KISI-KISI PENULISAN SOAL
PREDIKSI UN 2016
Jenjang sekolah: SMK Jumlah soal :
50
Mata pelajaran : BAHASA INDONESIA Bentuk
soal/tes : PILIHAN GANDA
Kurikulum : IRISAN 2006-2013 Penyusun :
1. ……….…………
Alokasi waktu : 120 MENIT 2. ………….………
No.
|
Kompetensi/KD
|
Materi
Pokok
|
Kelas/ Smt
|
Indikator soal
|
Taksonomi
|
Nomor
Soal
|
Kunci
|
1.
|
Makna istilah (teks anekdot)
|
X/1
|
Disajikan sebuah teks yang didalamnya terdapat istilah,
siswa dapat menentukan makna istilah tersebut.
|
||||
2
|
Majas dalam puisi
|
X
|
Disajikan sebuah teks puisi, siswa dapat menentukan Majas
dalam puisi
|
||||
3
|
Makna kias (teks anekdot)
|
X
|
Disajikan sebuah teks nekdot, siswa dapat
menentukan makna kias
|
||||
4
|
Unsur intrinsik dalam
cerpen
|
XI
|
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan unsur
intrinsik dalam cerpen
|
||||
5
|
Istilah yang tepat (teks rumpang). (teks eksposisi)
|
X
|
Disajikan sebuah teks eksposisi, siswa dapat
menentukan istilah yang tepat
|
||||
6
|
Kesalahan penggunaan kata baku dan tidak baku (teks
eksposisi)
|
X
|
Disajikan sebuah teks eksposisi yang di dalamnya
terdapat kata tidak baku, siswa dapat menentukan kata tidak baku dalam teks tersebut
|
||||
7
|
Kesalahan penggunaan konjungsi.(eksplanasi).
|
XI
|
Disajikan sebuah teks eksplanasi, siswa dapat
menentukan kesalahan penggunaan konjungsi
|
||||
8
|
Kesalahan
pengunaan kalimat (kalimat efektif) (Teks berita )
|
XII
|
Disajikan sebuah teks berita yang di dalamnya terdapat kalimat tidak efektif, siswa dapat
menentukan kalimat tidak efektif
|
||||
9
|
Arti kata
(teks cerita sejarah)
|
XII
|
Disajikan sebuah teks cerita sejarah, siswa dapat menentukan arti kata tertentu dalam
teks tersebut
|
||||
10
|
Kesalahan Penulisan
judul teks karangan (teks berita)
|
XII
|
Disajikan sebuah judul teks berita yang salah penulisannya,siswa dapat
menentukan penulisan judul teks karangan yang tepat
|
||||
11
|
Kesalahan penulisan gelar (negosiasi)
|
X
|
Disajikan sebuah teks
negosiasi), siswa dapat menentukan penulisan gelar yang tepat.
|
||||
12
|
Kesalahan penggunaan tanda baca (koma,titik). (teks
laporan hasil observasi)
|
X
|
Disajikan sebuah teks laporan hasil observasi, siswa
dapat menentukan kalimat yang memiliki kesalahan dalam penggunaan
tanda baca koma.
|
||||
13
|
Ide pokok (teks berita)
|
XII
|
Disajikan sebuah teks
berita, siswa dapat menentukan ide
pokok
|
||||
14
|
Isi tersurat dalam teks berita editorial. (tujuan,
maksud kalimat, pandangan penulis,
keberpihakan, sebab akibat).
|
XII
|
Disajikan sebuah teks berita editorial, siswa dapat
menentukan kalimat yang berisi pandangan penulis secara tersurat dalam teks berita editorial.
