KISI-KISI UNBK Bahasa Indonesia

KISI-KISI SOAL  TRY OUT BAHASA INDONESIA
UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (UNBK) SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) JAKARTA SELATAN I
TAHUN PELAJARAN 2018/2019

No. Kompetensi Dasar Bahan kelas / semester Materi Indikator No soal
1 4.1 Menginterpretasi makna teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan. XII/5 Gagasan Pokok Disajikan kutipan  teks berita terdiri atas 3-5 kalimat, peserta didik dapat menentukan  ide pokok teks tersebut. 1
2 3.1 Memahami struktur dan  kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil obervasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan. X/1 Memaknai istilah/kata Disajikan kutipan  teks eksposisi terdiri atas 3-5 kalimat, peserta didik dapat menentukan dua makna istilah yang terdapat dalam teks tersebut. 2
3 4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil  obervasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan. X/1 Simpulan Disajikan kutipan teks eksposisi terdiri atas 3-5 kalimat, peserta didik dapat menentukan simpulan teks tersebut. 3
4 4.1 Menginterpretasi makna  teks cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan. XI/4 Kalimat sebab- akibat Disajikan kutipan teks eksplanasi kompleks yang terdiri atas 5 kalimat, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menyatakan hubungan sebab-akibat dalam teks tersebut. 4
5 4.1 Menginterpretasi makna  teks cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan. XI/3 Menentukan inti kalimat Disajiakan sebuah kalimat kompleks dari teks cerita ulang, peserta didik dapat menentukan inti kalimat tersebut. 5
6 4.4 Mengabstraksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan. XII/5 Ringkasan/abstraksi Disajikan kutipan teks cerita sejarah terdiri atas 3-5 kalimat, peserta didik dapat menentukan ringkasan yang sesuai dengan isi teks tersebut. 6
7 3.4 Mengevaluasi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik
melalui lisan maupun tulisan.
XII/5 Tanggapan logis Disajikan kutipan teks berita yang terdiri atas 3-5 kalimat, peserta didik dapat menentukan tanggapan logis sesuai dengan isi teks
tersebut.
7
8 3.3 Menganalisis teks anekdot, eksposisi, laporan obervasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan X/1 Menunjukkan bukti simpulan Disajikan kutipan teks eksposisi terdiri atas 5 kalimat, peserta didik dapat menentukan kalimat simpulan yang terdapat dalam teks tersebut. 8
9 3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan  hasil obervasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan. X/2 Hubungan perbandingan Disajikan kutipan teks laporan hasil observasi terdiri atas 5 kalimat, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menyatakan hubungan perbandingan yang terdapat dalam
teks tersebut.
9
10 3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan.
XI/3 Majas Disajikan kutipan  cerita pendek terdiri atas 50-70 kata, peserta didik dapat menentukan majas yang terdapat dalam teks tersebut. 10
11 3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan. XI/3 Unsur intrinsik sastra (perwatakan) Disajikan kutipan cerita pendek terdiri atas 50 –70 kata, peserta didik dapat menentukan watak tokoh dalam teks tersebut. 11
12 4.1 Menginterpretasi makna  teks cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan. XI/4 Isi drama Disajikan kutipan teks drama terdiri atas 5-7 dialog, peserta didik dapat menentukan isi kutipan drama tersebut. 12
13 4.1 Menginterpretasi makna teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan
maupun tulisan.
XII/6 Amanat kutipan novel Disajikan kutipan  novel terdiri atas 50-70 kata, peserta didik dapat menentukan amanat yang terdapat dalam kutipan novel tersebut. 13
14 3.3 Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan. XII/6 Unsur intrinsik novel Disajikan kutipan  novel terdiri atas 50-70 kata, peserta didik dapat menentukan unsur intrinsik yang dominan dalam kutipan novel tersebut. 14
15 3.3 Menganalisis teks cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan
maupun tulisan.
XI/3 Unsur intrinsik (watak) cerpen Disajikan kutipan  cerpen terdiri atas 50-70 kata, peserta didik dapat menentukan bukti watak salah satu tokoh dalam cerpen tersebut. 15
16 3.3 Menganalisis teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi
kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan.
