KISI-KISI
SOAL LATIHAN UJIAN NASIONAL (UN)
SMK
TAHUN 2020
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Kompetensi
Keahlian : Semua
Kompetensi Keahlian
Alokasi
Waktu : 120 Menit
Jumlah
Soal :50 PG
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
Level Soal
|
Tingkat Kesukaran
|
Nomor
Soal
|
3.3 Mendeskripsikan
(permasalahan,
argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar
dan atau dibaca
|
3.3.1 Menentukan
ide pokok teks eksposisi
|
Ide pokok
|
Disajikan
teks eksposisi satu paragraf yang terdiri atas 5—7 kalimat,
peserta didik dapat menentukan ide pokok teks tersebut dengan tepat.
|
L2
|
Sedang
|
1
|
3.4 Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
3.4.1 Menyimpulkan teks eksposisi
|
Simpulan
|
Disajikan
teks eksposisi dua paragraf
yang terdiri atas satu paragraf tesis dan satu paragraf argumentasi, peserta didik dapat menentukan simpulan teks tersebut dengan tepat.
|
L2
|
Sedang
|
2
|
3.3 Mendeskripsikan(permasalahan,
argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan
bidang pekerjaan yang didengar dan atau dibaca
|
3.3.2 Menentukan makna istilah yang terdapat dalam teks
eksposisi.
|
Makna istilah
|
Disajikan teks eksposisi yang terdiri atas 5—7 kalimat,
peserta didik dapat menentukan makna istilah yang terdapat dalam teks
tersebut dengan tepat.
|
L1
|
Mudah
|
3
|
3.4Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
3.4.2Mengidentifikasi aspek kebahasaan teks eksposisi.
|
Inti kalimat kompleks
|
Disajikan
teks eksposisi yang terdiri atas 5—7
kalimat, peserta didik dapat menentukan inti salah satu kalimat kompleks
yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
L2
|
Sedang
|
4
|
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan
teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
3.4.3 Memberi tanggapan logis terhadap isi teks
eksposisi
|
Tanggapan logis
|
Disajikan
teks eksposisi yang terdiri atas 5—7
kalimat, peserta didik menentukantanggapan logis terhadap isi teks tersebut dengan benar.
|
L3
|
Sukar
|
5
|
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan
teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
3.4.1 Menyimpulkan teks eksposisi
|
Simpulan
|
Disajikan
teks eksposisi yang terdiri atas 5—7
kalimat, peserta didik menentukan bukti simpulan
yang terdapat dalam teks tersebut dengan
benar.
.
|
L3
|
Sukar
|
6
|
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan
teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
3.4.4 Menjelaskan maksud kalimat dalam teks eksposisi
|
Maksud kalimat
|
Disajikan
teks eksposisi yang terdiri atas 5—7
kalimat, peserta didik menentukan maksud sebuah
kalimat yang terdapat dalam teks tersebut dengan benar.
|
L2
|
Sedang
|
7
|
3.21
Menganalisis informasi (pengetahuan dan urutan
kejadian) dalam teks ekplanasi berkaitan dengan
bidang pekerjaan lisan dan tulis
|
3.21.1 Menyimpulkan
hubungan antarkalimat dalam teks eksplanasi
|
Hubungan
antarkalimat dalam teks
|
Disajikan
teks eksplanasi yang terdiri atas 5—7kalimat,
peserta didik dapat menentukan hubungan antarkalimat yang terdapat dalam teks tersebut. (missal: sebab akibat, pertentangan, penjelasan,
penguatan, perbandingan) dengan tepat.
|
L3
|
Sukar
|
8
|
3.41Mendeskripsikan informasi (pendapat, alternatif solusi dan
simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
3.41.1 Menentukan pandangan penulis dalam teks
editorial
|
Pandangan
penulis
|
Disajikan
teks editorial yang terdiri atas 5—7 kalimat
yang diberi nomor, peserta didik dapat menentukan pandangan penulis yang tedapat dalam
teks tersebut dengan benar.
|
L2
|
Sedang
|
9
|
4.9
Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari
satu novel yang dibaca
|
4.9.1 Meringkas teks nonfiksi.
|
Ringkasan
teks
|
Disajikan
teks nonsfiksi 1—2
paragraf, peserta didik dapat menentukan ringkasan
teks tersebut dengan benar.
