Kaidah Penulisan Soal
Jenjang Pendidikan: SMK
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Program Studi :
Semua Program Studi
1. Soal
harus sesuai dengan indikator.
Indikator Soal:
Disajikan sebuah paragraf teks nonsastra, peserta didik dapat
menentukan perbaikan kalimat tidak efektif
yang terdapat dalam
paragraf tersebut.
Contoh soal yang tidak sesuai dengan
indikator
Cermati teks berikut!
Kalimat tidak efektif pada teks tersebut
ditandai dengan nomor ....
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
Kunci jawaban: A
|
Pembahasan: Di dalam indikator
peserta didik diminta untuk menentukan perbaikan kalimat tidak efektif yang
terdapat dalam teks, namun dalam soal peserta didik diminta untuk
menentukan kalimat yang tidak efektif.
Contoh
soal
yang sesuai dengan indikator
Cermati teks berikut!
Perbaikan
kalimat
tidak efektif pada teks tersebut adalah
dengan cara menghilangkan kata ....
A.
adalah pada
kalimat (1)
B. dan pada kalimat
(2)
C.
adalah pada
kalimat (3)
D.
dengan pada
kalimat (4)
E.
atau pada
kaimat (5)
Kunci jawaban: A
|
2. Pilihan jawaban homogen dan logis
ditinjau dari segi materi.
Indikator
soal:
Disajikan sebuah paragraf teks nonsastra yang rumpang, peserta
didik
dapat melengkapi dengan kata bentukan yang sesuai dengan isi
teks tersebut.
Contoh
soal yang pilihan jawabannya tidak homogen
dan tidak logis ditinjau dari segi materi
Cermati teks
berikut!
Kata bentukan yang
sesuai untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ... .
A.
terserap,
tingkat
B.
diserap,
tingkat
C.
menyerap, tingkatan
D.
menyerap, peningkatan
E.
penyerapan,
meningkatkan
Kunci jawaban: D
|
Pembahasan: Pilihan jawaban tidak
homogen dan tidak logis ditinjau dari segi materi karena opsi jawaban
seharusnya semua kata bentukan, namun ada yang merupakan kata dasar karena yang ditanya adalah kata
bentukan yang tepat untuk melengkapi teks.
Contoh
soal pilihan
jawaban homogen dan logis ditinjau dari segi materi
Cermati teks berikut!
Kata bentukan yang
sesuai untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ... .
A.
terserap,
tingkatan
B.
diserap,
ditingkatkan
C.
menyerap,
tingkatkan
D.
menyerap,
peningkatan
E.
penyerapan,
meningkatkan
Kunci jawaban: D
|
3. Soal mempunyai satu jawaban
yang benar atau paling benar.
Indikator
Soal : Disajikan kutipan puisi,
peserta didik dapat menentukan majas
yang
terdapat dalam kutipan puisi tersebut.
Contoh
soal
mempunyai lebih dari satu jawaban yang benar atau paling benar
Cermati kutipan puisi
berikut!
Majas yang terdapat dalam
kutipan puisi tersebut adalah …
A.
litotes
B.
asosiasi
C.
repetisi
D.
hiperbola
E.
personifikasi
Kunci jawaban: C dan E
|
Pembahasan: Soal tersebut memungkinkan jawaban
lebih dari satu yaitu repetisi dan
personifikasi, misalnya pada larik “Maukah
kau dengar kisahku, bisik Buldozer” dan
“Maukah kau dengar kisahku, ucap
Buldozer”
Contoh soal mempunyai
satu jawaban yang benar atau paling
benar
Cermati kutipan puisi
berikut!
Majas yang terdapat dalam
kutipan puisi tersebut adalah …
A.
litotes
B.
asosiasi
C.
metafora
D.
hiperbola
E.
personifikasi
Kunci jawaban: E
|
4.
Pokok
soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas.
Indikator soal: Disajikan kalimat rumpang, peserta didik dapat
melengkapi dengan
kata bentukan yang
tepat.
Contoh
pokok
soal tidak dirumuskan dengan jelas dan tegas.
Setiap tahun Penghargaan Nobel [...]
kepada ilmuwan yang telah melakukan penelitian luar biasa.
A.
dianugrahi
B.
dianugrahkan
C.
penganugrahan
D.
menganugrahi
E.
menganugrahkan
Kunci : B
|
Pembahasan: Pokok soal tidak
dirumuskan dengan jelas dan tegas, pengecoh menjadi sangat heterogen dan tidak
jelas apa yang ditanyakan.
Contoh
pokok
soal dirumuskan secara jelas dan tegas.
Cermati kalimat berikut!
Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi
kalimat tersebut adalah ....
A.
dianugrahi
B.
dianugrahkan
C.
penganugrahan
D.
menganugrahi
E.
menganugrahkan
Kunci : B
|
5.
Rumusan
pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan saja.
Indikator Soal:
Disjikan sebuah paragraf teks nonsastra
yang rumpang, peserta didik
dapat
melengkapi dengan preposisi (kata depan) yang tepat.
Contoh rumusan
pokok soal dan pilihan jawaban tidak merupakan pernyataan yang diperlukan saja.
Cermati
teks berikut!
Banyak
orang yang belum memahami dan mampu memilih preposisi (kata depan) yang tepat untuk
melengkapi paragraf rumpang.
Untuk melengkapi paragraf tersebut preposisi (kata depan) yang tepat adalah ....
A.
dari,
ke
B.
ke,
dari
C.
ke,
pada
D.
di,
dari
E.
pada,
dari
Kunci: E
|
Pembahasan: Rumusan dan pokok soal tersebut
berlebihan, karena ada bagian yang tidak
diperlukan.
Hal ini akan menyita
sebagian waktu yang disediakan.
Contoh rumusan
pokok soal dan pilihan jawaban merupakan
pernyataan yang diperlukan
saja.
Cermati
teks berikut!
Preposisi (kata depan) yang tepat untuk
melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.
dari,
ke
B.
ke,
dari
C.
ke,
pada
D.
di,
dari
E.
pada,
dari
Kunci: E
|
6.
Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban benar.
Indikator
soal: Disajikan sebuah teks nonsastra, peserta didik dapat menentukan
kalimat yang di
dalamnya terdapat hubungan perbandingan.
Contoh pokok soal memberi petunjuk ke arah jawaban benar.
Cermati teks
berikut!
Kalimat yang di
dalamnya terkandung hubungan perbandingan ditandai dengan nomor ... .
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
Kunci jawaban: B
|
Pembahasan: Pokok
soal memberi petunjuk ke arah jawaban
benar karena kalimat nomor 2 di dalam teks tersebut ada kata yang mengarah
kepada kunci jawaban.
Contoh
pokok soal tidak memberi petunjuk ke
arah jawaban benar.
Cermati teks berikut!
Kalimat yang di dalamnya
terdapat hubungan perbandingan
ditandai dengan
nomor ... .
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
Kunci
jawaban: B
|
7. Pokok soal jangan menggunakan
pernyataan bersifat negatif ganda.
Indikator soal : Disajikan
sebuah teks nonsastra, peserta didik dapat menentukan simpulan yang sesuai isi teks tersebut.
Contoh pokok
soal menggunakan pernyataan bersifat negatif ganda.
Cermati teks berikut!
Pernyataan berikut bukan merupakan simpulan isi teks
tersebut, kecuali ...
A. Buah alpukat dapat dikonsumsi
sebagai jus, memiliki vitamin E, dan folat.
B.
Buah
alpukat memiliki rasa lezat dan dapat dibuat sebagai jus kesehatan.
C.
Buah
alpukat selain lezat rasanya, juga berkhasiat bagi kesehatan jantung.
D. Alpukat dapat menyembuhkan penyakit
jantung dan organ tubuh
lainnya.
E.
Kandungan alpukat sangat berperan untuk menjaga kesehatan
jantung.
Kunci
jawaban: C
|
Pembahasan: Pokok
soal menggunakan pernyataan bersifat negatif ganda yaitu bukan
dan
kecuali.
Contoh pokok soal tidak
menggunakan pernyataan bersifat negatif ganda.
Cermati teks berikut!
Simpulan yang sesuai dengan
isi teks
tersebut adalah ...
A.
Buah
alpukat dapat dikonsumsi sebagai jus, memiliki vitamin E, dan folat.
B.
Buah
alpukat memiliki rasa lezat dan dapat dibuat sebagai jus kesehatan.
C.
Buah
alpukat selain lezat rasanya, juga berkhasiat bagi kesehatan jantung.
D.
Alpukat
dapat menyembuhkan penyakit jantung dan organ tubuh lainnya.
E.
Kandungan alpukat sangat berperan untuk menjaga kesehatan
jantung.
Kunci
jawaban: C
|
8. Panjang rumusan pilihan jawaban harus relatif sama.
Indikator soal: Disajikan
sebuah paragraf teks nonsastra, pesserta didik dapat menentukan tanggapan
positif terhadap isi teks terebut.
Contoh soal yang panjang rumusan pilihan jawaban tidak relatif sama.
1.
Cermati
teks berikut!
Tanggapan positif
terhadap isi paragraf tersebut adalah ... .
A.
