KISI-KISI SOAL LATIHAN UN BAHASA INDONESIA 2020


KISI-KISI SOAL LATIHAN UJIAN NASIONAL (UN)
SMK
TAHUN 2020

                                                                        Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
                                                                        Kelas                           : XII
                                                                        Kompetensi Keahlian  : Semua Kompetensi Keahlian
                                                                        Alokasi Waktu            : 120 Menit
                                                                        Jumlah Soal                 :50 PG



Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Indikator Soal
Level Soal
Tingkat Kesukaran
Nomor
Soal
3.3 Mendeskripsikan (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau dibaca
3.3.1 Menentukan  ide pokok teks eksposisi
Ide pokok
Disajikan teks eksposisi satu paragraf yang terdiri atas 5—7 kalimat, peserta didik dapat menentukan ide pokok teks tersebut dengan tepat.

L2
Sedang
1
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan

3.4.1 Menyimpulkan teks eksposisi
Simpulan
Disajikan teks eksposisi  dua paragraf yang terdiri atas satu paragraf tesis dan satu paragraf argumentasi,  peserta didik dapat menentukan  simpulan teks tersebut dengan tepat.






L2
Sedang
2
3.3 Mendeskripsikan(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau dibaca
3.3.2 Menentukan  makna istilah yang terdapat dalam teks eksposisi.
Makna istilah
Disajikan teks eksposisi yang terdiri atas 5—7 kalimat, peserta didik dapat menentukan makna istilah yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.

L1
Mudah
3
3.4Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.4.2Mengidentifikasi aspek kebahasaan teks eksposisi.

Inti kalimat kompleks
Disajikan teks eksposisi yang terdiri atas 57 kalimat, peserta didik dapat menentukan inti salah satu kalimat kompleks yang   terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.
L2
Sedang
4
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.4.3 Memberi tanggapan logis terhadap isi teks eksposisi
Tanggapan logis
Disajikan teks eksposisi yang terdiri atas 57 kalimat, peserta didik menentukantanggapan logis terhadap isi teks tersebut dengan  benar.

L3
Sukar
5
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.4.1 Menyimpulkan teks eksposisi
Simpulan
Disajikan teks eksposisi yang terdiri atas 57 kalimat, peserta didik menentukan bukti simpulan yang terdapat dalam teks tersebut dengan  benar.
.





L3
Sukar
6
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.4.4 Menjelaskan maksud kalimat dalam teks eksposisi

Maksud kalimat
Disajikan teks eksposisi yang terdiri atas 57 kalimat, peserta didik menentukan maksud sebuah kalimat yang terdapat dalam teks tersebut dengan benar.

L2
Sedang
7
3.21 Menganalisis informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan lisan dan tulis
3.21.1 Menyimpulkan  hubungan antarkalimat dalam teks eksplanasi
Hubungan antarkalimat dalam teks
Disajikan teks eksplanasi yang terdiri atas 57kalimat, peserta didik dapat menentukan hubungan antarkalimat yang terdapat dalam teks tersebut.  (missal:  sebab akibat, pertentangan, penjelasan, penguatan, perbandingan) dengan tepat.
L3
Sukar
8
3.41Mendeskripsikan informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan

3.41.1 Menentukan pandangan penulis dalam teks editorial
Pandangan penulis
Disajikan teks editorial yang terdiri atas 57 kalimat yang diberi nomor, peserta didik dapat menentukan pandangan penulis yang  tedapat dalam teks tersebut dengan benar.
L2
Sedang
9
4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca

4.9.1 Meringkas  teks nonfiksi.
Ringkasan teks

Disajikan teks nonsfiksi 12 paragraf, peserta didik dapat menentukan ringkasan teks tersebut dengan benar.