|
L3
|
Sukar
|
10
|
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu
buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca
|
3.18. 1 Menganalisis unsur intrinsik cerpen/novel
|
Bukti watak tokoh
|
Disajikan
kutipan novel yang terdiri atas 5—9kalimat
yang diberi nomor, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menunjukkan
bukti watak tokoh tertentu yang terdapat dalam teks
tersebut dengan tepat.
|
L3
|
Sukar
|
11
|
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu
buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca
|
3.18. 1 Menganalisis unsur intrinsik cerpen/novel
|
Bukti latar
|
Disajikan
kutipan novel/cerpen yang terdiri atas 6—9
kalimat yang diberi nomor, peserta didik dapat menentukan bukti latarpada
kutipan novel/cerpen tersebut dengan benar.
|
L3
|
Sukar
|
12
|
3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi
|
3.17.1 Menganalisis unsur intrinsik (batin) puisi
|
Amanat
puisi
|
Disajikan
kutipan puisi, peserta didik dapat menentukan
amanat puisi tersebut dengan benar.
|
L2
|
Sedang
|
13
|
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu
buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca
|
3.18. 1 Menganalisis unsur intrinsik cerpen/novel
|
Gaya bahasa (majas)
|
Disajikan
kutipan cerpen/novel yang terdiri atas 50—80kata,
peserta didik dapat menentukan majas yang terdapat dalam
kutipan tersebut.
|
L1
|
Mudah
|
14
|
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu
buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca
|
3.18. 1 Menganalisis unsur intrinsik cerpen/novel
|
Hubungan antarunsur dalam cerpen/novel
|
Disajikan
kutipan cerpen/novel yang terdiri atas 50-80 kata, peserta didik menentukan
hubungan antarunsur intrinsik (misalnya penokohan dan amanat) yang terdapat dalam kutipan tersebut.
|
L3
|
Sukar
|
15
|
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu
buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca
|
3.18. 1 Menganalisis unsur intrinsik cerpen/novel
|
Penyebab/aki-bat
konflik dalam cerpen/novel
|
Disajikan
kutipan cerpen/novel yang terdiri atas 50—80 kata,
peserta didik dapat menentukan penyebab/akibat
konflik yang terdapat dalam kutipan tersebut dengan tepat.
|
L3
|
Sukar
|
16
|
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu
buku nonfiksi yang sudah dibacadan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca
|
3.18. 2Menganalisis unsur ekstrinsik cerpen/novel
|
Keterkaitan
isi cerpen/novel dengan kehidupan sehari-hari
|
Disajikan
kutipan novel yang terdiri atas 60—80kata,
peserta didik dapat menentukan keterkaitan isi kutipan dengan nilai kehidupan
sehari-hari (misalnya nilai moral, agama, budaya, pendidikan).
|
L3
|
Sukar
|
17
|
3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi
|
3.17.2 Membandingkan amanat beberapa puisi.
|
Perbedaan/per-samaan
amanat puisi
|
Disajikan
dua teks puisi pendek, peserta didik dapat
menentukan persamaan amanat kedua puisi tersebut dengan tepat.
|
L3
|
Sukar
|
18
|
4. 4 Mengonstruksikan teks eksposisi berkaitan bidang pekerjaan dengan memperhatikan isi (permasalahan,
argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan
|
4.4. 1 Mengontruksi teks eksposisi
|
Melengkapi
teks rumpang dengan istilah
|
Disajikan
teks eksposisi yang dua katanya dirumpangkan, peserta didik dapat melengkapi
dengan istilah yang tepat.
|
L1
|
Mudah
|
19
|
4.17
Menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya
bahasa, imaji, struktur, perwajahan)
|
4.17.1 Mengontruksi puisi lama
|
Melengkapi
pantun
|
Disajikan
pantun rumpang, peserta didik dapat
melengkapi pantun tersebut dengan tepat.
|
L2
|
Sedang
|
20
|
4.9 Mengonstruksi sebuah cerita
pendek
dengan memperhatikan
unsur-unsur
pembangun
cerpen.
