Contoh Laporan PSG

DWI HARTONO
bahasadwi.blogspot.com

Contoh Laporan Praktik Sistem Ganda (PSG) Teknik Kendaraan Ringan.

               
                                       LAPORAN PRAKTIK SISTEM GANDA
                                      di “ PT KRAMAYUDHA RATU MOTOR ”
                                               ASSY ENGINE - WELDING

                                Jalan Raya Bekasi. Km.21-22, Rawa Terate,Cakung
                                                       JAKARTA TIMUR

                                    Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat
                                                     Mengikuti UAS / UAN
                                                  Tahun Pelajaran 2014 / 2015

                                                            Disusun Oleh :

                   Nama                                       NIS                                     KELAS
                                                                                                                
                                                                                               


                      Bidang Studi Keahlian                :      Teknik Otomotif
                      Kompetensi  Keahlian                 :      Teknik Kendaraan Ringan





                                                  Sekolah Menengah Kejuruan
                                                    Jalan Bekasi Raya, Jakarta





Contoh Lembar Pengesahan 


                                   LEMBAR PENGESAHAN PERUSAHAAN


                                                          Diterima/ditolak



                                                          TIM PENILAI
                                       PT KRAMAYUDHA RATU MOTOR
                                                       JAKARTA TIMUR




                                                                                                      Jakarta,     Mei 2014

                                                               Mengetahui,

            Manager Perakitan                                                              Pembimbing


           ( ...………………)                                                            (……………..)







 Contoh Lembar Pengesahan Sekolah


                                        LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH


                                                          Diterima/ditolak



                                                           TIM PENILAI
                                               SMK.................  JAKARTA
                                                              JAKARTA 



                                                                                                     Jakarta,   Mei   2015

                                                            Mengetahui,

          Ka.Bid. Hubungan Industri                                    Ka.Jur. Tek. Kendaraan Ringan


          (…………………………..)                                    (….........…………………….)
                                                                                          



                                                          Mengesahkan,
                                                  Kepala SMK..................

                                                  (………………………)


 Contoh Kata Pengantar



                                                 KATA PENGANTAR

          Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan karya tulis ini dengan baik. Sebagaimana kita ketahui bahwa pembuatan laporan Pendidikan Sistem Ganda (Karya Tulis) adalah salah satu tugas yang diwajibkan bagi semua siswa kelas dua belas.
          Penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih ada kekurangan yang mungkin kami tidak ketahui atau tidak disadari, oleh sebab itu kami membutuhkan saran dan kritik yang sifatnya membangun dari Bapak / Ibu guru dan pembaca, agar di waktu yang akan datang kami dapat memperbaiki apa yang masih kurang dalam pembuatan karya tulis ini .
          Kami juga berharap semoga karya tulis ini diterima dan bermanfaat untuk generasi yang akan datang khususnya siswa / siswi SMK  untuk dijadikan referensi dan bahan perbandingan dalam penyusunan laporan pendidikan sistem ganda / karya tulis yang akan datang.
         Tidak lupa juga dalam kesempatan ini, kami sebagai penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada :
1. Drs. …………………..., selaku Kepala SMK...................  Jakarta.
2. Drs……………………,  selaku Ketua Jurusan Teknik Kendaraan Ringan.
3. Drs. …………………..,  selaku Kepala Bidang Hubungan Industri.
4.  ......................................  selaku Guru Bahasa Indonesia.
5.  Bapak/Ibu Guru yang telah membantu, terselesaikannya karya tulis ini.
6.  Kepala Bengkel dari PT KRAMAYUDHA RATU MOTOR
7.  Pembimbing dari PT KRAMAYUDHA RATU MOTOR
8.  Serta para Staf dan Karyawan PT KRAMAYUDHA RATU  MOTOR
     Jakarta Timur.
                Akhirnya kami sebagai penulis mengucapkan terima kasih dan mohon maaf yang  setulus-tulusnya, bila ada kesalahan dalam penulisan karya tulis ini, baik yang disengaja maupun tidak disengaja .
                  

