KISI-KISI SOAL TRY OUT
BAHASA INDONESIA |
UJIAN NASIONAL
BERBASIS KOMPUTER (UNBK) SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) JAKARTA SELATAN I |
TAHUN PELAJARAN
2018/2019 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No. |
Kompetensi Dasar |
Bahan
kelas / semester |
Materi |
Indikator |
No soal |
1 |
4.1 Menginterpretasi makna
teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik
melalui lisan maupun tulisan. |
XII/5 |
Gagasan Pokok |
Disajikan kutipan teks
berita terdiri atas 3-5 kalimat, peserta didik dapat menentukan ide pokok teks tersebut. |
1 |
2 |
3.1 Memahami struktur
dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil obervasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan. |
X/1 |
Memaknai istilah/kata |
Disajikan kutipan teks
eksposisi terdiri atas 3-5 kalimat, peserta didik dapat menentukan dua makna
istilah yang terdapat dalam teks tersebut. |
2 |
3 |
4.1 Menginterpretasi makna
teks anekdot, eksposisi,
laporan hasil obervasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan. |
X/1 |
Simpulan |
Disajikan kutipan teks eksposisi terdiri atas 3-5 kalimat,
peserta didik dapat menentukan simpulan teks tersebut. |
3 |
4 |
4.1 Menginterpretasi
makna teks cerita pendek,
pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun
tulisan. |
XI/4 |
Kalimat sebab- akibat |
Disajikan kutipan teks eksplanasi kompleks yang terdiri atas 5
kalimat, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menyatakan hubungan
sebab-akibat dalam teks tersebut. |
4 |
5 |
4.1 Menginterpretasi
makna teks cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks,
dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan. |
XI/3 |
Menentukan inti kalimat |
Disajiakan sebuah kalimat kompleks dari teks cerita ulang,
peserta didik dapat menentukan inti kalimat tersebut. |
5 |
6 |
4.4 Mengabstraksi teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun
tulisan. |
XII/5 |
Ringkasan/abstraksi |
Disajikan kutipan teks cerita sejarah terdiri atas 3-5 kalimat,
peserta didik dapat menentukan ringkasan yang sesuai dengan isi teks
tersebut. |
6 |
7 |
3.4 Mengevaluasi teks
cerita sejarah, berita,
iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik
melalui lisan maupun tulisan. |
XII/5 |
Tanggapan logis |
Disajikan kutipan teks berita yang terdiri atas 3-5 kalimat,
peserta didik dapat menentukan tanggapan logis sesuai dengan isi teks
tersebut. |
7 |
8 |
3.3 Menganalisis teks
anekdot, eksposisi, laporan obervasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
melalui lisan maupun tulisan |
X/1 |
Menunjukkan bukti simpulan |
Disajikan kutipan teks eksposisi terdiri atas 5 kalimat,
peserta didik dapat menentukan kalimat simpulan yang terdapat dalam teks
tersebut. |
8 |
9 |
3.4 Mengevaluasi teks
anekdot, eksposisi, laporan hasil obervasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan. |
X/2 |
Hubungan perbandingan |
Disajikan kutipan teks laporan hasil observasi terdiri atas 5
kalimat, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menyatakan hubungan
perbandingan yang terdapat dalam
teks tersebut. |
9 |
10 |
3.1 Memahami struktur dan
kaidah teks cerita pendek,
pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan. |
XI/3 |
Majas |
Disajikan kutipan cerita
pendek terdiri atas 50-70 kata, peserta didik dapat menentukan majas yang
terdapat dalam teks tersebut. |
10 |
11 |
3.1 Memahami struktur dan
kaidah teks cerita pendek,
pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik
melalui lisan maupun tulisan. |
XI/3 |
Unsur intrinsik sastra
(perwatakan) |
Disajikan kutipan cerita pendek terdiri atas 50 –70 kata,
peserta didik dapat menentukan watak tokoh dalam teks tersebut. |
11 |
12 |
4.1 Menginterpretasi
makna teks cerita pendek,
pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik
melalui lisan maupun tulisan. |
XI/4 |
Isi drama |