Seharusnya
pemerintah tidak memperbolehkan
masyarakat menebang pohon.
B.
Memperbolehkan
menebang pohon untuk kebutuhan masyarakat yang tinggal di dalam hutan adalah
tindakan yang tepat. *
C.
Penebangan
pohon untuk kebutuhan komersial masyarakat dalam hutan tidak perlu
dipermasalahkan.
D.
Pemerintah
tidak membedakan masyarakat di mana
pun mereka tinggal.
E.
Memperbolehkan
masyarakat menebang pohon di hutan untuk komersial adalah tindakan yang
efektif.
Kunci jawaban: B
|
Pembahasan:
Pada contoh soal tersebut pilihan jawaban B paling panjang. Hal ini perlu dihindari karena ada
kecenderungan peserta didik untuk memilih pilihan jawaban terpanjang sebagai
kunci.
Contoh soal yang panjang
rumusan pilihan jawaban relatif sama.
Cermati teks
berikut!
Tanggapan positif terhadap isi
paragraf tersebut adalah ... .
A.
Seharusnya pemerintah
tidak memperbolehkan masyarakat menebang pohon meskipun
untuk kebutuhan sehari-hari.
B.
Memperbolehkan
menebang pohon untuk kebutuhan masyarakat yang tinggal di dalam hutan adalah
tindakan yang tepat.
C.
Penebangan pohon
untuk kebutuhan komersial masyarakat
dalam hutan tidak perlu dipermasalahkan.
D.
Pemerintah tidak boleh membedakan masyarakat
di mana pun mereka tinggal dalam
memenuhi kebutuhannya.
E.
Memperbolehkan
masyarakat menebang pohon di hutan untuk komersial adalah tindakan yang
efektif.
Kunci
jawaban: B
|
9.
Pilihan
jawaban jangan mengandung pernyataan, "Semua pilihan jawaban di atas
salah", atau "Semua pilihan jawaban di atas benar".
Indikator soal: Disajikan kerangka karangan
yang berisi gagasan utama dan beberapa gagasan penjelas, peserta didik dapat
menentukan gagasan penjelas yang sesuai dengan gagasan utama tersebut.
Contoh soal pilihan jawaban mengandung pernyataan, "Semua pilihan
jawaban di atas
Salah”, atau "Semua pilihan
jawaban di atas benar".
Cermati
gagasan utama dan gagasan penjelas teks eksposisi berikut!
Gagasan penjelas yang sesuai dengan gagasan utama pada teks tersebut
ditandai dengan nomor ....
A. (1), (5)
B.
(2),
(3)
C.
(3),
(4)
D. (4), (6)
E.
Semua
jawaban benar
Kunci jawaban: A
|
Pembahasan: Contoh soal di
atas kurang baik karena hanya terdapat empat pilihan jawaban yang
dipertimbangkan. Jika semua jawaban di atas benar merupakan kunci, maka kita
tidak mendapatkan informasi apakah peserta didik telah mengetahui dan memahami
dengan baik jawaban yang benar. Sebaliknya bila semua jawaban di atas salah merupakan
kunci maka kita tidak mendapat informasi apa-apa dari jawaban siswa untuk
pertanyaan tersebut.
Contoh soal pilihan jawaban tidak mengandung pernyataan, "Semua pilihan
jawaban di atas salah", atau "Semua pilihan jawaban di atas
benar".
Cermati
gagasan utama dan gagasan penjelas teks eksposisi berikut!
Gagasan penjelas yang sesuai dengan gagasan utama pada teks tersebut
ditandai dengan nomor ... .
A. (1), (5)
B.
(2),
(3)
C.
(3),
(4)
D.
(4),
(5)
E.
(5),
(6)
Kunci jawaban: A
|
10. Pilihan
jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus disusun berdasarkan urutan besar
kecilnya nilai angka tersebut, atau
kronologis waktunya.
Indikator soal: Disajikan sebuah paragraf teks
nonsastra, peserta didik dapat menentukan kaliamat sumbang yang tedapat dalam
teks tersebut.
Contoh soal pilihan jawaban
yang berbentuk angka atau waktu tidak disusun berdasarkan
urutan besar kecilnya nilai
angka tersebut, atau kronologis
waktunya.
Cermati teks berikut!
Kalimat sumbang yang terdapat pada teks tersebut ditandai dengan nomor
... .
A.
(5)
B.
(4)
C.
(3)
D.
(2)
E.
(1)
Kunci Jawaban: C
|
Pembahasan: Pilihan
jawaban di atas tidak berurutan dari besar ke kecil atau sebaliknya. Hal ini
akan menyita waktu lebih banyak bagi siswa untuk memahami dan memilih jawaban
yang tepat, karena harus membaca angka pilihan jawaban yang meloncat-loncat
tidak berurutan.