                                                                                                                                                                                                                                                                Jakarta, Mei  2015


                                                                                                                                                                                                                                                                          Penulis



 Contoh Daftar Isi 

                                                             DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN PERUSAHAAN   .................................................. ii
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH            ................................................. iii
KATA PENGANTAR                                        ................................................. iv
DAFTAR ISI                                                       ..................................................vi

BAB I                       PENDAHULUAN
1.1 Tujuan PraktIk Kerja Industri     ..................................................................... 1
1.2 Tujuan Penulisan Laporan Prakerin  ................................................................1
1.3 Kerangka Laporan            ............................................................................... 2

BAB II                      URAIAN UMUM
2.1 Sejarah Singkat Perusahaan             .................................................................3
2.2 Produk PT Kramayudha Ratu Motor 4
2.3  Visi dan Misa…………………………………………...…………………...9
2.4  Kegiatan PT Kramayudha Ratu Motor            ............................................. 10

BAB III     URAIAN KHUSUS
3.1 Definisi Dan Klasifikasi Pengelasan                .............................................. 12
3.2 Componen Cabin               ............................................................................. 18
3.3 Manufaktur  Proses          .............................................................................. 18
3.4 Push Rod           ..............................................................................................27
3.5 Rocker Arm       ..............................................................................................28
3.6 Sistem Pendingin             ..............................................................................  32
3.7 Radiator            .............................................................................................. 35
3.8 Sistem Pengapian            ............................................................................... 36


BAB IV     PENUTUP
4.1 Kesimpulan       ..............................................................................................40
4.2 Saran-saran      ...............................................................................................41

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………...…………  42



Contoh Bab I, II, III, dan IV

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Tujuan Praktik Kerja Industri
Adapun tujuan dari dilaksanakannya Praktik Kerja Industri ini antara lain sebagai berikut:
1.1.1   Meningkatkan, memperluas dan memantapkan ketrampilan yang dapat membentuk kemampuan siswa sebagai bekal memasuki lapangan kerja yang sesuai dengan program studi yang dipilih.
1.1.2   Menumbuh kembangkan dan memantapkan sikap professional yang diperlukan siswa untuk memasuki dunia kerja sesuai dalam bidang usaha.
1.1.3   Meningkatkan pengenalan siswa pada aspek-aspek usaha yang potensial dalam lapangan kerja.
1.1.4   Menambah dan memperluas wawasan pikir siswa dalam pengetahuan bidang otomotif.
1.1.5   Untuk mendapatkan data-data serta bukti dalam membuat laporan praktik kerja industri.

1.2  Tujuan Penulisan Laporan Praktik Kerja Industri
Adapun tujuan dari penulisan laporan praktik kerja industri ini dilakukan yaitu:
1.2.1   Sebagai bukti bahwa siswa telah melaksanakan praktik kerja industri.
1.2.2   Untuk memenuhi syarat yang diwajibkan sekolah untuk mengikuti UAS/UAN tahun pelajaran 2012/2013.
1.2.3   Dapat dijadikan pedoman dalam membuat karya tulis untuk angkatan yang akan datang.
1.2.4   Mengumpulkan data guna untuk kepentingan sekolah dan diri penulis sendiri.
1.2.5   Mendidik para siswa agar dapat mengembangkan segala daya pikirnya dalam bentuk tulisan.

1.3  Kerangka Laporan
     Sistematika penyusunan laporan ini terdiri dari bab I, II, III dan IV
                              BAB I          : PENDAHULUAN
Dalam bab I menjelaskan tentang tujuan pakerin,
tujuan pembuatan laporan praktik, dan kerangka   lapora
                              BAB II         : URAIAN UMUM
Dalam bab II menjelaskan tentang sejarah struktur organisasi,
                              BAB III        : URAIAN KHUSUS
Dalam bab III menjelaskan langkah kerja dan segala sesuatu yan
berhubungan dengan tune-up
                              BAB IV       : PENUTUP
Terdiri dari simpulan dan saran-saran