L3
     Sukar
10
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca
3.18. 1 Menganalisis unsur intrinsik cerpen/novel
Bukti watak tokoh
Disajikan kutipan novel yang terdiri atas 59kalimat yang diberi nomor, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menunjukkan bukti watak tokoh tertentu yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.
L3
Sukar
11
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca
3.18. 1 Menganalisis unsur intrinsik cerpen/novel
Bukti latar
Disajikan kutipan novel/cerpen yang terdiri atas 69 kalimat yang diberi nomor, peserta didik dapat menentukan bukti latarpada kutipan novel/cerpen tersebut dengan benar.
L3
Sukar
12
3.17 Menganalisis  unsur pembangun puisi

3.17.1 Menganalisis unsur intrinsik (batin) puisi
Amanat puisi
Disajikan kutipan puisi, peserta didik dapat  menentukan amanat puisi tersebut dengan benar.
L2
Sedang
13
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca
3.18. 1 Menganalisis unsur intrinsik cerpen/novel
Gaya bahasa (majas)
Disajikan kutipan cerpen/novel yang terdiri atas 5080kata, peserta didik dapat menentukan majas yang terdapat dalam kutipan tersebut.
L1
Mudah
14
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca
3.18. 1 Menganalisis unsur intrinsik cerpen/novel
Hubungan antarunsur dalam cerpen/novel

Disajikan kutipan cerpen/novel yang terdiri atas 50-80 kata, peserta didik menentukan hubungan antarunsur intrinsik (misalnya penokohan dan amanat) yang  terdapat dalam kutipan tersebut.
L3
Sukar
15
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca
3.18. 1 Menganalisis unsur intrinsik cerpen/novel
Penyebab/aki-bat konflik dalam cerpen/novel
Disajikan kutipan cerpen/novel yang terdiri atas 5080 kata, peserta didik dapat menentukan penyebab/akibat konflik  yang  terdapat dalam kutipan tersebut dengan tepat.


L3
Sukar
16
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu buku nonfiksi yang sudah dibacadan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca
3.18. 2Menganalisis unsur ekstrinsik cerpen/novel

Keterkaitan isi cerpen/novel dengan kehidupan sehari-hari
Disajikan kutipan novel yang terdiri atas 6080kata, peserta didik dapat menentukan keterkaitan isi kutipan dengan nilai kehidupan sehari-hari (misalnya nilai moral, agama, budaya, pendidikan).
L3
Sukar
17
3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi
3.17.2 Membandingkan amanat beberapa puisi.
Perbedaan/per-samaan amanat puisi
Disajikan dua teks puisi pendek, peserta didik dapat menentukan persamaan  amanat kedua puisi tersebut dengan tepat.

L3
Sukar
18
4. 4 Mengonstruksikan teks eksposisi berkaitan bidang pekerjaan dengan memperhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan
4.4. 1 Mengontruksi teks eksposisi










Melengkapi teks rumpang dengan istilah
Disajikan teks eksposisi yang dua katanya dirumpangkan, peserta didik dapat melengkapi dengan istilah  yang tepat.
L1
Mudah
19
4.17 Menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan)
4.17.1 Mengontruksi puisi lama
Melengkapi pantun
Disajikan pantun rumpang, peserta didik  dapat melengkapi  pantun tersebut dengan tepat.







L2
Sedang
20
4.9   Mengonstruksi sebuah cerita
pendek dengan memperhatikan
unsur-unsur pembangun
cerpen.

4.9.2 Mengontruksi cerpen
Urutan pokok-pokok peristiwa sesuai isi cerpen
Disajikan kutipan cerpen yang terdiri atas 57 kalimat, peserta didik dapat mengurutkan pokok-pokok peristiwa sesuai isi cerpen dengan tepat.
L3
Sukar
21
3.32 Membandingkan isi berbagai resensi berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menemukan sistematika sebuah resensi



3.32.1 Menilai film
Menentukan keunggulan/kelemahan sesuai isi resensi film

Disajikan kutipan resensi film yang terdiri atas 57 kalimat, peserta didik dapat menentukan isi berupa keunggulan/kelemahan film.
L3
Sukar
22
3.20 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.20.1 Menganalisis struktur teks prosedur
Urutan petunjuk kerja yang diacak


Disajikan teks prosedur yang terdiri atas 57 kalimat yang diacak, peserta didik dapat mengurutkan menjadi struktur teks prosedur yang tepat.



L3
Sukar
23
3.4Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.4. 2Menganalisis aspek kebahasaan teks eksposisi
Sinonim dalam teks

Disajikan teks eksposisi yang terdiri atas 57 kalimat, peserta didik dapat menentukan sinonim kata tertentu  pada teks tersebut dengan tepat.




