RPP BAHASA INDONESIA KELAS X KURTILAS


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

            Nama Sekolah                        : SMK .....................................
Bidang Keahlian                    : Seluruh Bidang Keahlian
Kompetensi Dasar                : 3.1 Memahami Laporan Hasil Observasi
            Mata pelajaran                      : Bahasa Indonesia
            Materi                                     : Teks Laporan Hasil Observasi
            Kelas/Semester                     : X/Ganjil
            Alokasi Waktu                       : 4 JP x 45 Menit
            Tahun Pelajaran                    : 2018/2019
A.            KOMPETENSI INTI
KI.1        Spritual
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI.2        Sikap
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifikasi sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah.
KI.3        Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengavaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI.4        Keterampilan
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.            Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

No
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1
PENGETAHUAN;
3.1 Memahami laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
3.1.1 Mengidentifikasi isi dan kesalahan isi teks laporan hasil observasi
3.1.2 Menjelaskan ringkasan isi pokok teks laporan hasil observasi
3.1.3 Menyimpulkan fungsi laporan hasil observasi
3.1.4 Menganalisis isi dan struktur Teks Laporan Hasil Observasi
3.1.5 Melengkapi isi teks laporan hasil observasi

2
KETERAMPILAN
4.1 Menyajikan isi teks (intisari) laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
4.1.1 Membuat isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.


C.             TUJUAN PEMBELAJARAN
          PENGETAHUAN
          3.1         Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat:
               1. Menjelaskan pengertian teks laporan hasil observasi
2. Mencatat peristiwa teks laporan hasil observasi
3. Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi.
4. Mengonstruksikan teks laporan observasi dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis.
               5. Menentukan struktur isi teks laporan hasil observasi
6. Melaporkan teks hasil observasi dengan cara penyampaian secara lisan maupun tulis
   KETERAMPILAN
4.1         Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat:
               1. Memahami laporan hasil observasi.
2. Menyusun ringkasan isi teks laporan hasil observasi
               2. Menyimpulkan isi teks laporan observasi

D.     MATERI PEMBELAJARAN
1. Materi Pembelajaran
a. Fakta:          teks laporan observasi
b. Konsep:      bidang pekerjaan
c. Prinsip:       isi teks (intisari)
d. Prosedur:   Menyajikan isi teks (intisari) laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
Mengonstruksikan teks laporan observasi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis
E.             MODEL PEMBELAJARAN
v  DISCOVERY LEARNING

F.             MEDIA, ALAT/BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.      Media                          : Video Teks Laporan Hasil Observasi
2.      Alat                             : LCD, Papan Tulis, Spidol
3.      Bahan                         : Teks Laporan Observasi dan Lembar Kerja Siswa
4.      Sumber Belajar         : Buku Teks Bahasa Indonesia, Slite, dan Web
G.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemua ke-1
(2 x 45 menit)
Kegiatan
Sintak Model
Langkah-langkah
Waktu
a.    Pendahuluan/Kegiatan Awal
Discovery learning
1)   Peserta didik merespon salam dari pendidik. Pendidik mengabsen dan memotivasi untuk mengondisikan peserta didik memulai pembelajaran.
2)   Peserta didik digali dengan pertanyaan berkaitan dengan pembelajaran yang lalu.
3)   Peserta didik menyimak informasi tentang manfaat dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4)   Pendidik menyampaikan garis besar cakupan materi menganalisis dan menyunting teks eksposisi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik
10 Menit
Pertemuan I



b.    Kegiatan Inti
1.  Pemberian stimulus terhadap siswa
Membaca:
1.     Pendidik (guru) meminta peserta didik untuk menyiapakan buku yang akan dipelajari kemudian membacanya.
2.     Peserta didik mulai mengamati teks hasil observasi baik melalui lisan dan tulis.
3.     Pendidik berdiskusi tentang berbagai jenis teks lisan ataupun tulis.
70 Menit