XI/3 Unsur intrinsik (latar) cerpen Disajikan kutipan  cerpen terdiri atas 50-70 kata, peserta didik dapat menentukan latar dalam kutipan teks tersebut. 16
17 3.3 Menganalisis teks cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan
maupun tulisan.
XI/3 Unsur ektrinsik cerpen Disajikan kutipan  cerpen terdiri atas 50-70 kata, peserta didik dapat menentukan unsur ekstrinsik yang dominan dalam kutipan cerpen tersebut. 17
18 3.4 Mengevaluasi  teks cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan. XI/4 Keunggulan/ kelemahan film Disajikan kutipan teks ulasan film terdiri atas 5 kalimat, peserta didik dapat menentukan keunggulan/kelemahan kutipan ulasan film tersebut. 18
19 3.2 Membandingkan teks cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan. XI/3 Perbandingan unsur karya sastra (pantun dan syair) Disajikan teks  sastra (pantun dan syair), peserta didik dapat menentukan perbedaan unsur kedua teks tersebut. 19
20 4.4 Mengabstraksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan. XII/6 Meringkas isi karya sastra (drama) Disajikan kutipan novel terdiri atas 50-70 kata, peserta didik dapat menentukan ringkasan yang sesuai dengan isi kutipan drama tersebut. 20
21 3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan. XI/4 Melengkapi pantun yang rumpang dengan larik yang tepat Disajikan teks eksplanasi (3 – 5 kalimat) yang rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan dua istilah yang sesuai dengan teks tersebut. 21
22 4.2  Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil obervasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan. X/2 Melengkapi teks negosiasi Disajikan teks negosiasi (5-7 dialog) yang rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan dialog yang sesuai dengan isi teks tersebut. 22
23 4.2 Memproduksi teks cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan. XI/3 Melengkapi pantun Disajikan teks pantun yang rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan larik yang sesuai dengan pantun tersebut. 23
24 4.2 Memproduksi teks cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan. XI/4 Ulasan film Disajikan kutipan teks ulasan film (3-5 kalimat) yang rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat. 24
25 4.2  Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil obervasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan. X/2 Melengkapi teks prosedur Disajikan teks prosedur  (5-7 langkah) yang rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan langkah yang tepat. 25
26 3.3 Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan. XII/6 Urutan peristiwa dalam cerita Disajikan kutipan  novel  (5-7 kalimat) secara acak, peserta didik dapat mengurutkan sesuai dengan urutan peristiwanya. 26
27 4.2  Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil obervasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
baik melalui lisan maupun tulisan.
X/2 Urutan langkah teks prosedur Disajikan teks prosedur  (5-7 langkah) secara acak, peserta didik dapat mengurutkan langkah-langkah tersebut secara kronologis. 27
28 3.4 Mengevaluasi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan. XII/5 Sinonim kata Disajikan teks berita  (5-7 kalimat), peserta didik dapat menentukan sinonim dua kata yang terdapat dalam teks tersebut. 28
29 3.4 Mengevaluasi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan XII/5 Variasi kalimat Disajikan sebuah kalimat kompleks berisi berita, peserta didik dapat menentukan kalimat yang semakna dengan kalimat tersebut. 29
30 3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil obervasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan X/2 Menyusun paragraf Disajikan teks laporan hasil observasi (5 kalimat) secara acak, peserta didik dapat mengurutkan kalimat tersebut menjadi paragraf yang padu. 30
31 3.1 Memahami struktur dan  kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil obervasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan X/1 Kata tidak baku Disajikan kutipan teks eksposisi (5 kalimat), peserta didik dapat  menentukan kalimat yang menggunakan  kata  tidak baku dalam teks tersebut. 31
32 3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan. XII/5 Konjungsi Disajikan kutipan teks berita, peserta didik dapat menentukan kesalahan penggunaan konjungsi dalam teks tersebut. 32
33 3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan. XII/5 Kalimat sumbang Disajikan kutipan teks berita (5 kalimat), peserta didik dapat menentukan  kalimat sumbang yang terdapat dalam  teks tersebut. 33
34 4.2 Memproduksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan. XII/5 Penggunaan istilah Disajikan teks berita rumpamg, peserta didik dapat melengkapi dengan istilah yang tepat. 34
35 4.2 Memproduksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan. XII/5 Penggunaan kata bentukan Disajikan teks berita rumpamg, peserta didik dapat melengkapi dengan 2 kata bentukan yang tepat. 35
36 4.2 Memproduksi teks cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan. XI/4 Penggunaan kalimat Disajikan teks eksplanasi  rumpamg, peserta didik dapat melengkapi teks tersebut dengan kalimat yang tepat. 36
37 4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil obervasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan. X/1 Kalimat efektif/tidak efektif Disajikan kalimat tidak efektif dalam teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat memperbaiki kesalahan kalimat tidak efektif tersebut dengan tepat. 37
38 4.3 Menyunting teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan. XII/5 Konjungsi Disajikan kutipan teks berita, peserta didik dapat memperbaiki kesalahan penggunaan konjungsi yang dicetak miring dalam teks tersebut. 38
39 4.3 Menyunting teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan. XII/5 Ejaan Disajikan teks editorial (4 kalimat), peserta didik  dapat menentukan   kesalahan penggunaan ejaan dalam teks tersebut. 39
40 4.3 Menyunting teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan. XII/5 Perbaikan kesalahan tanda baca Disajikan teks opini (5 kalimat), peserta didik dapat menentukan kesalahan pengunaaan tanda baca dalam teks tersebut. 40
41 4.3 Menunting teks cerita sejarah, berita, iklan,   editorial/opini,   dan   cerita   fiksi dalam  novel  baik  melalui  lisan  maupun
tulisan.
XII/5 Penggunaan tanda baca Disajikan teks editorial tanpa tanda baca, peserta didik  dapat menentukan penggunaan tanda baca yang tepat  dalam teks tersebut. 41
42 4.3 Menunting teks cerita sejarah, berita, iklan,   editorial/opini,   dan   cerita   fiksi dalam  novel  baik  melalui  lisan  maupun
tulisan.
XII/5 Kalimat tidak efektif Disajikan kutipan teks cerita sejarah, peserta dapat memperbaiki kalimat tidak efektif yang terdapat dalam teks tersebut. 42
43 4.2 Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
secara lisan maupun tulisan
X/1 Simpulan Disajikan data laporan hasil observasi,  peserta didik dapat membuat simpulan sesuai data trsebut. 43
44 4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
secara lisan maupun tulisan
X/1 Ejaan Disajikan kutipan teks eksposisi yang di dalamnya terdapat penggunaan/penulisan kata yang salah, peserta didik dapat memperbaikinya. 44
45 4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan X/2 Menyunting ejaan dan tanda baca Disajikan kutipan alamat surat negosiasi yang tidak tepat penulisannya, peserta didik dapat menentukan kesalahan penulisan tersebut. 45
46 3.3 Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita
fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
XII/5 Kalimat opini Disajikan 5 kalimat kutipan teks editorial peserta didik dapat menentukan opini penulis yang terdapat dalam teks tersebut. 46
47 4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
secara lisan maupun tulisan
X/1 Penulisan daftar pustaka Disajikan data buku peserta didik dapat menentukan penulisan daftar pustaka sesuai dengan ejaan yang tepat. 47
48 4.3 Menyunting teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan
maupun tulisan.
XII/5 Kalimat Sumbang Disajikan teks berita, peserta didik dapat menentukan kalimat sumbang yang terdapat dalam teks tersebut. 48
49 3.3 Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan. XII/5 Melengkapi kalimat dalam drama Disajikan kutipan teks cerita fiksi, peserta didik dapat menentukan kalimat dalam drama teks tersebut. 49
50 3.3 Menganalisis teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/review film/drama baik melalui lisan maupun tulisan XI/2 Kalimat simpleks Disajikan kutipan teks eksplanasi kompleks, peserta didik dapat menentukan kalimat simpleks yang terdapat dalam teks tersebut. 50
Catatan:
Jakarta, 23 Oktober 2018
Penyusun Kisi-kisi Soal UNBK Bahasa Indonesia
1. Muhammad Jalalludin, S.Pd.                   SMK Al-Hidayah Lestari
2. Ahmad Zikri, S.Pd.                                SMK Trimulya
3. Eka Citra Herma Yuniarta, S.Pd             SMK Islam Wijaya Kusuma

No comments:

Post a Comment