L3
Sukar
24
4.31 Mengonstruksi sebuah karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan

4.31.1 Mengontruksi teks karya ilmiah
Variasi kalimat yang semakna
Disajikan kalimat kompleks, peserta didik dapat menentukan variasi kalimat yang semakna dengan tepat.
L3
Sukar
25
4.31  Mengonstruksi sebuah karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan

4.31.1 Mengontruksi teks karya ilmiah
Urutan kalimat menjadi paragraf yang padu
Disajikan kutipan karya ilmiah  yang terdiri atas 57kalimat yang diacak, peserta didik dapat menentukan urutan yang tepat agar menjadi paragraf yang padu.
L3
Sukar
26
4.31 Mengonstruksi sebuah karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan
4.31.1 Mengontruksi teks karya ilmiah
Simpulan berdasarkan data-data





Disajikan kutipan karya ilmiah  yang terdiri atas 57 kalimat yang berisi data-data, peserta didik dapat menentukan simpulan sesuai dengan data-data tersebut dengan tepat.
L3
Sukar
27
4.31 Mengonstruksi sebuah karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan
4.31.1 Mengontruksi teks karya ilmiah
Simpulan tabel/grafik
Disajikan tabel/grafik , peserta didik dapat menetukan simpulan sesuai dengan isi tabel/grafik.






L3
Sukar
28
3.31 Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.31.1 Menganalisis aspek kebahasaan teks karya ilmiah
Kesalahan penggunaan  kata
Disajikan kutipan karya ilmiah yang terdiri atas 57 kalimat, peserta didik dapat menentukan dua kesalahan penggunaan kata pada teks tersebut dengan tepat.
L1
Mudah
29
3.42 Menganalisis  struktur dan kebahasaan  teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.42.1 Menganalisis aspek kebahasaan teks editorial
Penggunaan konjungsi yang  tidak tepat dalam teks

Disajikan kutipan editorial  yang terdiri atas 5—7 kalimat, peserta didik dapat menentukan dua kesalahan penggunaan konjungsi  pada teks tersebut dengan tepat.
L2
Sedang
30
4.34Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton
4.34.1 Menunjukkan watak tokoh dalam drama
Perbandingan dua watak tokoh dalam drama
Disajikan dua  kutipan teks drama yang terdiri atas 57dialog yang menunjukkan karakter tokoh drama, peserta didik dapat menentukan perbedaan karakter tokoh yang terdapat dalam kedua teks tersebut dengan tepat.
L3
Sukar
31
3.42Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.42.2 Menganalisis struktur teks editorial
Penggunaan kata bentukan
Disajikan kutipan editorial rumpang,  peserta didik dapat melengkapi bagian yang rumpang dengan dua kata bentukan yang tepat.

L2
Sedang
32
3.47 Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.47.1 Menganalisis aspek kebahasaan artikel dan /atau buku ilmiah
Pebaikan kalimat tidak logis

Disajikan kalimat tidak logis, peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat tidak logis tersebut dengan tepat.




L3
Sukar
33
3.4 Menganalisis  struktur dan kebahasaan  teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.4.5 Menganalisis aspek kebahasaan  teks eksposisi
Perbaikan kalimat tidak efektif
Disajikan kalimat tidak efektif, peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat tidak efektif tersebut dengan tepat.
L3
Sukar
34
3.31 Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.31.1 Menganalisis aspek kebahasaan teks  karya ilmiah
Kata tidak baku
Disajikan kutipan karya ilmiah, peserta didik dapat menentukan kata  tidak baku yang terdapat pada kutipan karya ilmiah tersebut dengan tepat.
L1
Mudah
35
3.4 Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.4.5Menganalisis aspek  kebahasaan  teks eksposisi
Perbaikan kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan teks  yang menggunakan ejaan yang salah, peserta didik dapat memperbaikinya.
L3
Sukar
36
3.42 Menganalisis  struktur dan kebahasaan  teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan

3.42.1 Menganalisis aspek kebahasaan  teks editorial
Penggunaan tanda baca
Disajikan teks tanpa tanda baca, peserta didik dapat menggunakan tanda baca yang tepat pada teks tersebut.
L2
Sedang
37
3.31 Menganalisis sistematika dan kebahasaan  karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.31.1 Menganalisis aspek kebahasaan teks karya ilmiah
Perbaikan kesalahan penggunaan kata tidak baku
Disajikan kutipan karya ilmiah, peserta didik dapat memperbaiki kesalahan penggunaan  kata tidak baku yang terdapat pada kutipan karya ilmiah tersebut dengan tepat.