Contoh soal pilihan jawaban
yang berbentuk angka atau waktu
harus disusun berdasarkan urutan besar kecilnya nilai angka tersebut, atau kronologis waktunya.
Cermati teks berikut!
Kalimat sumbang yang terdapat pada teks tersebut ditandai dengan nomor
....
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
Kunci
jawaban: C
|
11. Gambar, grafik, tabel, diagram, dan sejenisnya yang terdapat pada soal harus jelas dan berfungsi.
Indikator
soal: Disajikan grafik, peserta didik dapat pernyataan yang sesuai dengan isi
grafik tersebut.
Contoh soal gambar, grafik, tabel, diagram,
dan sejenisnya yang terdapat pada soal kurang jelas dan kurang berfungsi.
Cermati grafik berikut!
Pernyataan yang
sesuai dengan isi grafik tersebut adalah ....
A.
Tahun
2013 subsidi energi direalokasikan lebih dari Rp310 triliun.
B.
Realokasi
subsidi energi terkecil sejumlah Rp350,3 triliun.
C.
Selisih
subsidi terbesar terjadi pada tahun 2012-2013.
D.
Subsidi
energi terbesar direalokasikan pada 2014.
E.
Selama
5 tahun subsidi energi selalu stabil.
Kunci jawaban: D
|
Pembahasan: Grafik dalam soal belum
dilengkapi dengan angka yang memberikan informasi tentang jumlah realokasi
subsidi energi, sehingga informasi dalam grafik itu tidak jelas. Akibatnya
siswa yang mengerjakan soal itu tidak dapat menjawab dengan benar.
Contoh soal gambar, grafik, tabel, diagram, dan sejenisnya yang terdapat pada soal jelas dan berfungsi.
Cermati grafik
berikut!
Pernyataan yang
sesuai dengan isi grafik tersebut adalah ....
A.
Tahun
2013 subsidi energi direalokasikan lebih dari Rp310 triliun.
B.
Realokasi
subsidi energi terkecil sejumlah Rp350,3 triliun.
C.
Selisih
subsidi terbesar terjadi pada tahun 2012-2013.
D.
Subsidi
energi terbesar direalokasikan pada 2014.
E.
Selama
5 tahun subsidi energi selalu stabil.
Kunci jawaban: D
|
12. Butir soal jangan bergantung pada
jawaban soal sebelumnya.
Contoh butir soal bergantung pada jawaban soal sebelumnya.
1. Cermati
pantun berikut!
Urutan teks
pantun tersebut yang tepat adalah ....
A.
(1),
(2), (3), (4)
B.
(1),
(3), (2), (4)
C.
(2),
(4), (1), (3)
D.
(3),
(2), (1), (4)
E.
(3),
(4), (1), (2)
Kunci
jawaban: B
2. Berdasarkan soal nomor satu tersebut struktur pantun tersebut adalah
larik ....
A. (1)
dan (2) merupakan isi, (3) dan (4) merupakan sampiran
B.
(1) dan (3) merupakan sampiran, (2) dan (4)
merupakan isi
C.
(1) dan (2) merupakan sampiran, (3) dan (4)
merupakan isi
D. (1)
dan (3) merupakan isi, (2) dan (4) merupakan sampiran
E.
(1) dan (4) merupakan sampiran, (2) dan (3)
merupakan isi
Kunci jawaban: D
|
Pembahasan:
Soal tersebut dapat merugikan siswa, karena siswa yang tidak dapat menjawab dengan benar pada
soal nomor 1, pasti akan menjawab salah
pada soal nomor 2. Oleh karena
itu soal nomor 2 harus diperbaiki sehingga menjadi soal yang berdiri sendiri.
Contoh butir soal tidak bergantung pada jawaban soal sebelumnya.
Cermati
pantun yang disusun secara acak berikut!
Struktur pantun tersebut yang tepat adalah larik ....
A.
(1) dan (2) merupakan isi, (3) dan (4)
merupakan sampiran
B.
(1) dan (3) merupakan sampiran, (2) dan (4)
merupakan isi
C.
(1) dan (2) merupakan sampiran, (3) dan (4)
merupakan isi
D.
(1) dan (3) merupakan isi, (2) dan (4) merupakan
sampiran
E.
(1) dan (4) merupakan sampiran, (2) dan (3)
merupakan isi
Kunci jawaban: D
|
13.
Rumusan butir soal harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa
Indonesia.