|
4.9.2 Mengontruksi cerpen
|
Urutan
pokok-pokok peristiwa sesuai isi cerpen
|
Disajikan
kutipan cerpen yang terdiri atas 5—7
kalimat, peserta didik dapat mengurutkan pokok-pokok peristiwa sesuai isi
cerpen dengan tepat.
|
L3
|
Sukar
|
21
|
3.32 Membandingkan isi berbagai resensi berkaitan
dengan bidang pekerjaan untuk menemukan sistematika sebuah resensi
|
3.32.1 Menilai film
|
Menentukan keunggulan/kelemahan sesuai isi resensi
film
|
Disajikan
kutipan resensi film yang terdiri atas 5—7
kalimat, peserta didik dapat menentukan isi berupa keunggulan/kelemahan film.
|
L3
|
Sukar
|
22
|
3.20
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
3.20.1 Menganalisis struktur teks prosedur
|
Urutan
petunjuk kerja yang diacak
|
Disajikan
teks prosedur yang terdiri atas 5—7
kalimat yang diacak, peserta didik dapat mengurutkan menjadi struktur teks
prosedur yang tepat.
|
L3
|
Sukar
|
23
|
3.4Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
3.4. 2Menganalisis aspek kebahasaan teks eksposisi
|
Sinonim dalam teks
|
Disajikan
teks eksposisi yang terdiri atas 5—7
kalimat, peserta didik dapat menentukan sinonim kata tertentu pada teks tersebut
dengan tepat.
|
L3
|
Sukar
|
24
|
4.31
Mengonstruksi sebuah karya ilmiah berkaitan bidang
pekerjaan
dengan memperhatikan isi, sistematika, dan
kebahasaan
|
4.31.1 Mengontruksi teks karya ilmiah
|
Variasi
kalimat yang semakna
|
Disajikan
kalimat kompleks, peserta didik dapat menentukan variasi kalimat yang semakna dengan tepat.
|
L3
|
Sukar
|
25
|
4.31 Mengonstruksi sebuah karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memperhatikan
isi, sistematika, dan kebahasaan
|
4.31.1 Mengontruksi teks karya ilmiah
|
Urutan
kalimat menjadi paragraf yang padu
|
Disajikan
kutipan karya ilmiah yang terdiri atas
5—7kalimat yang diacak,
peserta didik dapat menentukan urutan yang tepat agar menjadi paragraf yang
padu.
|
L3
|
Sukar
|
26
|
4.31
Mengonstruksi sebuah karya ilmiah berkaitan bidang
pekerjaan
dengan memperhatikan isi, sistematika, dan
kebahasaan
|
4.31.1 Mengontruksi teks karya ilmiah
|
Simpulan
berdasarkan data-data
|
Disajikan
kutipan karya ilmiah yang terdiri atas
5—7 kalimat yang berisi data-data,
peserta didik dapat menentukan simpulan sesuai dengan
data-data tersebut dengan tepat.
|
L3
|
Sukar
|
27
|
4.31
Mengonstruksi sebuah karya ilmiah berkaitan bidang
pekerjaan
dengan memperhatikan isi, sistematika, dan
kebahasaan
|
4.31.1 Mengontruksi teks karya ilmiah
|
Simpulan
tabel/grafik
|
Disajikan
tabel/grafik , peserta didik dapat menetukan simpulan
sesuai dengan isi tabel/grafik.
|
L3
|
Sukar
|
28
|
3.31
Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
3.31.1 Menganalisis aspek kebahasaan teks karya ilmiah
|
Kesalahan penggunaan kata
|
Disajikan
kutipan karya ilmiah yang terdiri atas 5—7
kalimat, peserta didik dapat menentukan dua kesalahan penggunaan kata pada
teks tersebut dengan tepat.
|
L1
|
Mudah
|
29
|
3.42
Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
3.42.1 Menganalisis aspek kebahasaan teks editorial
|
Penggunaan
konjungsi yang tidak tepat dalam teks
|
Disajikan
kutipan editorial yang terdiri
atas 5—7 kalimat, peserta didik dapat
menentukan dua kesalahan penggunaan konjungsi
pada teks tersebut dengan tepat.