L3
Sukar
38
3.4 Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.4.5 Menganalisis aspek kebahasaan teks eksposisi
Perbaikan kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan teks yang menggunakan tanda baca yang salah, peserta didik dapat menentukan perbaikannya.

L3
Sukar
39
4.31 Mengonstruksi sebuah karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan
4.31 Mengonstrusi teks karya  ilmiah
Melengkapi teks rumpang dengan kalimat
Disajikan teks rumpang, peserta didik dapat melengkapi teks rumpang tersebut dengan kalimat yang tepat.
L2
Sedang
40
3.38Menganalisis unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
3.38.1 Menganalisis unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
Perbaikan kalimat tidak efektif
Disajikan kalimat penutup surat yang tidak efektif, peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat tidak efektif tersebut dengan tepat.

L3
Sukar
41
4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca
4.9.3 Meringkas cerpen/novel
Ringkasan cerpen/novel
Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat  menyusun ringkasan kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat
L3
Sukar
42
3.5 Menganalisis teks anekdot dari aspek makna tersirat
3.5.2 Membedakan isi dua teks anekdot
Perbedaan isi  dua teks anekdot
Disajikan dua teks anekdot, peserta didik dapat  menentukan perbedaan yang tersindir dalam teks anekdot  tersebut dengan benar.




L2
Sedang
43
4.20 Mengembangkan teks prosedur berkaitan bidang pekerjaan dengan memperhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
4.20.2 Mengembangkan teks prosedur
Melengkapi teks prosedur
Disajikan teks prosedur rumpang, peserta didik dapat melengkapi dua bagian yang rumpang sesuai isi teks dengan tepat.
L2
Sedang
44
3.4 Menganalisis  struktur dan kebahasaan  teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.4.5 Menganalisis aspek kebahasaan teks eksposisi
Perbaikan kesalahan penggunaan kalimat
Disajikan teks yang di dalamnya terdapat kalimat yang tidak tepat penggunaannya, peserta didik menentukan perbaikannya.


L3
Sukar
45
3.45 Menganalisis struktur dan ciri kebahasaan teks iklan sesuai bidang pekerjaan
3.45 Menganalisis ciri kebahasaan teks iklan
Perbaikan kalimat iklan yang tidak logis
Disajikan kalimat iklan yang tidak logis, peserta didik dapat memperbaiki kalimat tidak logis tersebut dengan tepat.
L3
Sukar
46
3.47 Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.47. 1 Menganalisis aspek kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah
Penggunaan ejaan (huruf kapital) pada teks



Disajikan teks yang tidak menggunakan ejaan (huruf kapital), peserta didik dapat menggunakan huruf kapital sesuai tekstersebut dengan tepat.








L2
Sedang
47
3.41Mendeskripsikan informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.41.2  Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks editorial
Opini penulis dalam teks
Disajikan teks editorial (tajuk rencana) yang terdiri atas 57 kalimat, peserta didik menentukan opini penulis yang terdapat pada teks tersebut dengan tepat.
L2
Sedang
48
4.32 Menyajikan isi sebuah resensi berkaitan bidang pekerjaan dengan memperhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi
4.32. 1 Mengontruksi resensi    film
Melengkapi teks ulasan film
 Disajikan teks ulasan film/drama rumpang, peserta didik dapat melengkapi bagian yang rumpang sesuai isi teks dengan tepat.
L2
Sedang
49
3.47 Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.47.1 Menganalisis aspek  kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah
Perbaikan tanda baca  tiga buku dalam daftar pustaka
Disajikan penulisan  daftar pustaka tiga buku yang salah penggunaan tanda bacanya, peserta didik dapat memperbaikinya sesuai PUEBI dengan tepat.
L3
Sukar
50

Keterangan:
1.        Level soal diisi Level 1(Pemahaman)/Level 2 (Penerapan)/Level 3 (Penalaran). Dalam Taksonomi Bloom C1 dan C2 termasuk Level 1, C3 termasuk Level 2 dan C4, C5, C6 termasuk Level 3
2.        Tingkat kesukaran diisi dengan Mudah/Sedang/Sukar

No comments:

Post a Comment