Indikator soal: Disajikan
sebuah paragraf teks nonsastra, peserta didik dapat menentukan sinonim salah
satu kata yang terdapat dalam teks tersebut.
Contoh rumusan butir soal tidak menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.
Cermati teks
berikut!
Sinonim dari kata hambatan daripada teks tersebut
adalah ....
A.
masalah
B.
kendala
C.
tantangan
D.
penyebab
E.
penentu
Kunci jawaban B
|
Pembahasan: Rumusan butir soal tidak menggunakan bahasa yang
sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, yaitu pada stem soal penggunaan kata dari dan kata daripada
Contoh rumusan butir soal yang menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah
bahasa Indonesia.
Cermati teks
berikut!
Sinonim kata hambatan pada teks tersebut adalah ....
A.
masalah
B.
kendala
C.
tantangan
D.
penyebab
E.
penentu
Kunci jawaban: B
|
14.
Jangan menggunakan bahasa
yang berlaku setempat, jika soal akan digunakan untuk
daerah lain atau
nasional.
Indikator soal: Disajikan
sebuah paragraf teks nonsastra, peserta didik dapat menentukan sinonim salah
satu kata yang terdapat dalam teks tersebut.
Contoh soal yang menggunakan bahasa yang berlaku setempat.
Cermati
kalimat berikut!
Sinonim
kata guyon dalam kalimat tersebut
adalah ....
A.
berkelakar
B.
bertengkar
C.
bercerita
D.
bergaya
E.
bersolek
Kunci
jawaban: A
|
Pembahasan: Kata guyon
pada kalimat tersebut berasal dari bahasa Jawa. Oleh
karen itu, sebaiknya jangan menggunakan kata guyon yang berlaku sebagai bahasa setempat (Jawa) karena
akan mengakibatkan soal tersebut bias.
Contoh soal yang tidak menggunakan bahasa yang
berlaku setempat.
Cermati
kalimat berikut!
Sinonim
kata bergurau dalam kalimat
tersebut adalah ....
A.
berkelakar
B.
bertengkar
C.
bercerita
D.
bergaya
E.
bersolek
Kunci
jawaban: A
|
15.
Setiap soal harus menggunakan bahasa yang komunikatif.
Indikator soal: Disajikan
sebuah paragraf teks nonsastra, peserta didik dapat menentukan kata yang
penulisannya tidak sesuai dengan EYD.
Contoh soal yang tidak menggunakan bahasa
yang komunikatif.
Cermati teks berikut!
Di dalam teks
tersebut ada kata-kata yang penulisannya tidak sesuai dengan EBI. Penulisan kata yang tidak sesuai dengan EBI
adalah ….
A. dilakukan
B. di Jakarta
C. di berbagai
D. dibeberapa
E.
dibandingkan
Kunci jawaban:
D
|
Pembahasan: Soal tidak menggunakan
kalimat yang komunikatif karena dalam stem soal tidak langsung menanyakan apa
yang harus dijawab siswa.
Contoh soal yang menggunakan bahasa yang
komunikatif.
Cermati teks berikut!
Penulisan kata yang tidak sesuai dengan EBI
dalam teks tersebut adalah ….
A. dilakukan
B. di Jakarta
C. di berbagai
D. dibeberapa
E.
dibandingkan
Kunci jawaban:
D
|
16. Pilihan jawaban jangan mengulang
kata atau frasa yang bukan merupakan satu kesatuan pengertian. Letakkan kata
dan frasa tersebut pada pokok soal.
Contoh soal pilihan jawaban mengulang kata
atau frasa yang bukan merupakan satu kesatuan pengertian dan tidak meletakkan
kata dan frasa tersebut pada pokok soal.
Cermati kutipan
cerpen berikut!
Kutipan cerpen tersebut memiliki ….
A.
alur tunggal
dan maju
B.
alur ganda
dan maju
C.
alur tunggal
dan mundur
D.
alur ganda
dan mundur
E.
alur tunggal
dan melingkar
Kunci jawaban: A
|
Pembahasan: Kata alur ditulis
secara berulang sampai 5 kali. Hal ini menyebabkan siswa harus membaca kata
tersebut berkali-kali, sehingga menyita lebih banyak waktu.
Contoh soal pilihan jawaban tidak mengulang
kata atau frasa yang bukan merupakan satu kesatuan pengertian dan meletakkan kata
dan frasa tersebut pada pokok soal.
Cermati kutipan
cerpen berikut!
Kutipan cerpen tersebut memiliki alur ….
A. tunggal dan maju
B. ganda dan maju
C. tunggal dan mundur
D. ganda dan mundur
E. tunggal dan melingkar
Kunci jawaban: A
|
No comments:
Post a Comment