|
L2
|
Sedang
|
30
|
4.34Mempertunjukkan salah satu tokoh
dalam drama yang dibaca atau ditonton
|
4.34.1 Menunjukkan watak tokoh dalam drama
|
Perbandingan dua
watak tokoh dalam drama
|
Disajikan
dua kutipan teks drama yang terdiri
atas 5—7dialog yang menunjukkan karakter
tokoh drama, peserta didik dapat menentukan perbedaan
karakter tokoh yang terdapat dalam kedua teks tersebut dengan tepat.
|
L3
|
Sukar
|
31
|
3.42Menganalisis struktur dan kebahasaan teks
editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
3.42.2 Menganalisis struktur teks editorial
|
Penggunaan kata bentukan
|
Disajikan
kutipan editorial rumpang, peserta
didik dapat melengkapi bagian yang rumpang dengan dua kata bentukan yang
tepat.
|
L2
|
Sedang
|
32
|
3.47 Menganalisis kebahasaan artikel
dan/atau buku ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
3.47.1 Menganalisis aspek kebahasaan artikel dan /atau
buku ilmiah
|
Pebaikan kalimat
tidak logis
|
Disajikan
kalimat tidak logis, peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat tidak logis tersebut dengan tepat.
|
L3
|
Sukar
|
33
|
3.4
Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
3.4.5 Menganalisis aspek kebahasaan teks eksposisi
|
Perbaikan
kalimat tidak efektif
|
Disajikan
kalimat tidak efektif, peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat tidak efektif tersebut dengan tepat.
|
L3
|
Sukar
|
34
|
3.31 Menganalisis sistematika dan
kebahasaan karya ilmiah berkaitan
dengan bidang pekerjaan
|
3.31.1 Menganalisis
aspek kebahasaan teks karya ilmiah
|
Kata tidak baku
|
Disajikan
kutipan karya ilmiah, peserta didik dapat menentukan kata tidak baku yang terdapat pada kutipan karya
ilmiah tersebut dengan tepat.
|
L1
|
Mudah
|
35
|
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
3.4.5Menganalisis aspek kebahasaan teks eksposisi
|
Perbaikan
kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan
teks yang menggunakan ejaan yang
salah, peserta didik dapat memperbaikinya.
|
L3
|
Sukar
|
36
|
3.42 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
3.42.1 Menganalisis
aspek kebahasaan
teks editorial
|
Penggunaan
tanda baca
|
Disajikan
teks tanpa tanda baca, peserta didik dapat menggunakan tanda baca yang tepat
pada teks tersebut.
|
L2
|
Sedang
|
37
|
3.31 Menganalisis sistematika dan
kebahasaan karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
3.31.1 Menganalisis aspek kebahasaan teks karya ilmiah
|
Perbaikan
kesalahan penggunaan kata tidak baku
|
Disajikan
kutipan karya ilmiah, peserta didik dapat memperbaiki kesalahan
penggunaan kata tidak baku yang
terdapat pada kutipan karya ilmiah tersebut dengan
tepat.
|
L3
|
Sukar
|
38
|
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
3.4.5 Menganalisis aspek kebahasaan teks eksposisi
|
Perbaikan
kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan
teks yang menggunakan tanda baca yang salah, peserta didik dapat menentukan
perbaikannya.
|
L3
|
Sukar
|
39
|
4.31 Mengonstruksi
sebuah karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memperhatikan isi,
sistematika, dan kebahasaan
|
4.31 Mengonstrusi teks karya
ilmiah
|
Melengkapi
teks rumpang dengan kalimat
|
Disajikan
teks rumpang, peserta didik dapat melengkapi teks
rumpang tersebut dengan kalimat yang tepat.
|
L2
|
Sedang
|
40
|
3.38Menganalisis unsur kebahasaan
surat lamaran pekerjaan
|
3.38.1 Menganalisis
unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
|
Perbaikan kalimat tidak efektif
|
Disajikan kalimat penutup surat yang tidak efektif,
peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat tidak efektif tersebut
dengan tepat.
|
L3
|
Sukar
|
41
|
4.9 Menyusun
ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu
novel yang dibaca
|
4.9.3 Meringkas cerpen/novel
|
Ringkasan
cerpen/novel
|
Disajikan
kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat
menyusun ringkasan kutipan cerpen/novel tersebut
dengan tepat
|
L3
|
Sukar
|
42
|
3.5 Menganalisis teks anekdot dari aspek makna
tersirat
|
3.5.2 Membedakan isi dua teks anekdot
|
Perbedaan
isi dua teks
anekdot
|
Disajikan
dua teks anekdot, peserta didik
dapat menentukan perbedaan yang
tersindir dalam teks anekdot tersebut dengan benar.
|
L2
|
Sedang
|
43
|
4.20 Mengembangkan teks prosedur berkaitan bidang pekerjaan
dengan memperhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
|
4.20.2 Mengembangkan teks prosedur
|
Melengkapi
teks prosedur
|
Disajikan
teks prosedur rumpang, peserta didik dapat melengkapi
dua bagian yang rumpang sesuai isi teks dengan tepat.
|
L2
|
Sedang
|
44
|
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
3.4.5 Menganalisis aspek kebahasaan teks eksposisi
|
Perbaikan
kesalahan penggunaan kalimat
|
Disajikan
teks yang di dalamnya terdapat kalimat yang tidak tepat penggunaannya, peserta
didik menentukan perbaikannya.
|
L3
|
Sukar
|
45
|
3.45 Menganalisis struktur dan ciri kebahasaan teks iklan sesuai bidang
pekerjaan
|
3.45 Menganalisis ciri kebahasaan teks iklan
|
Perbaikan
kalimat iklan yang tidak logis
|
Disajikan
kalimat iklan yang tidak logis, peserta didik dapat memperbaiki kalimat tidak logis tersebut dengan tepat.
|
L3
|
Sukar
|
46
|
3.47 Menganalisis kebahasaan artikel
dan/atau buku ilmiah berkaitan dengan
bidang pekerjaan
|
3.47. 1 Menganalisis aspek kebahasaan artikel dan/atau
buku ilmiah
|
Penggunaan
ejaan (huruf kapital) pada teks
|
Disajikan
teks yang tidak menggunakan ejaan (huruf kapital), peserta didik dapat
menggunakan huruf kapital sesuai tekstersebut dengan
tepat.
|
L2
|
Sedang
|
47
|
3.41Mendeskripsikan informasi
(pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks
editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
3.41.2 Mengidentifikasi informasi
yang terdapat dalam teks editorial
|
Opini
penulis dalam teks
|
Disajikan
teks editorial (tajuk rencana) yang terdiri
atas 5—7 kalimat, peserta didik menentukan
opini penulis yang terdapat pada teks tersebut dengan
tepat.
|
L2
|
Sedang
|
48
|
4.32 Menyajikan isi sebuah
resensi berkaitan bidang pekerjaan
dengan memperhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi
|
4.32. 1 Mengontruksi resensi film
|
Melengkapi
teks ulasan film
|
Disajikan teks ulasan film/drama rumpang,
peserta didik dapat melengkapi bagian yang rumpang sesuai isi teks dengan tepat.
|
L2
|
Sedang
|
49
|
3.47 Menganalisis kebahasaan artikel
dan/atau buku ilmiah berkaitan dengan
bidang pekerjaan
|
3.47.1 Menganalisis aspek kebahasaan
artikel dan/atau buku ilmiah
|
Perbaikan
tanda baca tiga buku dalam daftar
pustaka
|
Disajikan
penulisan daftar pustaka tiga buku
yang salah penggunaan tanda bacanya, peserta didik dapat memperbaikinya
sesuai PUEBI dengan tepat.
|
L3
|
Sukar
|
50
|
Keterangan:
1.
Level soal diisi Level
1(Pemahaman)/Level 2 (Penerapan)/Level 3 (Penalaran). Dalam Taksonomi Bloom C1
dan C2 termasuk Level 1, C3 termasuk Level 2 dan C4, C5, C6 termasuk Level 3
2.
Tingkat kesukaran diisi dengan
Mudah/Sedang/Sukar
No comments:
Post a Comment