|
||||
15
|
Inti kalimat dalam teks berita
|
XII
|
Disajikan sebuah teks
berita, siswa dapat menentukan inti kalimat (kalimat utama) dalam teks
berita
|
||||
16
|
Isi tersurat dalam cerpen
|
XI
|
Disajikan sebuah teks
cerpen, siswa dapat menentukan isi tersurat (konflik) dalam cerpen
|
||||
17
|
Isi tersirat dalam pantun
|
XI
|
Disajikan sebuah teks
pantun , siswa dapat
menentukan Isi tersirat dalam pantun
|
||||
18
|
Unsur ekstrinsik dalam novel
|
XII
|
Disajikan sebuah teks
novel, siswa dapat menentukan unsur ekstrinsik dalam novel
|
||||
19
|
Unsur teks eksposisi ( teks diacak)
|
X
|
Disajikan sebuah teks
eksposisi yang diacak, siswa
dapat menentukan urutan yang tepat teks eksposisi tersebut
|
||||
20
|
Unsur teks deskripsi ( kalimat rumpang)
|
X
|
Disajikan sebuah teks
deskripsi yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapi bagian yang rumpang dalam teks deskripsi tersebut.
|
||||
21
|
Unsur teks narasi ( melanjutkan cerita)
|
X
|
Disajikan sebuah teks
narasi yang belum selesai, siswa dapat menentukan lanjutan teks narasi tersebut
|
||||
22
|
Unsur pantun ( pantun yang dirumpangkan)
|
XI
|
Disajikan sebuah teks pantun rumpang, siswa
dapat menentukan melengkapi bagian unsur pantun tersebut
|
||||
23
|
Unsur teks ulasan ( ulasan rumpang)
|
XI
|
Disajikan sebuah teks ulasan rumpang, siswa dapat melengkapi bagian rumpang
pada teks ulasan
|
||||
24
|
Unsur teks prosedur kompleks (langkah urutan petunjuk
kerja)
|
X
|
Disajikan sebuah teks prosedur kompleks yang diacak,iswa
dapat menentukan langkah urutan
petunjuk kerja
|
||||
25
|
Isi teks iklan
|
XII
|
Disajikan sebuah teks
iklan, siswa dapat menentukan isi
teks iklan dalam kalimat teks tersebut
|
||||
26
|
Kata bentukan ( kata bermakna proses dan hasil) (teks
cerita ulang)
|
XI
|
Disajikan sebuah teks cerita ulang, siswa dapat
menentukan kata bentukan ( kata
bermakna proses/hasil)
|
||||
27
|
Ejaan (huruf
kapital yang menunjukan nama kota/tempat)
|
XI
|
Disajikan sebuah teks
eksplanasi, siswa dapat menentukan perbaikan penulisan ejaan
(huruf kapital yang menunjukkan nama
kota/tempat)
|
||||
28
|
Tanda baca (
penulisan dalam alamat surat ) (Negosiasi)
|
X
|
Disajikan sebuah teks Negosiasi,siswa dapat menentukan penulisan
alamat surat yang tepat dalam surat
|
||||
29
|
Komentar pendapat (tanggapan positif/ logis).
(editorial)
|
XII
|
Disajikan sebuah teks
editorial, siswa dapat menentukan
tanggapan logis/positif
|
||||
30
|
Bukti simpulan (teks ulasan film/drama)
|
XI
|
Disajikan sebuah teks ulasan film/drama, siswa dapat
menentukan simpulan teks tersebut
|
||||
31
|
Hubungan antar bagian teks ( hubungan perbandingan)
(teks cerita berita)
|
XII
|
Disajikan sebuah teks cerita berita, siswa dapat
menentukan kalimat yang memiliki hubungan perbandingan
|
||||
32
|
Ringkasan teks cerita sejarah
|
XII
|
Disajikan sebuah teks cerita sejarah , siswa dapat menentukan ringkasan teks cerita sejarah
|
||||
33
|
Hubungan antarunsur (amanat dalam novel)
|
XII
|
Disajikan sebuah teks
novel, siswa dapat menentukan amanat dalam novel tersebut.
