersial, dengan mempergunakan peralatan
dan tempatyang cukup baik.Dalam tahun tersebut perusahaan ini menghasilkan
kendaaraan bermotor jenisniaga sejumlah 7882 unit, yang tediri dari :
a. Kendaraan niaga tipe T120 pick up
sebanyak 1368 unit.
b.Kendaraan niaga tipe T210 CN
sebanyak 968 unit.
c. Kendaraan niaga tipe 200 CU sebanyak
1566 unit
d. Kendaraan niaga tipe T210 FZ
sebanyak 1992 unit.
e. Kendaraan niaga tipe 633 E sebanyak
1988 unit.
Dan saat ini
seiring berkembangnya industri kendaraan bermotor, PT KRM telahmemproduksi
jenis jenis kendaraan yaitu :
CJM (Car Joint Mitsubishi) CJM atau
dikenal dengan merek dagang T120ss mulai diproduksi oleh PT Krama Yudha
RatuMotor pada tahun 1998. T120ss sebenarnya sebelumnya sudah diedarkan di
pasar Indonesiapada tahun 1983, namun yang memproduksi adalah PT Krama Yudha
Kesuma Motor (KKM). KKMmemproduksi T120ss hingga tahun 1996, namun kemudian
produksi T120ss dipindahkan ke KRMkarena Mitsubishi Motor Corporation (MMC),
selaku penanam modal terbesar, memutuskanuntuk menutup KKM akibat produksinya
yang tidak menguntungkan. Dalam keberjalanannyamemproduksi T120ss Mitsubishi
Corporation bekerja sama dengan Suzuki Corporation. Karenakerja sama inilah,
T120ss berganti nama menjadi CJM (Car Joint Mitsubishi) untuk produksiMitsubishi
dan CJS (Car Joint Suzuki) untuk produksi Suzuki. Bentuk kerja sama kedua
perusahaanotomotif ini adalah dalam hal pengadaan komponen-komponen penyusun
mobil. Jadi produksikomponen mobil T120ss sebagian dilakukan oleh Mitsubishi,
dalam hal ini adalah PT MitsubishiKrama Yudha Manufacturer (MKM), dan sebagian
lagi oleh Suzuki. CJM memiliki 4 varian, yaituflat bed, standard pick up, mini
bus, dan three way.........................................
|
No comments:
Post a Comment