Disajikan kutipan teks drama terdiri atas 5-7 dialog, peserta
didik dapat menentukan isi kutipan drama tersebut. |
12 |
13 |
4.1 Menginterpretasi makna
teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik
melalui lisan
maupun tulisan. |
XII/6 |
Amanat kutipan novel |
Disajikan kutipan novel
terdiri atas 50-70 kata, peserta didik dapat menentukan amanat yang terdapat
dalam kutipan novel tersebut. |
13 |
14 |
3.3 Menganalisis teks
cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita
fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun
tulisan. |
XII/6 |
Unsur intrinsik novel |
Disajikan kutipan novel
terdiri atas 50-70 kata, peserta didik dapat menentukan unsur intrinsik yang
dominan dalam kutipan novel tersebut. |
14 |
15 |
3.3 Menganalisis teks cerita pendek, pantun,cerita ulang,
eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan
maupun tulisan. |
XI/3 |
Unsur intrinsik (watak)
cerpen |
Disajikan kutipan cerpen
terdiri atas 50-70 kata, peserta didik dapat menentukan bukti watak salah
satu tokoh dalam cerpen tersebut. |
15 |
16 |
3.3 Menganalisis teks cerita pendek, pantun, cerita ulang,
eksplanasi
kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan. |
XI/3 |
Unsur intrinsik (latar)
cerpen |
Disajikan kutipan cerpen
terdiri atas 50-70 kata, peserta didik dapat menentukan latar dalam kutipan
teks tersebut. |
16 |
17 |
3.3 Menganalisis teks cerita pendek, pantun,cerita ulang,
eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan
maupun tulisan. |
XI/3 |
Unsur ektrinsik cerpen |
Disajikan kutipan cerpen
terdiri atas 50-70 kata, peserta didik dapat menentukan unsur ekstrinsik yang
dominan dalam kutipan cerpen tersebut. |
17 |
18 |
3.4 Mengevaluasi teks cerita pendek, pantun,cerita ulang,
eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan. |
XI/4 |
Keunggulan/ kelemahan film |
Disajikan kutipan teks ulasan film terdiri atas 5 kalimat,
peserta didik dapat menentukan keunggulan/kelemahan kutipan ulasan film
tersebut. |
18 |
19 |
3.2 Membandingkan teks
cerita pendek, pantun,cerita
ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan
maupun tulisan. |
XI/3 |
Perbandingan unsur karya
sastra (pantun dan syair) |
Disajikan teks sastra
(pantun dan syair), peserta didik dapat menentukan perbedaan unsur kedua teks
tersebut. |
19 |
20 |
4.4 Mengabstraksi teks
cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita
fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun
tulisan. |
XII/6 |
Meringkas isi karya sastra (drama) |
Disajikan
kutipan novel terdiri atas 50-70 kata, peserta didik dapat menentukan
ringkasan yang sesuai dengan isi kutipan drama tersebut. |
20 |
21 |
3.1 Memahami struktur dan
kaidah teks cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi
kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui
lisan maupun tulisan. |
XI/4 |
Melengkapi pantun yang rumpang dengan larik
yang tepat |
Disajikan teks eksplanasi (3 – 5 kalimat) yang rumpang, peserta
didik dapat melengkapi dengan dua istilah yang sesuai dengan teks tersebut. |
21 |
22 |
4.2 Memproduksi teks anekdot, eksposisi,
laporan hasil obervasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
baik melalui lisan maupun tulisan. |
X/2 |
Melengkapi teks negosiasi |
Disajikan teks negosiasi (5-7 dialog) yang rumpang, peserta
didik dapat melengkapi dengan dialog yang sesuai dengan isi teks tersebut. |
22 |
23 |
4.2 Memproduksi teks cerita
pendek, pantun,cerita
ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan
maupun tulisan. |
XI/3 |
Melengkapi pantun |
Disajikan teks pantun yang rumpang, peserta didik dapat
melengkapi dengan larik yang sesuai dengan pantun tersebut. |
23 |
24 |
4.2 Memproduksi teks cerita
pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui
lisan maupun tulisan. |
XI/4 |
Ulasan film |
Disajikan kutipan teks ulasan film (3-5 kalimat) yang rumpang,
peserta didik dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat. |