|
||||
34
|
Watak dalam drama
|
XI
|
Disajikan sebuah teks
drama , siswa dapat menentukan Watak dalam drama
|
||||
35
|
Setting dalam cerpen/novel
|
XI
|
Disajikan sebuah teks cerpen , siswa dapat menentukan Setting
dalam cerpen
|
||||
36
|
Isi teks dalam kehidupan saat ini (Nilai keteladan teks
biografi ) (Teks cerita ulang biografi)
|
XI
|
Disajikan sebuah teks cerita ulang biografi), siswa dapat
menentukan nilai keteladan dalam teks biografi
|
||||
37
|
Keunggulan /kelemahan
karya sastra (resensi film)
|
XI
|
Disajikan sebuah teks
resensi film) , siswa
dapat menentukan keunggulan
/kelemahan karya sastra (resensi film)
|
||||
38
|
Perbandingan pola karya sastra (berdasarkan gaya, tema,
unsur dalam iklan. (teks iklan)
|
XII
|
Disajikan dua buah buah teks iklan, siswa dapat menentukan perbandingan
tema dalam iklan tersebut.
|
||||
39
|
Ringkasan isi karya sastra. (Novel)
|
XII
|
Disajikan sebuah teks
novel, siswa dapat menentukan
ringkasan isi novel tersebut.
|
||||
40
|
Urutan Peristiwa dalam cerita. (teks sejarah)
|
XII
|
Disajikan sebuah teks
sejarah yang disusun secara acak, siswa dapat menentukan urutan peristiwa dalam cerita dengan tepat
|
||||
41
|
Urutan langkah-langkah dalam teks prosedur kompleks
|
X
|
Disajikan sebuah teks
prosedur kompleks yang disusun secara acak,siswa dapat menentukan urutan langkah-langkah yang tepat dalam
teks prosedur kompleks
|
||||
42
|
Kata yang bermakna sama (sinonim). (Teks laporan hasil
observasi)
|
X
|
Disajikan sebuah teks laporan hasil observasi, siswa
dapat menentukan kalimat yang menggunakan
kata bersinonim
|
||||
43
|
Kalimat yang bertujuan sama. (pernyataan yang
sesuai/tidak sesuai). Teks editorial)
|
XII
|
Disajikan sebuah teks editorial, siswa dapat menentukan
pernyataan yang sesuai/tidak sesuai.
|
||||
44
|
Paragraf dari
beberapa data. (grafik). (Lap Hasil Observasi)
|
X
|
Disajikan sebuah teks Lap Hasil Observasi, siswa dapat menentukan isi grafik.
|
||||
45
|
Simpulan dari
beberapa data (tabel) (Lap hasil observasi)
|
X
|
Disajikan sebuah teks
Lap hasil observasi yang berupa
tabel,siswa dapat menentukan simpulan isi
tabel
|
||||
46
|
Perbaikan kesalahan penggunaan kalimat (kalimat rancu,
ambigu, pemborosan, tidak logis, tidak lengkap). (teks berita)
|
XII
|
Disajikan sebuah teks berita, siswa dapat
menentukan perbaikan kesalahan
penggunaan kalimat (kalimat rancu, ambigu, pemborosan, tidak logis, tidak
lengkap
|
||||
47
|
Perbaikan kesalahan penggunaan kalimat dalam paragraf.(sumbang) (Teks eksplanasi)
|
X
|
Disajikan sebuah teks eksplanasi, siswa dapat
menentukan kalimat sumbang dalam Teks
eksplanasi tersebut
|
||||
48
|
Perbaikan kesalahan penggunaan kata. (teks berita)
|
XII
|
Disajikan sebuah teks berita yang di dalamnya terdapat
penggunaan kata yang salah, siswa dapat menentukan perbaikan kesalahan
penggunaan kata.
|
||||
49
|
Perbaikan kesalahan penggunaan ejaan.(teks berita)
|
XII
|
Disajikan sebuah teks berita yang di dalamnya terdapat
kesalahan penulisan ejaan, siswa dapat menentukan perbaikan kesalahan
penggunaan ejaan tersebut.
|
||||
50
|
Perbaikan kesalahan penggunaan tanda baca.(teks berita)
|
XII
|
Disajikan sebuah teks berita yang di dalamnya terdapat
penggunaan tanda baca yang tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikan kesalahan penggunaan tanda baca
tersebut.
|
No comments:
Post a Comment