                                                  BAB II
URAIAN UMUM
2.1 Sejarah Perusahaan
   Pada tahun 1970 PT Krama Yudha didirikan di jakarta. Kemudian perusahaan ini menjadiinduk dari beberapa perusahaan dibidang produksi kendaraan bermotor bermerek mitshubishi. PT Krama Yudha ini memiliki sebagian besar saham-saham pada perusahaan kendaraan bermotorbermerek Mitshubishi antara lain
   PT Krama Yudha Ratu Motor  (PT KRM) yang merupakan pabrik perakitankendaraan bermotor Mitshubishi jenis niaga, dan menjadi obyek studi ini.
     PT Mitshubishi Krama Yudha Motor & Manufacturing (PT MKM) merupakan pabrikpembuatan komponen dan suku cadang kendaraan bermotor bermerek Mitshubishiyang di rakit di dalam negeri.
    PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (PT KTB) yang bertindak sebagai importir dandistributor tunggal kendaraan bermotor bermerek Mitshubishi.
    PT Krama Yudha Surabaya Mojopahit Motors (PT KSMM) adalah pabrik perakitankendaraan bermotor jenis niaga , yakni jenis Colt diesel FE 101 dan Colt diesel FE 114pada taun 1983 tempat perakitan ini di tutup.
    PT Krama Yudha Kesuma Motors (PT KKM) merupakan pabrik perakitan kendaraansedan atau penumpang, dan sedang Galant II type 1800 salon, sedan Lancer type1440 salon, F 1400 Hatch Back, pada bulan april 2004 tempat ini di tutup.
    PT Colt Engine Menufacturing (PT CEM) merupakan pabrik mesin untuk kendaraanMitshubishi dan pada tahun 1985 PT ini menjadi PT MKM II.PT  Krama Yudha Ratu Motor (PT KRM) merupakan suatu usaha pabrik perakitankendaraan bermotor niaga, merek Mitshubishi yang didirikan di Jakarta pada tanggal1 Juni 1793 dan mendapat kepercayaan langsung dari pabrik pemiliknya di Jepang,dengan status PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri).
    Pendiri PT  Krama Yudha Ratu Motor (PT KRM) ini sejalan dengan rencana dananjuran pemerintah agar supaya kebutuhan kendaraan bermotor dapat sepenuhnya diproduksi di dalam negeri.Pada bulan Januari 1975 PT  Krama Yudha Ratu Motor (PT KRM) mulai merakit,memulai menghasilkan produksi komersial, dengan mempergunakan peralatan dan tempatyang cukup baik.Dalam tahun tersebut perusahaan ini menghasilkan kendaaraan bermotor jenisniaga sejumlah 7882 unit, yang tediri dari :
a.  Kendaraan niaga tipe T120 pick up sebanyak 1368 unit.
b.Kendaraan niaga tipe T210 CN sebanyak 968 unit.
c. Kendaraan niaga tipe 200 CU sebanyak 1566 unit
d.  Kendaraan niaga tipe T210 FZ sebanyak 1992 unit.
e. Kendaraan niaga tipe 633 E sebanyak 1988 unit.
           Dan saat ini seiring berkembangnya industri kendaraan bermotor, PT KRM telahmemproduksi jenis jenis kendaraan yaitu :
 CJM (Car Joint Mitsubishi) CJM atau dikenal dengan merek dagang T120ss mulai diproduksi oleh PT Krama Yudha RatuMotor pada tahun 1998. T120ss sebenarnya sebelumnya sudah diedarkan di pasar Indonesiapada tahun 1983, namun yang memproduksi adalah PT Krama Yudha Kesuma Motor (KKM). KKMmemproduksi T120ss hingga tahun 1996, namun kemudian produksi T120ss dipindahkan ke KRMkarena Mitsubishi Motor Corporation (MMC), selaku penanam modal terbesar, memutuskanuntuk menutup KKM akibat produksinya yang tidak menguntungkan. Dalam keberjalanannyamemproduksi T120ss Mitsubishi Corporation bekerja sama dengan Suzuki Corporation. Karenakerja sama inilah, T120ss berganti nama menjadi CJM (Car Joint Mitsubishi) untuk produksiMitsubishi dan CJS (Car Joint Suzuki) untuk produksi Suzuki. Bentuk kerja sama kedua perusahaanotomotif ini adalah dalam hal pengadaan komponen-komponen penyusun mobil. Jadi produksikomponen mobil T120ss sebagian dilakukan oleh Mitsubishi, dalam hal ini adalah PT MitsubishiKrama Yudha Manufacturer (MKM), dan sebagian lagi oleh Suzuki. CJM memiliki 4 varian, yaituflat bed, standard pick up, mini bus, dan three way.........................................











No comments:

Post a Comment