2.  Identifikasi
Menanya: Pendidik menugaskan siswa untuk mengidentifikasi struktur laporan hasil teks observasi secara lisan dan tulis
Mengamati: Berdasarkan hasil membaca buku dan berdiskusi peserta didik merumuskan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat teks hasil observasi yang baik dan bener




3.  Pengumpulan data
Mengumpulkan Informasi:
1.    Pendidik meminta siswa untuk mencoba membuat teks hasil observasi tertulis
2.    Peserta didik mencoba membuat teks laporan hasil observasi sesuai dengan aturan seperti contoh yang diperlihatkan oleh pendidik sebagai pembuktian
3.    Peserta didik mencoba melakukan observasi langsung pada kegiatan dalam sekolah sesuai dengan aturan yang disepakati

c.     Kegiatan Penutup

1.     Pendidik bersama dengan peserta didik membuat kesimpulan mengenai teks hasil observasi secara tertulis
2.     Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
3.     Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
4.     Menutup pembelajaran dengan doa dan salam
10 Menit
Pertemua ke-2
(2 x 45 menit)
Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi waktu
1. a.   Pendahuluan
1.      Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.      Peserta didik merespon apersepsi yang disampaikan pendidik tentang materi pembelajaran sebelumnya, “ apa yang kalian tentang teks laporan hasil observasi?”Bagaimana ciri kebahasaan teks Laporan hasil observasi.
3.      Peserta didik menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan yang akan dipelajari dalam teks Laporan Hasil Observasi hari ini.
Religius


Rasa ingin tahu
10 menit
2.      b. Inti
1.        Pendidik dengan rasa ingin tahu membaca teks yang berjudul “D’ Topeng Museum  Angkut” pada halaman 16 di buku Siswa.
2.        Peserta didik dikelompokkan menjadi bebebrapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas empat orang. Setiap siswa menyusun ringkasan teks “D’ Topeng Museum Angkut” secara mandiri.
3.        Secara  bergantian setiap siswa mempresentasikan ringkasan yang dibuatnya dalam kelompmpok masing-masing.
4.        Siswa lain menilai temannyadengan mengisi rubrik penilaian yang dibagikan guru
5.        Setiap kelompok memilih ringkasan yang terbaik
6.        Siswa yang ringkasannya menjadi ringkasan terbaik di kelompoknya harus mempresentasikan ringkasan di depan kelas.
Literasi



Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)

Komunikatif
(Communicative)










70    enit
c.Penutup
Kegiatan peserta didik bersama pendidik, yaitu:
a.       Membuat kesimpulan bersama-sama tentang cara membuat ringkasan yang benar
b.      Pendidik melaksanakan penilaian
c.       Pendidik memberikan tugas untuk memperkuat hasil belajar
d.      Mengingatkan tentang pembelajaran di hari berikutnya.



Kreativitas

HOTS
10  enit


H.           PENILAIAN PEMBELAJARAN, REMEDIAL, DAN PENGAYAAN
1.    Teknik Penilaian                                         : Tertulis dan Tes Praktik
PENILAIAN
1. Kompetensi keagamaan dan sosial:
·                     Teknik penilaian        : observasi/ pengamatan
·                     Bentuk                        : catatan hasil observasi
·                     Instrumen                  : jurnal (terlampir)

2. Kompetensi Pengetahuan:
·                     Teknik penilaian        : tes tulis dan tes penugasan
·                     Bentuk Penilaian       : tugas individu dan tugas kelompok.
·                     Instrumen penilaian :  lembar kerja. (terlampir)

3.  Kompetensi keterampilan:          
a.       Teknik penilaian          : tes penugasan
b.       Bentuk                          : tugas tertulis.
c.       Instrumen penilaian    : lembar kerja

4.  Remedial:
a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.       Tugas remedial, dilakukan sebanyak 3 kali  yaitu dengan cara menugaskan kepada peserta didik untuk membenahi tugas yang telah dikerjakan sehingga memenuhi ketentuan yang ditetapkan.

5. Pengayaan:
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.    Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
b.    Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

2.    Instrumen Penilaian                                   : Terlampir
3.    Pembelajaran Remedial dan Pengayaan  : Terlampir



Catatan Perbaikan RPP :
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
 







Jakarta, 16 Juli 2018
              Mengetahui,
Kepala SMK Muhammadiyah 1                                                        Guru Mata Pelajaran




       Febriantoni, S.Pd                                                                                       Novitasari, S.Pd




LAMPIRAN

MATERI

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang memberikan informasi secara umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung.
Pengamatan atau biasa disebut observasi itu dilakukan oleh si pengamat dengan terjun langsung kelapangan untuk mengetahui sebuah informasi yang ada.
Informasi itu bisa meliputi objek tentang keadaan alam, keadaan lingkungan, seperti hewan, tumbuhan, sosial, sebuah peristiwa, kesenian dan kebudayaan.
Teks laporan hasil observasi bersifat informatif, komunikatif dan objektif, artinya isi teks tersebut memberikan sebuah informasi yang mudah dipahami oleh pembaca atau pendengarnya dan setiap informasi disajikan/ditulis secara objektif dan faktual atau dengan fakta/kenyataan yang sebenarnya yang telah diamati sebelumnya, tidak dibuat-buat atau tidak menurut opini sang penulis, serta dapat dibuktikan kebenarannya.

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Tujuan utamanya yaitu untuk memberikan informasi secara objektif dan fakta yang ada dilapangan sesuai hasil pengamatan yang didapatkan, tujuan yang lainnya yaitu :
1.      Untuk penelitian
2.      Untuk memberikan informasi terbaru
3.      Untuk mengatasi suatu persoalan.
4.      Untuk menemukan teknik atau cara terbaru.
5.      Untuk mengambil keputusan yang lebih efektif.
6.      Untuk melakukan pengawasan dan/atau perbaikan.
7.      Untuk mengetahui perkembangan suatu permasalahan.

Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan observasi memiliki fungsi atau manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain, fungsinya
1.        Sebagai bahan penelitian
2.      Sebagai sumber yang dapat dipercaya
3.      Sebagai laporan tugas dan kegiatan pengamatan
4.      Sebagai dokumentasi
5.      Sebagai ilmu pengetahuan
6.      Menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan dan/atau pemecahan masalah dalam pengamatan.

INTRUMEN PENILAIAN SIKAP

Nama Satuan pendidikan        : SMK Muhammadiyah 1 Jakarta
Tahun pelajaran                         : 2018/2019
Kelas/Semester                          : X/ 1
Mata Pelajaran                         : Bahasa Indonesia

NO
WAKTU
NAMA
KEJADIAN/
PERILAKU
BUTIR SIKAP
POS/
NEG
TINDAK LANJUT
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11




INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN

Satuan Pendidikan                : SMK Muhammadiyah 1 Jakarta
Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia
Kelas                                       : X (Sepuluh)
Kompetensi Dasar                : 3.1 Memahami laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
Materi                                                 : 1. Isi  teks laporan hasil observasi
2.  Ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
a.       Kata serta frasa verba dan nomina
b.      Afiksasi
c.       Kalimat definisi dan deskriptif
d.      Kalimat simpleks dan kalimat kompleks

Petunjuk : Bacalah teks berikut, secara berkelompok jawablah pertanyaan yang terdapat di bawahnya!
  
1.    Jawablah pertanyaan sebagai berikut!
a.       Apakah wayang itu?
b.      Apa fungsi dari pertunjukkan wayang?
c.       Ada berapa jenis wayang berdasarkan pembuatannya?
d.      Apa yang dimaksud dengan wayang suket?
2.     Mengapa teks tersebut digolongkan teks laporan hasil observasi?
3 Analisilah kebahasaan teks laporan hasil observasi di atas dengan menggunakan  bagan berikut!
No
Hal
Pengertian
Contoh
1
Nomina
Kata :
Frasa:
2
Verba
Kata:
Frasa:
3
Kalimat definisi dan kalimat deskripsi
4
Kalimat simpleks
5
Kalimat kompleks
4.      Lalu presentasikan di depan kelas!




RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN KELOMPOK

Penilaian Kompetensi Pengetahuan

Nama kelompok                 : …………………………………………………
Kelas                                                  : …………………………………………………
Tanggal Penugasan            : ...............................................................

Pedoman penyekoran:

No soal 
Deskripsi
Skor
Skor maksimal
1a
Menjawab dengan benar disertai alasan yang  tepat
10
10
Menjawab hampir benar dengan alasan yang kurang tepat
5
1b
Menjawab dengan benar disertai alasan yang tepat
10
10
Menjawab hampir benar dengan alasan yang kurang tepat
5
1c
Menjawab dengan benar disertai 3 contoh.
10
10
Menjawab dengan benar disertai 2 contoh
5
Menjawab dengan benar disertai 1 contoh
3
1d
Menjawab dengan benar disertai alasan yang  tepat
10
10
Menjawab hampir benar dengan alasan yang kurang tepat .
5
2
Menjawab dengan benar disertai alasan yang tepat
10
10
Menjawab kurang benar disertai alasan yang kurang tepat
5
3.1
Menjawab dengan benar disertai  pengertian dan contoh yang tepat
10
10
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang  kurang tepat
5
Menjawab dengan  kurang benar disertai pengertian dan contoh yang tidak  tepat
3
3.2
Menjawab dengan benar disertai  pengertian dan contoh yang tepat
10
10
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang  kurang tepat
5
Menjawab dengan  kurang benar disertai pengertian dan contoh yang tidak  tepat
3
3.3
Menjawab dengan benar disertai  pengertian dan contoh yang tepat
10
10
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang  kurang tepat
5
Menjawab dengan  kurang benar disertai pengertian dan contoh yang tidak  tepat
3
3.4
Menjawab dengan benar disertai  pengertian dan contoh yang tepat
10
10
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang  kurang tepat
5
Menjawab dengan  kurang benar disertai pengertian dan contoh yang tidak  tepat
3
3.5
Menjawab dengan benar disertai  pengertian dan contoh yang tepat
10
10
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang  kurang tepat
5
Menjawab dengan  kurang benar disertai pengertian dan contoh yang tidak  tepat
3
Total
100
Kunci Jwaban:
1. a. wayang adalah suatu jenis pertunjukkan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia
1. b.fungsi pertunjukkan wayang adalah sebagai media pendidikan, media informasi, dan media hiburan.
1. c. Berdasarkan pembutannya, wayang dibedakan menjadi tiga jenis, yakni wayang kulit, wayang wong, dan wayang golek.
1.d. wayang suket adalah wayang yang merupakan tirua dari berbagai figur wayang kulit yang terbuat dari rumput(bahasa jawa :  suket)
2. teks tersebut dikategorikan dalam teks laporan hasil observasi karena ditulis berdasarkan hasil pengamatan/observasi pada kenyataan dan objek yang dilaporkan yaitu wayang dituliskan secara detail
     3.
No
Hal
Pengertian
Contoh
1
Nomina
Nomina adalah kata benda
Kata adalah satuan bahasa terkecil yang bersifat bebas
Frasa adalah unsur yang lebih luas, yaitu kelompok nonprediktif
Kata : wayang
Frasa: wayang orang
2
Verba
Verba adalah kata kerja
Kata: adalah
Frasa: sudah membagi
3
Kalimat definisi
Kalimat yang menggunakan verba definitif
Wayang adalah seni pertunjukkan yang telah ditetapkan sebagai budaya asli Indonesia
Kalimat simpleks
Kalimat yang menggunakan verba deskriptif
Wayang ini terbua dari kulit kerbau yang ditatah dan diberi warna sesuai kaidah pulasan wayang pendalangan, diberi tangkai dari bahan tanduk kerbau bule yang diolah sedemikian rupa dengan nama cempurit
4
Kalimat kompleks
Kalimat yang memiliki dua atau lebih kompleks
Dalam budaya modern, wayang berfungsi menghibur dan mendidik
5
Kalimat simpleks
Kalimat yang hanya memiliki satu klausa
Kelelawar merupakan hewan unik





INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN

Satuan Pendidikan                : SMK Muhammadiyah 1 Jakarta
Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia
Kelas                                       : X (Sepuluh)
Kompetensi Dasar                : 4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulisan
Materi                                     : ringkasan teks Laporan hasil observasi
1.        Bacalah teks laporan hasil observasi yang berjudul Wayang lalu buatlah ringkasannya!
2.        Presentasikan hasil ringkasan kalian di depan kelas!
RUBRIK PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN
Rubrik penilaian presentasi ringkasan
No
Nama
Aspek penilaian
Total nilai
kelancaran
Kelengkapan informasi
Kebenaran isi
1
2
3
4


Aspek penilaian
kriteria
Rentang skor
Skor maksimal
Kelancaran
Sangat lancar menyamapiakn isi teks
85-100
100
Cukup lancar menyampaikan isi teks
70-84
Kurang lancar menyampaikan isi teks
55-69
Tidak lancar menyampaikan isi teks
54-40
Kelangkapan informasi
Isi teks yang disampaikan sangat lengkap
85-100
100
Isi teks yang disampaikan sedikit kurang lengkap
70-84
Hanya separuh isi teks yang disampaikan
55-69
Isi teks yang disampaikan hanya sedikit
54-40
Kebenaran isi
Isi teks yang disampaikan benar semua
85-100
100
Isi teks yang disampaikan sebagaian besar benar
70-84
Isi teks yang disampaikan separuh yang benar
55-69
Isi teks yang disampaikan sebagian besar salah
54-40
Total




KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019

Mata Pelajaran          :  Bahasa Indonesia
Kelas/Program          :  X
Semester                    :  Ganjil
No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kelas/
Semester
Indikator Soal
Level Kognitif
Bentuk Soal
Nomor Soal
1
3.1
Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis
Menentukan  
isi pokok laporan hasil observasi
X/1
Disajikan tekslaporan hasil observasi, peserta didik dapatmenentukan isi pokok laporan hasil observasi
C4 (menganalisis)
Uraian
1
Menentukan ciri kebahasaan teks laporan hasill observasi
X/1
Disajikan teks laporan hasil observasi,  peserta didik dapatmenentukan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
C4 (menganalisis)
uraian
2






KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019

Mata Pelajaran :  Bahasa Indonesia
Kelas/Program             :  X
Semester                      :  1 (satu)

Nomor
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kelas/
Semester
Indikator Soal
LevelKeterampilan
Bentuk Soal
Nomor Soal
1
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulisan
Isi pokok laporan hasil observasi
X/1
Disajikan teks laporan hasil observasi , peserta didik mampu menentukan gagasan utama tiap paragraf
P3; Presisi

Menunjukkan
Uraian
3
Disajikan teks laporan  hasil observasi, peserta didik mampu menyusun  gagasan pokok yang sudah ditemukan menjadi sebuah  ringkasan
P5: naturalisasi

Mendesain
uraian
4







KARTU SOAL HOTS


Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester         : X/Ganjil
Kompetensi Dasar    : 3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis
Materi                          :  teks laporan hasil observasi


Indikator soal  no:
                                                                                                                  1.      Disajikan teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat menentukan isi pokok laporan hasil observasi
                                                                                                                  2.      Disajikan teks  laporan hasil observasi,  peserta didik dapat menentukan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
                                                                                                                  3.      Disajikan teks laporan hasil observasi , peserta didik mampu menentukan gagasan utama tiap paragraph
                                                                                                                  4.      Disajikan teks  laporan  hasil observasi, peserta didik mampu menyusun  gagasan pokok yang sudah ditemukan menjadi sebuah  ringkasan

No comments:

Post a Comment