24 |
25 |
4.2 Memproduksi teks anekdot, eksposisi,
laporan hasil obervasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan. |
X/2 |
Melengkapi teks prosedur |
Disajikan teks prosedur
(5-7 langkah) yang rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan
langkah yang tepat. |
25 |
26 |
3.3 Menganalisis teks
cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita
fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun
tulisan. |
XII/6 |
Urutan peristiwa dalam
cerita |
Disajikan kutipan
novel (5-7 kalimat) secara
acak, peserta didik dapat mengurutkan sesuai dengan urutan peristiwanya. |
26 |
27 |
4.2 Memproduksi teks anekdot, eksposisi,
laporan hasil obervasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
baik melalui lisan maupun tulisan. |
X/2 |
Urutan langkah teks
prosedur |
Disajikan teks prosedur
(5-7 langkah) secara acak, peserta didik dapat mengurutkan
langkah-langkah tersebut secara kronologis. |
27 |
28 |
3.4 Mengevaluasi teks
cerita sejarah, berita,
iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan
maupun tulisan. |
XII/5 |
Sinonim kata |
Disajikan teks berita
(5-7 kalimat), peserta didik dapat menentukan sinonim dua kata yang
terdapat dalam teks tersebut. |
28 |
29 |
3.4 Mengevaluasi teks
cerita sejarah, berita,
iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan
maupun tulisan |
XII/5 |
Variasi kalimat |
Disajikan sebuah kalimat kompleks berisi berita, peserta didik
dapat menentukan kalimat yang semakna dengan kalimat tersebut. |
29 |
30 |
3.4 Mengevaluasi teks
anekdot, eksposisi, laporan hasil obervasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun
tulisan |
X/2 |
Menyusun paragraf |
Disajikan teks laporan hasil observasi (5 kalimat) secara acak,
peserta didik dapat mengurutkan kalimat tersebut menjadi paragraf yang padu. |
30 |
31 |
3.1 Memahami struktur
dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil obervasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan |
X/1 |
Kata tidak baku |
Disajikan kutipan teks eksposisi (5 kalimat), peserta didik
dapat menentukan kalimat yang
menggunakan kata tidak baku dalam teks tersebut. |
31 |
32 |
3.1 Memahami struktur dan
kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik
melalui lisan maupun tulisan. |
XII/5 |
Konjungsi |
Disajikan kutipan teks berita, peserta didik dapat menentukan
kesalahan penggunaan konjungsi dalam teks tersebut. |
32 |
33 |
3.1 Memahami struktur dan
kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik
melalui lisan maupun tulisan. |
XII/5 |
Kalimat sumbang |
Disajikan kutipan teks berita (5 kalimat), peserta didik dapat
menentukan kalimat sumbang yang
terdapat dalam teks tersebut. |
33 |
34 |
4.2 Memproduksi teks cerita
sejarah, berita,
iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan
maupun tulisan. |
XII/5 |
Penggunaan istilah |
Disajikan teks berita rumpamg, peserta didik dapat melengkapi
dengan istilah yang tepat. |
34 |
35 |
4.2 Memproduksi teks cerita
sejarah, berita,
iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan
maupun tulisan. |
XII/5 |
Penggunaan kata bentukan |
Disajikan teks berita rumpamg, peserta didik dapat melengkapi
dengan 2 kata bentukan yang tepat. |
35 |
36 |
4.2 Memproduksi teks cerita
pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun
tulisan. |
XI/4 |
Penggunaan kalimat |
Disajikan
teks eksplanasi rumpamg, peserta didik
dapat melengkapi teks tersebut dengan kalimat yang tepat. |
36 |
37 |
4.3 Menyunting teks
anekdot, eksposisi, laporan hasil obervasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun
tulisan. |
X/1 |
Kalimat efektif/tidak
efektif |
Disajikan kalimat tidak efektif dalam teks laporan hasil
observasi, peserta didik dapat memperbaiki kesalahan kalimat tidak efektif
tersebut dengan tepat. |
37 |
38 |
4.3 Menyunting teks cerita
sejarah, berita,
iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan
maupun tulisan. |
XII/5 |
Konjungsi |
Disajikan
kutipan teks berita, peserta didik dapat memperbaiki kesalahan penggunaan
konjungsi yang dicetak miring dalam teks tersebut. |
38 |
39 |
4.3 Menyunting teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun
tulisan. |
XII/5 |
Ejaan |
Disajikan
teks editorial (4 kalimat), peserta didik
dapat menentukan kesalahan
penggunaan ejaan dalam teks tersebut. |
39 |
40 |
4.3 Menyunting teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun
tulisan. |
XII/5 |
Perbaikan kesalahan tanda baca |
Disajikan
teks opini (5 kalimat), peserta didik dapat menentukan kesalahan pengunaaan
tanda baca dalam teks tersebut. |
40 |
41 |
4.3 Menunting teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan
cerita fiksi dalam novel
baik melalui lisan
maupun
tulisan. |
XII/5 |
Penggunaan tanda baca |
Disajikan
teks editorial tanpa tanda baca, peserta didik dapat menentukan penggunaan tanda baca yang
tepat dalam teks tersebut. |
41 |
42 |
4.3 Menunting teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan
cerita fiksi dalam novel
baik melalui lisan
maupun
tulisan. |
XII/5 |
Kalimat tidak efektif |
Disajikan
kutipan teks cerita sejarah, peserta dapat memperbaiki kalimat tidak efektif
yang terdapat dalam teks tersebut. |
42 |
43 |
4.2 Memproduksi teks
anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
secara lisan maupun tulisan |
X/1 |
Simpulan |
Disajikan
data laporan hasil observasi, peserta
didik dapat membuat simpulan sesuai data trsebut. |
43 |
44 |
4.3 Menyunting teks
anekdot, eksposisi,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
secara lisan maupun tulisan |
X/1 |
Ejaan |
Disajikan
kutipan teks eksposisi yang di dalamnya terdapat penggunaan/penulisan kata
yang salah, peserta didik dapat memperbaikinya. |
44 |
45 |
4.3 Menyunting teks
anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun
tulisan |
X/2 |
Menyunting ejaan dan tanda
baca |
Disajikan kutipan alamat surat negosiasi yang tidak tepat
penulisannya, peserta didik dapat menentukan kesalahan penulisan tersebut. |
45 |
46 |
3.3 Menganalisis teks
cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita
fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun
tulisan |
XII/5 |
Kalimat opini |
Disajikan 5 kalimat kutipan teks editorial peserta didik dapat
menentukan opini penulis yang terdapat dalam teks tersebut. |
46 |
47 |
4.3 Menyunting teks
anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
secara lisan maupun tulisan |
X/1 |
Penulisan daftar pustaka |
Disajikan data buku peserta didik dapat menentukan penulisan
daftar pustaka sesuai dengan ejaan yang tepat. |
47 |
48 |
4.3 Menyunting teks cerita
sejarah, berita,
iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan
maupun tulisan. |
XII/5 |
Kalimat Sumbang |
Disajikan
teks berita, peserta didik dapat menentukan kalimat sumbang yang terdapat
dalam teks tersebut. |
48 |
49 |
3.3 Menganalisis teks
cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik
melalui lisan maupun tulisan. |
XII/5 |
Melengkapi kalimat dalam drama |
Disajikan
kutipan teks cerita fiksi, peserta didik dapat menentukan kalimat dalam drama
teks tersebut. |
49 |
50 |
3.3 Menganalisis teks
cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi
kompleks, dan ulasan/review film/drama baik
melalui lisan maupun tulisan |
XI/2 |
Kalimat simpleks |
Disajikan
kutipan teks eksplanasi kompleks, peserta didik dapat menentukan kalimat
simpleks yang terdapat dalam teks tersebut. |
50 |
Catatan: |
|
|
|
|
|
|
|
|
Jakarta, 23
Oktober 2018 |
Penyusun
Kisi-kisi Soal UNBK Bahasa Indonesia |
|
|
|
|
|
|
|
1.
Muhammad Jalalludin, S.Pd.
SMK Al-Hidayah Lestari |
|
|
|
|
|
2.
Ahmad Zikri, S.Pd. SMK Trimulya |
|
|
|
|
|
|
3.
Eka Citra Herma Yuniarta, S.Pd
SMK Islam Wijaya Kusuma |
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment